Arsitektur Kebangkitan Renaisans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Neo-Renaisans)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Istana Schwerin di Mecklenburg, Jerman, merupakan karya arsitektur kebangkitan Renaisans untuk keperluan representasi. Terselesaikan pada tahun 1857.
Waddesdon Manor, tempat kedudukan keluarga Rothschild, dibangun sejak tahun 1874.

Kebangkitan Renaisans (terkadang disebut Neo-Renaisans) adalah suatu sebutan luas yang mencakup banyak gaya kebangkitan arsitektural pada abad ke-19, yang mana bukanlah Yunani Kuno (lih. Kebangkitan Yunani) ataupun Gotik (lih. Kebangkitan Gotik) namun sebaliknya mengambil inspirasi dari sejumlah besar mode Italia klasik. Dalam sebutan luas "arsitektur Renaisans", para kritikus dan arsitek abad ke-19 telah melampaui gaya arsitektural yang dimulai di Firenze dan Italia tengah pada awal abad ke-15 sebagai suatu ungkapan Humanisme; mereka juga memasukkan berbagai gaya yang kemudian diidentifikasi sebagai Mannerisme atau Barok. Sebutan-sebutan gaya terapan-mandiri marak pada pertengahan dan akhir abad ke-19: "Neo-Renaisans" mungkin diterapkan oleh orang zaman itu pada struktur-struktur bangunan yang disebut "Italianat" oleh kalangan lainnya, atau ketika terdapat banyak ciri Barok Prancis (Kekaisaran Kedua).

Bentuk-bentuk yang berlainan dari arsitektur Renaisans di berbagai belahan Eropa, khususnya di Prancis dan Italia, telah menambah kesulitan untuk mendefinisikan dan mengenali arsitektur Neo-Renaisans. Suatu perbandingan antar keragaman material sumbernya, seperti Wollaton Hall di Inggris,[1] Palazzo Pitti di Italia, Château de Chambord di Prancis, dan Granovitaya Palata di Rusia — semuanya dianggap "Renaisans" — menggambarkan berbagai penampilan yang dapat menggunakan label arsitektural yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wollaton Hall". Greatbuildings.com. Diakses tanggal 2011-06-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]