Konflik Lebanon Selatan (1985–2000)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konflik Lebanon Selatan, yang ditetapkan oleh Israel sebagai Zona Keamanan dalam Kampanye Lebanon, adalah konflik bersenjata berkepanjangan yang terjadi di Lebanon Selatan dari tahun 1985 hingga 2000. Konflik ini menyaksikan pertempuran antara Israel dan Tentara Lebanon Selatan yang didominasi Kristen Katolik (SLA) melawan Muslim Syiah yang dipimpin Hezbollah dan gerilyawan sayap kiri di “Zona Keamanan” yang diduduki Israel.[1]

Konflik Lebanon Selatan (1985–2000)
Bagian dari Perang Saudara Lebanon, Konflik Israel-Lebanon, Konflik proksi Iran–Israel, dan Konflik Israel–Palestina

APC Israel mendekati pos terdepan SLA di Lebanon selatan, 1987
Tanggal16 Februari 1985 – 25 Mei 2000
LokasiLebanon Selatan
Hasil

Kemenangan Hizbullah

  • Penarikan Pasukan Israel dari Lebanon Selatan
  • Runtuhnya dan Penyerahan Tentara Lebanon Selatan
Pihak terlibat
 Israel
Tentara Lebanon Selatan
Hizbullah
Amal
Jammoul
PFLP-GC
Tokoh dan pemimpin
Israel Shimon Peres
Israel Ariel Sharon
Israel Ehud Barak
Israel Uri Sagi
Israel Uzi Dayan
Israel Erez Gerstein 
Antoine Lahad
Aql Hashem 
Subhi al-Tufayli
Abbas al-Musawi 
Hassan Nasrallah
Nabih Berri
Ahmed Jibril
Kekuatan
2,000 Personel
2,500 Personel
Tidak Diketahui
Korban
Israel :
559 Tewas
840 Terluka
SLA :
621 Tewas
639 Terluka
Hizbullah :
1,276 Tewas
1,000 Terluka
270 Warga Sipil Tewas
500 Warga Sipil Terluka

SLA mendapat dukungan militer dan logistik dari Pasukan Pertahanan Israel selama konflik dan beroperasi di bawah yurisdiksi pemerintahan sementara Lebanon Selatan yang didukung Israel, yang menggantikan Negara Lebanon Merdeka yang sebelumnya didukung Israel. Hal ini juga dapat merujuk pada kelanjutan konflik sebelumnya di wilayah ini yang melibatkan meningkatnya pemberontakan Palestina di Lebanon Selatan melawan Israel setelah pengusiran Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dari Yordania setelah Black September. Ketegangan historis antara pengungsi Palestina dan faksi-faksi Lebanon berkontribusi pada terjadinya Perang Saudara Lebanon (1975–1990), yang menyebabkan Front Lebanon yang dipimpin Maronit dan Gerakan Amal Syiah berperang melawan PLO. Oleh karena itu, konflik Lebanon Selatan sebagian dapat dilihat sebagai perpanjangan dari perang saudara yang berakhir pada tahun 1990.

Dalam konflik-konflik sebelumnya sebelum invasi Israel ke Lebanon tahun 1982, termasuk konflik Lebanon Selatan tahun 1978, Israel berusaha untuk membasmi basis PLO dari Lebanon dan memberikan dukungan kepada milisi Kristen Maronit di negara tersebut di tengah-tengah Perang Saudara Lebanon; invasi tahun 1982 mengakibatkan keluarnya PLO dari Lebanon. Pembentukan Zona Keamanan yang dilakukan Israel selanjutnya di Lebanon selatan berhasil melindungi warga sipil Israel dari serangan lintas batas yang dilakukan militan Palestina, namun menimbulkan kerugian besar bagi warga sipil Lebanon dan warga Palestina. Meskipun Israel berhasil memberantas basis PLO di Lebanon dan penarikan sebagian negara tersebut pada tahun 1985, invasi tersebut meningkatkan konflik dengan milisi lokal Lebanon dan mengakibatkan konsolidasi beberapa gerakan Islam Syiah yang bersaing seperti Hizbullah dan Gerakan Amal yang jauh lebih besar ke dalam kelompok tersebut. sebuah gerakan gerilya terorganisir di wilayah selatan yang mayoritas penduduknya Syiah. Selama bertahun-tahun, jumlah korban jiwa bertambah tinggi karena kedua belah pihak menggunakan persenjataan yang lebih modern dan seiring kemajuan Hizbullah dalam taktiknya. Pada awal tahun 1990an, Hizbullah, dengan dukungan dari Iran dan sekarang Suriah, muncul sebagai kelompok utama dan kekuatan militer, memonopoli aktivitas gerilya di Lebanon selatan.

Karena tidak adanya tujuan akhir yang jelas di Lebanon, militer Israel tidak terbiasa dengan jenis perang yang dilakukan Hizbullah, dan meskipun hal ini dapat menimbulkan kerugian pada Hizbullah, tidak ada strategi jangka panjang. Ketika Hizbullah semakin menargetkan Galilea dengan roket, tujuan resmi Zona Keamanan—untuk melindungi komunitas utara Israel—tampaknya bertentangan. Hizbullah juga unggul dalam perang psikologis, sering kali merekam serangan mereka terhadap pasukan Israel. Setelah bencana helikopter Israel tahun 1997, masyarakat Israel mulai mempertanyakan secara serius apakah pendudukan militer di Lebanon selatan layak dipertahankan. Gerakan Empat Ibu menjadi yang terdepan dalam wacana publik, dan memainkan peran utama dalam mempengaruhi masyarakat agar mendukung penarikan diri sepenuhnya.

Sudah menjadi rahasia umum di Israel bahwa Zona Keamanan tidak bersifat permanen, namun pemerintah Israel berharap penarikan dapat dilakukan dalam konteks perjanjian yang lebih luas dengan Suriah dan, lebih jauh lagi, Lebanon. Namun, pembicaraan dengan Suriah gagal. Pada tahun 2000, sebagai tindak lanjut dari janjinya pada pemilihan umum Israel tahun 1999, perdana menteri Israel yang baru terpilih, Ehud Barak, secara sepihak menarik pasukan Israel dari Lebanon selatan pada tahun tersebut, sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 425 tahun 1978; Penarikan diri Israel mengakibatkan runtuhnya SLA secara langsung dan total, dengan banyak anggotanya yang melarikan diri ke Israel. Pemerintah Lebanon dan Hizbullah masih menganggap penarikan tersebut belum selesai sampai Israel menarik diri dari Peternakan Shebaa. Pada tahun 2020, Israel secara retrospektif mengakui konflik tersebut sebagai perang skala penuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Konflik Lebanon Selatan". history-maps.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-27.