Konkatedral Budapest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konkatedral Budapest
Gereja Konkatedral Basilika Santo Stefanus di Budapest
Szent István-bazilika  (Hongaria)
Konkatedral Budapest
47°30′03″N 19°03′14″E / 47.500833°N 19.053889°E / 47.500833; 19.053889Koordinat: 47°30′03″N 19°03′14″E / 47.500833°N 19.053889°E / 47.500833; 19.053889
LokasiBudapest-Lipótváros
Negara Hungaria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor, Konkatedral
Status fungsionalAktif
GayaNeoklasik
Selesai1905
Spesifikasi
Panjang874 meter (2.867 ft 5,4 in)
Lebar55 meter (180 ft 5,4 in)
Tinggi96 meter (314 ft 11,5 in)
Jumlah menara2
Lonceng6 (total)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Esztergom-Budapest

Konkatedral Budapest atau populer dikenal sebagai Basilika Santo Stefanus (bahasa Hungaria: Szent István-bazilika [sɛnt ˈiʃtvaːn ˈbɒzilikɒ]) adalah sebuah gereja konkatedral dan basilika Katolik yang terletak di Budapest, ibu kota Hungaria. Dinamakan untuk menghormati Stephen, Raja Hongaria pertama (c. 975–1038), yang tangan kanannya disimpan di relikui.

Sejak penggantian nama takhta primatial, gereja ini menjadi konkatedral bagi Keuskupan Agung Esztergom-Budapest. Saat ini, Katedral Budapest menjadi gedung gereja terbesar ketiga di Hongaria saat ini. Ini adalah gereja terbesar di Budapest dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs tersebut dahulunya merupakan lokasi Teater Hetz, yang terkenal sebagai tempat diadakannya adu hewan. János Zitterbarth dari distrik yang baru dibentuk membangun gereja sementara di sana. Pada akhir tahun 1810-an, sekitar seribu orang membentuk Paroki Lipótváros dan mulai menggalang dana dan membuat rencana untuk gereja masa depan. Saat terjadi banjir dahsyat pada tahun 1838, dataran tinggi di sini menjadi tempat perlindungan yang aman bagi penduduk, yang, sebagai rasa syukur, kemudian menyumbang untuk pembangunan gereja.[1]

Pada awalnya, bangunan ini seharusnya diberi nama Santo Leopold, santo pelindung Austria, namun kemudian diubah untuk menghormati Santo Stephen I dari Hongaria, Raja pertama Hongaria (c. 975–1038), yang tangan kanannya yang menjadi mumi disimpan di relik. Pada tahun 1931, Paus Pius XI menganugerahkannya gelar basilika minor; dan menjadi tempat utama Kongres Ekaristi Internasional ke-34 pada bulan Mei 1938.

Meskipun gereja mengalami kerusakan serius selama Perang Dunia II, ruang bawah tanah menjadi tempat berlindung bagi banyak pengungsi dan menjadi koleksi berharga Arsip Nasional Hongaria.[1]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dirancang dalam gaya neo-klasik oleh József Hild. Pada tahun 1858, bangunan tersebut runtuh, yang memerlukan pembongkaran total atas pekerjaan yang telah selesai dan pembangunan kembali dari awal. Setelah kematian Hild pada tahun 1867, proyek tersebut diteruskan ke Miklós Ybl, yang memodifikasi rencana awal Hild menjadi lebih bergaya neo-Renaissance. Konstruksi dimulai pada tahun 1851 dan berlanjut selama lima puluh empat tahun. Pekerjaan tersebut diselesaikan pada tahun 1905 oleh József Kauser.[1] Batu kunci ditempatkan di hadapan Kaisar Franz Joseph I.

Setara dengan Gedung Parlemen Hungaria, ini adalah salah satu dari dua gedung tertinggi di Budapest dengan ketinggian 96 meter (315 ft) - persamaan ini melambangkan bahwa pemikiran duniawi dan spiritual memiliki kepentingan yang sama. Peraturan melarang pembangunan gedung apa pun yang lebih tinggi dari 96 meter (315 ft) dalam jangka waktu lama di Budapest.[2] Memiliki lebar 55 meter (180 ft), dan panjang Templat:Mengubah.

Timpani di atas pintu masuk utama memiliki mosaik tahun 1893 yang dirancang oleh Mór Than, Tuhan Kita Bertakhta dengan Malaikat oleh Salviati dari Venesia. Pada fasad utama, di bawah timpani, terdapat tulisan kata-kata Kristus: "Ego Sum Via, Veritas et Vita" (Akulah jalan kebenaran dan kehidupan).

Interior[sunting | sunting sumber]

Basilika memiliki denah dasar salib Yunani.

Di lobi pintu masuk utama pengunjung dapat melihat relief Károly Senyei karya Santo Stefanus, dan mosaik karya Bertalan Székely. Kubah di atas tempat suci menunjukkan representasi Tuhan Allah, dan rebana menunjukkan Kristus serta para nabi dan penginjil (dibangun oleh Károly Lotz). Kubah tempat kudus menampilkan alegori Misa Kudus pada mosaik karya Gyula Benczúr dan menyoroti tahapan penting kehidupan Santo Stefanus dalam seri relief perunggu karya Ede Mayer. Altar kanopi yang dirancang oleh József Kauser dihiasi dengan patung Santo Stefanus oleh Alajos Stróbl.

Mimbarnya juga merupakan karya József Kauser. Karya lukisan kaca dibuat oleh Miksa Róth, dan organ pipa gereja merupakan produk pabrik Pécs dan József Angster yang diakui pada zamannya. Dia melakukan pengecatan dan, khususnya, penyepuhan dekorasi interior.

