Kredo Rheims

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Credo Rheims adalah salah satu rumusan iman yang diakui oleh Gereja Katolik. Sejauh ini Credo Rheims tidak digunakan dalam upacara liturgi, karena itulah Credo Rheims kurang dikenal.

Penggunaan dan Asal usul[sunting | sunting sumber]

Credo ini disusun dalam Konsili Rheims di Perancis pada tahun 1148 untuk melawan beberapa ajaran Gilbert de la Porree, Uskup Poitiers, yang memerintah sebagai uskup pada tahun 1142 – 1154. Sebagai penganut metode Aristoteles, Gilbert memisahkan dan membedakan Allah dari ke-Allahan. Pemikiran ini – yang juga dianut oleh beberapa ahli teologi pada masa itu – diserang oleh St. Bernard dari Clairvaux (St. Bernardus Clarevalensis). Empat bagian keputusan konsili bersama credo ini disusun oleh sekelompok uskup Perancis yang mengikuti konsili tersebut, dan diterima oleh beberapa kardinal yang hadir. Para uskup dan kardinal ini melihat bahwa konsili tersebut akan digunakan oleh pihak St. Bernard dari Clairvaux dan para uskup lain sebagai alat untuk mendikte keputusan Takhta Suci.

Dapat dipastikan bahwa Gilbert menyerah terhadap keputusan konsili yang mengoreksi kesalahannya. Dalam empat keputusan konsili yang dibacakannya, dia mengakui kesalahannya; dan setelah setiap bagian keputusan, dia berkata kepada paus (secara tidak langsung) : Jika Anda percaya sebaliknya, saya percaya sebagaimana Anda percaya. Pada akhirnya konsili melarang orang membaca dan menyalin beberapa karya Gilbert – terutama komentarnya mengenai Boethius – sebelum tulisan-tulisan tersebut dikoreksi. Keputusan konsili dan credo ini diterbitkan di Rheims tidak lama setelah konsili selesai, dan di kemudian hari diterima oleh Paus Eugenius III.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]