Konferensi Tingkat Tinggi Wina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konferensi Tingkat Tinggi Wina
Tuan rumah Austria
Tanggal4 Juni 1961
TempatKedutaan Besar Amerika Serikat, Wina
KotaVienna
PesertaUni Soviet Nikita Khrushchev
Amerika Serikat John F. Kennedy
SebelumnyaKonferensi Tingkat Tinggi Empat Besar Paris
SelanjutnyaKonferensi Tingkat Tinggi Puncak Glassboro
Film Badan Penerangan AS tentang KTT Wina

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Wina adalah pertemuan puncak yang diadakan pada tanggal 4 Juni 1961, di Wina, Austria, antara Presiden John F. Kennedy dari Amerika Serikat dan Sekretaris Pertama atau Perdana Menteri Nikita Khrushchev dari Uni Soviet. Para pemimpin dua negara adidaya era Perang Dingin ini membahas berbagai persoalan dalam hubungan negaranya.

Konteks[sunting | sunting sumber]

Khrushchev dan Kennedy sebelum pertemuan puncak[sunting | sunting sumber]

Kennedy dan Khrushchev pertama kali bertemu di KTT Wina pada bulan Juni 1961. Sebelum bertemu langsung, kontak mereka dimulai ketika Khrushchev mengirim pesan kepada Kennedy pada tanggal 9 November 1960, mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden dan menyatakan harapannya bahwa "hubungan antara [AS dan Uni Soviet] akan kembali mengikuti garis yang mereka kembangkan pada masa Franklin Roosevelt."[1] Ia juga mengatakan kepada Kennedy bahwa Uni Soviet ingin bernegosiasi dengan AS mengenai isu-isu yang berkaitan dengan "pelucutan senjata ... perjanjian perdamaian Jerman ini ... dan pertanyaan-pertanyaan lain yang dapat meredakan dan memperbaiki situasi internasional secara keseluruhan."[1] Dalam pesan balasannya, Kennedy mengucapkan terima kasih kepada Khrushchev dan basa-basi serupa berlanjut hingga tahun 1961.

Pada tanggal 22 Februari 1961, Kennedy mengirimkan surat kepada Khrushchev yang menyatakan, "Saya harap, dalam waktu dekat, kita bisa bertemu secara pribadi untuk pertukaran pandangan informal."[2] Ini adalah pertama kalinya keduanya mengusulkan pertemuan diplomatik. Kennedy merasa "jika dia bisa duduk bersama Khrushchev" kedua pemimpin tersebut dapat menyelesaikan konflik antarnegara mereka.[3] Namun, para penasihat Kennedy menyuruhnya untuk tidak bertemu dengan Khrushchev segera setelah pemilihan presiden. Duta Besar Amerika untuk Moskow, Llewellyn E. Thompson, khawatir Kennedy salah menilai kepribadian dan niat Khrushchev. Demikian pula, diplomat AS Charles Bohlen "khawatir JFK meremehkan tekad Khrushchev untuk memperluas komunisme dunia."[3] Namun demikian, Khrushchev menerima usulan pertemuan puncak Kennedy, dan para pemimpin mulai membuat rencana untuk pertemuan resmi mereka. Sementara itu, persaingan Perang Dingin antara kedua negara meningkat di Jerman, Laos, dan Kuba. Konflik regional ini menjadi agenda utama KTT Wina.

Pertanyaan Berlin[sunting | sunting sumber]

Antara tahun 1945 dan 1961, 2,7 juta warga Jerman Timur beremigrasi dari Berlin Timur, bagian dari Republik Demokratik Jerman, ke Berlin Barat. Pemimpin Jerman Timur Walter Ulbricht berpendapat bahwa banyaknya emigran yang meninggalkan Berlin Timur mengancam keberadaan GDR dengan mengurangi populasinya.[4] Pada bulan-bulan awal tahun 1961, Ulbricht menekan Khrushchev untuk menutup perbatasan antara Berlin Timur dan Barat. Khrushchev memahami kekhawatiran Ulbricht tetapi khawatir bahwa potensi intervensi negara-negara Barat akan semakin mengganggu stabilitas Berlin Timur. Thompson memperingatkan pada bulan Februari 1961 bahwa jika "tidak ada kemajuan" di Berlin dan Jerman, Khrushchev "hampir pasti akan melanjutkan perjanjian damai [nya] yang terpisah...."[5] Gagasan tentang perjanjian perdamaian terpisah mengancam kepentingan Amerika di Jerman Barat; jika Uni Soviet menyerahkan kendali penuh atas Berlin Timur kepada pemerintah Jerman Timur, maka AS hanya dapat berkomunikasi dan mengendalikan Berlin Barat dengan izin dari pemerintah Jerman Timur.