Karya seni lain di dalam basilika (pembangun dalam tanda kurung):

Patung

Lukisan altar

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Konkatedral Budapest adalah gedung gereja terpenting di Hongaria, salah satu tempat wisata terpenting[3] dan gereja tertinggi ketiga di Hongaria. Kubah dapat diakses dengan lift atau 364 langkah untuk melihat pemandangan yang indah.

Pekan raya Natal diadakan di alun-alun depan basilika selama masa Adven, dan pada waktu tersebut fasadnya dihiasi dengan lukisan cahaya khusus di malam hari.[2]

Bagian dari film tahun 2016 Inferno difilmkan di St. Stephen Square di depan basilika.[4]

Konser di basilika[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Stefanus telah memainkan peran aktif dalam komunitas musik sejak ditahbiskan pada tahun 1905. Konser organ diadakan di basilika setiap hari Senin. Ketua organ gereja selalu menjadi musisi yang sangat dihormati.

Pada abad yang lalu, Basilika telah menjadi rumah bagi musik paduan suara, musik klasik, serta pertunjukan musik kontemporer. Paduan suara Basilika sering tampil di berbagai belahan Eropa dan juga di rumah. Pada bulan-bulan musim panas mereka tampil setiap hari Minggu. Selama bulan-bulan ini Anda dapat melihat pertunjukan dari banyak pemain organ terkemuka Hongaria dan asing.

Salah satu organis Hongaria yang paling terkenal adalah Miklós Teleki;[5] bersama András Virágh,[5] dia adalah salah satu pemain organ terbaik di Hongaria. Konser tersebut mencakup arias, yang dinyanyikan oleh Kolos Kováts,[5] salah satu penyanyi konser dan oratorio paling terkenal di Hongaria; di antara banyak hadiah, pada tahun 1992 ia juga menerima hadiah tertinggi yang dapat diperoleh seniman Hongaria: Kossuth Prize. Seruling dimainkan oleh Eleonóra Krusic,[5] yang sudah dikenal karena penampilannya dengan orkestra yang berbeda, dari Barcelona hingga Zürich, Granz dan Viena.[6] Konser ini berlangsung pada Kamis malam dan berlangsung kurang lebih satu jam. Ada pertunjukan lain yang tersedia, seperti "konser mini" 15 menit pada hari Jumat, yang dibawakan oleh András Virágh.

Lonceng basilika[sunting | sunting sumber]

Fasad ditambatkan oleh dua menara lonceng besar. Di menara selatan terdapat lonceng terbesar di Hongaria, yang beratnya lebih dari 9 ton (8,9 ton panjang; 9,9 ton pendek). Pendahulunya memiliki berat hampir 8 ton (7,9 ton panjang; 8,8 ton pendek), tetapi digunakan untuk keperluan militer selama Perang Dunia II.

Kedua menara tersebut memiliki enam lonceng sekaligus: lima lonceng kecil di menara utara dan satu bourdon di menara selatan. Bourdon yang disebut lonceng Great St. Stephan adalah lonceng terbesar di Hongaria dengan berat 9250 kilogram dan diameter 252 sentimeter. Biasanya digunakan dua kali setahun, pada pukul 17.00 pada tanggal 20 Agustus, yang merupakan tanggal pentahbisannya, sedangkan empat lonceng yang lebih kecil ditahbiskan tiga tahun kemudian pada hari yang sama. Ini juga terjadi pada tengah malam pada Malam Tahun Baru dan beberapa peristiwa khusus ketika terjadi kematian seperti kematian Perdana Menteri atau peristiwa tragis seperti 11/9, namun cukup jarang. Empat lonceng terkecil didirikan di Passau pada tahun 1993.

  • Lonceng St. Stephan yang Agung:

Lonceng terbesar di gereja dan di Hongaria. Terletak di menara selatan, beratnya 9250kg dan diameter 240cm. Itu dibuat oleh Perner bell foundry di Passau, Jerman pada tahun 1990, bel ini berbunyi jamnya.

  • Lonceng Perawan Maria yang Terberkati:

Lonceng terbesar dan tertua ke-2 di gereja, didirikan oleh Ferenc Walser pada tahun 1863 di Pest. Beratnya 3100kg dan diameter 178,5cm, bel ini berbunyi seperempat jam dan memiliki genta yang tampak unik.

  • Jalan. Henry II. lonceng:

Beratnya 2.150kg dan diameter 150cm.

  • Lonceng Gizella yang Terberkati:

Beratnya 1250kg dan diameter 117,8cm.

  • Lonceng Santo Emerik:

Lonceng terkecil ke-2 di gereja, beratnya 750 kg.

  • Saint Erzsébet (Elizabeth) dari lonceng Rumah Árpád:

Lonceng terkecil di gereja, beratnya 500 kg.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c /st-stephen's-basilica "St. Stephen's Basilica", Kunjungi Hongaria, Badan Pariwisata Hongaria
  2. ^ a b "Basilika Santo Stefanus di Budapest", Kantor Pariwisata Keuskupan Agung Esztergom-Budapest
  3. ^ "St. Stephen's Basilica", Budapest info, Budapest Brand P.L.C.
  4. ^ "Tom Hanks To Move To Budapest Untuk Syuting Film Baru "Inferno"". Hongaria Hari Ini. Diakses tanggal 5 Juni 2015. 
  5. ^ a b c d "Events". Konser di Budapest. Diakses tanggal 2012- 10-12. 
  6. ^ "Tanggal konser saat ini". Concertsinbudapest.com. Diakses tanggal 2012-10-12.