Lompat ke isi

Nabih Berri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangNabih Berri

Edit nilai pada Wikidata
Nama dalam bahasa asli(ar) نبيه بري Edit nilai pada Wikidata
Biografi
Kelahiran28 Januari 1938 Edit nilai pada Wikidata (86 tahun)
Bo, Sierra Leone Edit nilai pada Wikidata
Ketua Parlemen Lebanon
20 Oktober 1992 –
← Hussein el-Husseini (en) Terjemahkan
Member of the Parliament of Lebanon (en) Terjemahkan
Edit nilai pada Wikidata
Data pribadi
AgamaIslam Edit nilai pada Wikidata
PendidikanLebanese University (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus Edit nilai pada Wikidata
Partai politikGerakan Amal Edit nilai pada Wikidata

Situs webnabihberry.com Edit nilai pada Wikidata
Discogs: 3176090 Edit nilai pada Wikidata


Nabih Berri (Arab:نبيه بري, lahir 28 Januari 1938) ialah JuBir Parlemen Lebanon. Ia mengepalai Partai Amal yang sebagian besar Syi'ah.

Ia lahir di Sierra Leone dari OrTu Lebanon. Ia bersekolah di Tebnine dan Ain Ebel di Lebanon selatan dan kemudian belajar di Makassed dan École de la Sagesse di Beirut. Ia memperoleh gelar hukum pada 1963 dari Universitas Lebanon, di mana ia menjabat sebagai pimpinan BEM. Selama 1960-an, ia bergabung dengan Gerakan Nasionalis Arab.

Pada awal 1970-an ia bekerja di Beirut sebagai pengacara General Motors. Ia juga tinggal di daerah Detroit dari 1976 hingga 1978.

Ia memegang serangkaian kedudukan di Gerakan Amal selama 1970, sebagai pengikut Imam Moussa Sader, seorang ulama Syi'ah yang lenyap secara misterius dalam perjalanan ke Libya pada 1978, dan yang diperkirakan dibunuh secara rahasia atas perintah presiden Libya Muammar Ghaddafi, yang memuncak dalam kontrol penuhnya pada April 1980. Ia memimpin Gerakan Amal selama Perang Saudara Lebanon. Pada 1984, ia bergabung dengan pemerintahan Persatuan Nasional sebagai Menteri Rekonstruksi Selatan, dan kemudian, Menteri Kehakiman dan Sumber Daya Listrik dan Air, di bawah PM Rashid Karami. Dalam kapasitas ini, ia memainkan peran kunci dalam perundingan pembebasan sandera menyusul pembajakan TWA Penerbangan 847.

Berri kembali menjabat sebagai menteri kabinet dari 1989 hingga 1992, saat ia diangkat sebagai JuBir Majelis Nasional pada 20 November. Kedudukan JuBir, yang dikhususkan konstitusi untuk orang Syi'ah, adalah kedudukan tertinggi yang dapat dicapai orang Syi'ah di pemerintahan. Ia dipandang banyak orang sebagai boneka pemerintah Suriah, sebagaimana politikus korup.

Dipercaya meluas bahwa Berri mendapat keuntungan dari banyak uang - lebih dari $3 miliar - yang diinvestasikan di Dewan Selatan, yang kepalanya diangkat oleh Berri. Uang itu diduga digunakan untuk rekonstruksi provinsi di selatan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]