Pertanyaan Berlin—apakah AS mengizinkan Uni Soviet menandatangani perjanjian damai terpisah dengan Berlin atau tidak—mendominasi perdebatan Khrushchev dan Kennedy di KTT Wina. Penandatanganan perjanjian perdamaian terpisah dengan Berlin tidak menarik bagi para pembuat kebijakan Amerika, yang merasa nyaman dengan perpecahan Jerman dan Berlin sendiri. Perjanjian damai mengancam keseimbangan kekuatan dan berpotensi menyebabkan Amerika Serikat kehilangan seluruh pengaruhnya di Berlin Timur.

Pertanyaan Laos[sunting | sunting sumber]

Konflik yang kurang diketahui juga memicu kontroversi di KTT Wina. "Seperti di Berlin, [Kennedy] mewarisi situasi di Laos yang diperburuk oleh konfrontasi bersenjata langsung antara Uni Soviet dan Amerika Serikat."[6] Selama masa kepresidenan Eisenhower, AS mendukung pemerintahan konservatif sayap kanan (pemerintahan kerajaan) di Laos untuk melawan ancaman komunis dari Pathet Lao yang populer.[7] Di Laos, "pemerintahan Eisenhower memberikan bantuan jutaan dolar" untuk melanjutkan kekuasaan pemimpin pro-Amerika.[8] Baik Soviet maupun Amerika tahu bahwa perang proksi di Laos mendorong kedua negara semakin jauh ke dalam perlombaan senjata. Dalam konteks ini, Khrushchev dan Kennedy membahas situasi Laos secara panjang lebar di KTT Wina.

Invasi Teluk Babi[sunting | sunting sumber]

Invasi Teluk Babi yang difasilitasi Amerika pada bulan April 1961 juga mengguncang hubungan Khrushchev dan Kennedy. Pada tanggal 18 April 1961, Khrushchev mengirimi Kennedy sebuah telegram yang berbunyi, "Tuan Presiden, saya mengirimkan pesan ini kepada Anda di saat-saat darurat, penuh dengan bahaya bagi perdamaian seluruh dunia. Agresi bersenjata telah dimulai terhadap Kuba."[9] Kennedy membalas dengan mengatakan bahwa Amerika hanya membantu mendukung "100.000 warga Kuba" yang berupaya untuk "[melawan] kediktatoran Castro."[10] Ia mengklaim bahwa Amerika berjuang demi kebebasan dan penentuan nasib sendiri Kuba.

Kennedy tahu bahwa invasi Kuba memicu kontroversi. Oleh karena itu, Kennedy merasa penting untuk bertemu dengan Khrushchev secepatnya. Ia berharap saluran komunikasi yang terbuka dapat menyelesaikan sebagian konflik antara AS dan Uni Soviet. Khrushchev dan Kennedy bertemu di Wina pada tanggal 4 Juni 1961.

Diskusi[sunting | sunting sumber]

John F. Kennedy bertemu Nikita Khrushchev.

Khrushchev dan Kennedy mencurahkan banyak waktunya di KTT Wina untuk membahas Krisis Berlin. Khrushchev membuka percakapan dengan mengungkapkan perspektif Soviet bahwa Jerman bersatu "[merupakan] ancaman Perang Dunia III."[11] Ia menunjuk pada fakta bahwa Jerman memulai Perang Dunia II. Hanya 15 tahun setelah berakhirnya perang tersebut, Jerman kembali menimbulkan "ancaman militer" sebagai anggota NATO.[11] Khrushchev menjelaskan bahwa Uni Soviet ingin menandatangani perjanjian damai terpisah dengan Jerman Timur. Perjanjian semacam itu, menurutnya, "tidak akan merugikan kepentingan AS, Inggris, atau Prancis."[11] Ia mengatakan kepada Kennedy bahwa jika Amerika Serikat gagal mendukung perjanjian damai, Uni Soviet akan menandatangani perjanjian damai tersebut secara sepihak.

