Kornelia bunga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kornelia bunga
Cornus florida

Flowering dogwood in Spring
Tumbuhan
Warna bungaputih dan merah jambu
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN61990536
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
OrdoCornales
FamiliCornaceae
GenusCornus
SpesiesCornus florida
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim takson
  • Benthamia florida (L.) Nakai
  • Benthamidia florida (L.) Spach
  • Cornus candidissima Mill.
  • Cynoxylon floridum (L.) Britton & Shafer
  • Swida candidissima (Mill.) Small
  • Cornus urbiniana Rose, syn of subsp. urbiniana[1]

Natural range of Cornus florida

Cornus florida, kornelia bunga, adalah spesies pohon berbunga dalam keluarga Cornaceae yang berasal dari Amerika Utara bagian timur dan Meksiko utara. Populasi endemik pernah tersebar dari pesisir paling selatan Maine ke selatan hingga Florida utara dan barat hingga Sungai Mississippi.[4] Pohon ini biasa ditanam sebagai tanaman hias di pemukiman dan tempat umum karena daunnya yang mencolok dan struktur kulit kayunya yang menarik.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Dua subspesies umumnya dikenali:

Gambar Nama ilmiah Distribusi
</img> Kornus Florida subsp. Florida Amerika Serikat bagian timur + selatan-tengah.
</img> Cornus florida subsp. urbiniana (Mawar) Rickett Meksiko timur laut ( Nuevo León, Veracruz ).

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kornelia bunga adalah pohon daun kecil yang tumbuh hingga 10 m (33 ft) tinggi, seringkali lebih lebar daripada tingginya saat dewasa, dengan diameter batang mencapai 30 cm (1 ft) . Pohon berumur 10 tahun akan tumbuh sekitar 5 m (16 ft) tinggi. Daunnya berseberangan, sederhana, bulat telur, 6–13 cm (2,4–5,1 in) panjang dan 4–6 cm (1,6–2,4 in) luas, dengan margin yang tampak keseluruhan (sebenarnya bergigi sangat halus, di bawah lensa); warnanya berubah menjadi merah kecokelatan di musim gugur.

Kornelia bunga mencapai ukuran dan potensi pertumbuhan terbesarnya di Selatan Atas, terkadang tingginya mencapai 40 kaki. Di ujung utara jangkauannya, ketinggian lebih umum adalah 30–33 kaki. Cuaca musim panas yang panas dan lembap diperlukan agar pertumbuhan baru mengeras di musim gugur.

Bunganya masing-masing kecil, tidak mencolok, dan hermafrodit, dengan empat kelopak berwarna kuning kehijauan (bukan bracts) 4 mm (0,16 in) panjang. Sekitar 20 bunga dihasilkan dalam bunga majemuk yang padat, bulat, berbentuk umbel, atau kepala bunga, 1–2 cm (0,39–0,79 in) diameternya. Kepala bunga dikelilingi oleh empat daun lindung besar berwarna putih, merah jambu atau merah (bukan kelopak), masing-masing bract 3 cm (1,2 in) panjang dan 25 cm (9,8 in) lebar, bulat, dan seringkali dengan lekukan yang jelas di puncaknya.

Ketika berada di alam liar, mereka biasanya dapat ditemukan di tepi hutan dan sering kali di punggung bukit yang kering. Meskipun sebagian besar pohon liar memiliki daun berwarna putih, beberapa kultivar terpilih dari pohon ini juga memiliki daun berwarna merah muda, bahkan ada yang hampir benar-benar merah. Mereka biasanya berbunga pada awal April di bagian selatan wilayah jelajahnya, hingga akhir April atau awal Mei di daerah utara dan dataran tinggi. Kornelia Kousa serupa ( Cornus kousa ), asli Asia, berbunga sekitar sebulan kemudian.

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Kornelia bunga tumbuh paling baik secara hortikultura di tanah yang lembab dan asam di lokasi dengan sedikit naungan sore hari, tetapi sinar matahari pagi yang baik. Ini tidak akan berfungsi dengan baik bila terkena sumber panas yang hebat seperti tempat parkir yang berdekatan atau kompresor AC. Ia juga memiliki toleransi salinitas yang rendah. Zona tahan banting adalah 5–9 dan pH yang disukai adalah antara 6,0 dan 7,0. [5] Di wilayah perkotaan dan pinggiran kota, kehati-hatian harus diberikan agar tidak menimbulkan kerusakan akibat mesin pemotong rumput pada batang atau akar, karena hal ini meningkatkan kerentanan pohon terhadap penyakit dan tekanan hama. [5] :98–100Kornelia bunga umum telah ditempatkan pada daftar spesies yang terancam punah di Ontario.[6] [7] [8] Lokasi harus dipilih pada tanah yang memiliki drainase cukup baik dan subur; sinar matahari penuh direkomendasikan di area dengan bahaya tinggi (seperti tepi sungai atau tepi kolam). Penanaman baru harus diberi mulsa hingga kedalaman 5 hingga 10 cm (2 hingga 4 in), hindari batangnya. Kayu dan daun yang mati harus dipangkas dan dibuang seluruhnya serta dimusnahkan setiap tahun. Tanaman harus disiram setiap minggu selama musim kemarau, dengan penyiraman dilakukan di pagi hari, hindari membasahi dedaunan. Fungisida terdaftar dapat digunakan bila diperlukan, sesuai dengan instruksi pabrik dan saran dari Layanan Penyuluhan setempat.[9]

