Miklós Ybl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Miklós Ybl
Miklós Ybl (1865)
LahirMiklós Ybl
(1814-04-06)6 April 1814
Székesfehérvár, Kerajaan Hungaria, Kekaisaran Austria
Meninggal22 Januari 1891
Budapest, Austria-Hungaria
KebangsaanHungaria
AlmamaterTU Wien, Wina
Akademi München, München
Arts et Métiers ParisTech, Paris
PekerjaanArsitek
Suami/istriIda Lafite
AnakFélix
PraktikHenrik Koch
Mihály Pollack
GedungGedung Opera Budapest
Basilika Santo István
Kastel Buda

Miklós Ybl (bahasa Hongaria: Ybl Miklós; 6 April 1814 di Székesfehérvár – 22 Januari 1891 di Budapest) adalah arsitek Hungaria yang aktif pada pertengahan hingga akhir abad ke-19. Ia dikenal sebagai perancang Gedung Opera Budapest.

Setelah lulus dari Institut Teknologi (Politechnikum) di Wina, Ybl menjadi asisten Mihály Pollack pada tahun 1832 dan bekerja di kantor Henrik Koch dari tahun 1836 hingga 1840. Setelah itu ia pindah ke München dan lalu ke Italia untuk mengenyam pendidikan. Sekembalinya dari Italia, ia bermitra dengan anak Mihály Pollack, Ágoston; bersama-sama mereka memperbaharui Kastil Ikervár milik Gaf Lajos Batthyány. Karya besar pertamanya adalah gereja di Fót yang dibangun dari tahun 1845 hingga 1855.

Proyek-proyek besar pertamanya dibangun dengan gaya Romantik yang dipengaruhi oleh motif-motif timur. Walaupun unsur-unsur Romanesque juga dapat terlihat pada bangunan-bangunannya, setelah ekskursi keduanya ke Italia dari tahun 1860 ia mulai tertarik dengan kemungkinan pemulihan gaya Renaisans Italia, dan ia lalu merancang beberapa bangunan bergaya Neo-Renaisans. Banyak bangunan ini yang kini menjadi bangunan dengan nilai sejarah dan budaya yang berharga di ktoa Budapest, seperti Basilika Santo István (1867–91), Pemandian Air Panas Rác, bekas Istana Cukai (1871–74), dan ruang tahta serta bagian Krisztinaváros di Kastel Buda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Miklós Ybl di Wikimedia Commons