Konkatedral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konkatedral Keluarga Kudus, Kuwait yang mendapat status konkatedralnya setelah takhta Vikaris Apostolik untuk Arab Utara dipindahkan ke Katedral Bunda Maria dari Arabia di Bahrain.

Konkatedral adalah suatu gereja katedral yang berbagi fungsi sebagai "katedra" (takhta uskup) dengan gereja lain yang menjadi katedral utama. Katedral utama dan konkatedral seringkali berada di kota yang berbeda. Contohnya terjadi di Inggris sebelum Reformasi Protestan di keuskupan di 'Bath dan Wells', dan di 'Coventry dan Lichfield'. Kedua keuskupan ini masing-masing diberi nama untuk kedua kota yang menjadi tempat kedudukan uskup.

Per Maret 2020, Gereja Katolik memiliki 322 katedral bersama (konkatedral), terutama di Eropa (140 di Italia saja).[1]

Banyak yang merupakan bekas katedral, tetapi meskipun masih digunakan, sering kali tidak diberi status konkatedral.

Seringkali keuskupan dengan satu atau lebih konkatedral juga memiliki nama ganda ("ditandai dengan tanda penghubung") yang mencerminkan hal ini, tetapi beberapa memiliki konkatedral yang tidak disebutkan dalam judulnya sementara gelar bekas takhta lainnya juga dapat dipertahankan tanpa memiliki konkatedral. Kadang-kadang kota yang disebutkan pertama tidak memiliki katedral utama (tahta sebenarnya) tetapi menawarkan perbedaan lain seperti menjadi ibu kota negara atau memiliki masa lalu gerejawi yang agung.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral di Dunia". Gcatholic.org. Diakses tanggal 3 Desember 2021.