Miklós Ybl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Miklós Ybl
Ybl Miklós VU.jpg
Miklós Ybl (1865)
Lahir Miklós Ybl
(1814-04-06)6 April 1814
Székesfehérvár, Kerajaan Hongaria, Kekaisaran Austria
Meninggal 22 Januari 1891
Budapest, Austria-Hongaria
Kebangsaan Hongaria
Alma mater TU Wien, Wina
Akademi München, München
Arts et Métiers ParisTech, Paris
Karya
Praktik Henrik Koch
Mihály Pollack
Bangunan Gedung Opera Budapest
Basilika Santo István
Kastil Buda

Miklós Ybl (bahasa Hongaria: Ybl Miklós; 6 April 1814 di Székesfehérvár – 22 Januari 1891 di Budapest) adalah arsitek Hongaria yang aktif pada pertengahan hingga akhir abad ke-19. Ia dikenal sebagai perancang Gedung Opera Budapest.

Setelah lulus dari Institut Teknologi (Politechnikum) di Wina, Ybl menjadi asisten Mihály Pollack pada tahun 1832 dan bekerja di kantor Henrik Koch dari tahun 1836 hingga 1840. Setelah itu ia pindah ke München dan lalu ke Italia untuk mengenyam pendidikan. Sekembalinya dari Italia, ia bermitra dengan anak Mihály Pollack, Ágoston; bersama-sama mereka memperbaharui Kastil Ikervár milik Gaf Lajos Batthyány. Karya besar pertamanya adalah gereja di Fót yang dibangun dari tahun 1845 hingga 1855.

Proyek-proyek besar pertamanya dibangun dengan gaya Romantik yang dipengaruhi oleh motif-motif timur. Walaupun unsur-unsur Romanesque juga dapat terlihat pada bangunan-bangunannya, setelah ekskursi keduanya ke Italia dari tahun 1860 ia mulai tertarik dengan kemungkinan pemulihan gaya Renaisans Italia, dan ia lalu merancang beberapa bangunan bergaya Neo-Renaisans. Banyak bangunan ini yang kini menjadi bangunan dengan nilai sejarah dan budaya yang berharga di ktoa Budapest, seperti Basilika Santo István (1867–91), Pemandian Air Panas Rác, bekas Istana Cukai (1871–74), dan ruang tahta serta bagian Krisztinaváros di Kastil Buda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Miklós Ybl di Wikimedia Commons