Penyakit[sunting | sunting sumber]

Antraknosa pada kornelia yang disebabkan oleh jamur Discula destructiva telah menyebabkan kematian kornelia yang parah.[10] Di wilayah di mana antraknosa menjadi masalah, pemilik rumah dan pengelola lahan publik didorong untuk mengetahui gejalanya dan sering memeriksa pohon kornelia. Pemilihan bibit tanaman yang sehat dan bebas penyakit sangatlah penting dan pemindahan pohon dari hutan, khususnya dari hutan pegunungan, harus dihindari.[11] Spesies Phytophthora menyebabkan busuk akar .[12]

Kegunaan historis[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli Amerika menggunakan kulit kayu dan akar kornelia sebagai obat malaria ; pewarna merah juga diekstraksi dari akarnya.[13] Spesies ini telah digunakan dalam produksi tinta, pewarna merah marak, dan sebagai pengganti kina . Kayu yang keras dan padat telah digunakan untuk produk seperti kepala tongkat golf, palu, gigi penggaruk kayu, gagang perkakas, kotak perhiasan, dan balok daging.[14] [15] :100Cornus florida adalah pohon dan bunga negara bagian Virginia, [16] pohon negara bagian Missouri, dan bunga negara bagian Carolina Utara .[17] [18] Itu digunakan untuk mengobati anjing yang terkena kudis, mungkin begitulah namanya. [18] Buah beri merah tidak dapat dimakan, meskipun ada rumor yang mengatakan sebaliknya.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cornus florida L". The Plant List. 
  2. ^ Stritch, L. (2018). "Cornus florida". 2018: e.T61990536A61990538. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T61990536A61990538.en. 
  3. ^ "NatureServe Explorer". Diakses tanggal 2021-05-06. 
  4. ^ "Cornus florida County distribution map". The Biota of North America Program. 2014. 
  5. ^ a b Cappiello P, Shadow D (2005). Dogwoods: The Genus Cornus.. Portland: Timber Press. 
  6. ^ "Eastern flowering dogwood". Species at Risk. Government of Ontario. Diakses tanggal 4 March 2019. 
  7. ^ "Species Profile (Eastern Flowering Dogwood) - Species at Risk Public Registry". www.registrelep-sararegistry.gc.ca. Government of Canada, Environment. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 5, 2017. Diakses tanggal April 23, 2017. 
  8. ^ "USDA Plants Database" (PDF). 
  9. ^ "Dogwood anthracnose and its spread in the South" (PDF). Project Report R8-PR 26. Atlanta, GA: USDA Forest Service. 1994. hlm. 10. 
  10. ^ Connor, Kristina Frances (2006). Proceedings of the 13th Biennial Southern Silvicultural Research Conference: Memphis, Tennessee, February 28-March 4, 2005 (dalam bahasa Inggris). USDA Forest Service, Southern Research Station. 
  11. ^ "Dogwood Anthracnose and its Spread in the South" (PDF). United States Department of Agriculture, Forest Service, Southern Region. Diakses tanggal 12 September 2023. 
  12. ^ Report (dalam bahasa Inggris). United States Department of Agriculture, Forest Service, Northern Region. 1998. 
  13. ^ Little, Elbert L. (1980). The Audubon Society Field Guide to North American Trees: Eastern Region. New York: Knopf. hlm. 616. ISBN 0-394-50760-6. 
  14. ^ Petrides, George A. (1972). A field guide to trees and shrubs; field marks of all trees, shrubs, and woody vines that grow wild in the northeastern and north-central United States and in southeastern and south-central Canada. The Peterson field guide series. 11. Boston: Houghton Mifflin. hlm. 106. 
  15. ^ Cappiello P, Shadow D (2005). Dogwoods: The Genus Cornus.. Portland: Timber Press. 
  16. ^ "White Dogwood". Virginia Department of Forestry. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 7, 2011. Diakses tanggal April 7, 2012. 
  17. ^ "Cornus florida". Missouri Botanical Garden. Diakses tanggal April 7, 2012. 
  18. ^ a b "State Flower--Dogwood" (PDF). North Carolina Museum of History. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal July 20, 2012. Diakses tanggal April 7, 2012. 
  19. ^ "Dogwood Tree - Beautiful Flowers, Unique Fruits". Eat The Planet (dalam bahasa Inggris). 2017-01-11. Diakses tanggal 2019-04-26.