Aql Hashem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aql Hashem (Arab : عقل هاشم ; 1952 – 30 Januari 2000), juga dieja Akel Hashem, adalah seorang Kolonel di Tentara Lebanon Selatan (SLA) dan bertugas di bawah Kolonel Saad Haddad dan kemudian Letnan Jenderal Antoine Lahad. Dia terbunuh dalam serangan bom yang dikendalikan dari jarak jauh oleh Hizbullah di pertaniannya pada bulan Januari 2000. Kematiannya secara luas ditafsirkan sebagai awal dari berakhirnya SLA yang didukung Israel.

Aql Hashem
Aql Hashem Tahun 1998
Lahir1952
Debel, Lebanon Selatan
Meninggal30 Januari 2000
(umur 47–48)
Debel, Lebanon Selatan
Pengabdian Negara Lebanon Merdeka
Dinas/cabangTentara Lebanon Merdeka
Tentara Lebanon Selatan
Lama dinas1976–2000
PangkatKolonel
Perang/pertempuranPerang Saudara Lebanon
PasanganLea Kassab
Anak5

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Januari 2000 Hizbullah akhirnya berhasil membunuh Kolonel Hashem dengan bom yang dikendalikan dari jarak jauh di pertaniannya di luar Debel. Perencanaan dan pelaksanaan operasi tersebut difilmkan dan disiarkan oleh stasiun TV milik Hizbullah, al-Manar. Dua pejuang Hizbullah, yang diidentifikasi sebagai "Jawad, 25" dan "Hadi, 28" diwawancarai dan diberitahu secara rinci tentang operasi tersebut. Salah satu peserta pembunuhan adalah Khalid Bazzi, yang kemudian menjabat sebagai komandan Hizbullah Bint Jbeil selama Perang Lebanon 2006. Brigadir Jenderal IDF Efraim Sneh menyalahkan Suriah atas pembunuhan tersebut.

Tentara Lebanon Selatan runtuh pada bulan April 2000, kurang dari enam bulan setelah kematian Kolonel Hashem. Ratusan mantan perwira dan tentara SLA melarikan diri ke Israel bersama keluarga mereka. Para anggota SLA yang memilih untuk tetap tinggal di Lebanon ditangkap oleh gerilyawan Hizbullah, pejuang Amal atau Pasukan Keamanan Dalam Negeri (ISF) dan Tentara Lebanon, dan dijatuhi hukuman penjara yang berbeda-beda atas kejahatan mereka. Keluarga Hashem melarikan diri ke Israel, namun istri dan dua anaknya kemudian kembali ke Lebanon pada tahun 2013.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Family of SLA officer Aql Hashem returns | News , Lebanon News | THE DAILY STAR". web.archive.org. 2016-03-08. Diakses tanggal 2024-01-30.