Kennedy menjawab bahwa pasukan Amerika menduduki Berlin "berdasarkan hak kontrak" dan bukan berdasarkan persetujuan Jerman Timur.[11] Kennedy memahami sudut pandang Soviet namun khawatir jika AS menarik pasukannya dari Berlin, "tidak ada seorang pun yang akan percaya pada komitmen dan janji AS."[11] Kennedy bersikeras agar AS mempertahankan posisinya di Berlin untuk tujuan strategis. Meskipun Kennedy berpendapat bahwa perimbangan kekuatan di Jerman saat ini efektif, Khrushchev mengatakan bahwa "tidak ada kekuatan di dunia yang dapat mencegah Uni Soviet menandatangani perjanjian damai."[11]

Ketika Kennedy menyatakan bahwa perjanjian semacam itu memerlukan tindakan sepihak dari Uni Soviet, sehingga mengabaikan perjanjian empat negara yang ditandatangani pada akhir Perang Dunia II, Khrushchev menyatakan bahwa perjanjian damai tersebut membatalkan perjanjian empat negara. Dia bersikeras bahwa kota Berlin harus menjadi milik Republik Demokratik Jerman saja. Jerman Barat, kata Khrushchev kepada Kennedy, akan tetap berada di bawah pengaruh Amerika. Kennedy membalas dengan mengatakan bahwa AS tidak dapat menerima perjanjian semacam itu karena akan kehilangan prestise akibat keputusan tersebut. Mengingat pernyataan ini, Khrushchev menyarankan agar "pengaturan sementara" dipertimbangkan.[11] Khrushchev tetap teguh pada kenyataan bahwa "Uni Soviet [akan] menandatangani [perjanjian damai] pada bulan Desember jika AS [menolak] perjanjian sementara."[11]

Kennedy berharap dapat mengetahui perasaan Soviet mengenai netralisasi Laos.[12] Kennedy ingin meyakinkan Khrushchev bahwa Amerika Serikat dan Uni Soviet dapat bekerja sama untuk meredakan ketegangan di negara yang tidak stabil tersebut. "Tanpa komitmen tegas Soviet untuk menghentikan pasokan kepada gerilyawan dan membujuk Vietnam Utara untuk menghentikan upaya mereka, tidak ada yang bisa dicapai," tegas Kennedy.[12] Pada hari pertama KTT, Kennedy segera mengetahui bahwa Khrushchev tidak berminat membahas situasi Laos. Khrushchev hanya menolak Amerika Serikat karena memainkan peran penting dalam menggulingkan pemerintahan Laos.

Keesokan harinya, Kennedy kembali membahas topik Laos. Kali ini, Khrushchev bernegosiasi dengan lebih rela.[12] Khrushchev setuju bahwa "Laos yang netral dan independen yang dipilih oleh rakyat Laos sendiri" akan menguntungkan AS dan Uni Soviet.[13] Meskipun para pemimpin tidak membuat kesepakatan resmi, mereka mencapai konsensus mengenai masa depan Laos—gencatan senjata dan netralisasi akhir. Perjanjian ini terbukti menjadi satu-satunya pencapaian KTT Wina.[14]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Artikel Seymour Topping tentang "Khrushchev dan Wina" dimuat di The New York Times pada tanggal 3 Juni—sehari sebelum konferensi dimulai. Topping dengan tepat mengidentifikasi pokok pembicaraan utama yang mendominasi konferensi tersebut—masalah Berlin dan Laos.[15] Topping juga dengan tepat menyatakan pendapat Khrushchev mengenai setiap isu dan menunjukkan perspektif Soviet tentang Berlin. Jelasnya, baik Amerika maupun Soviet mempunyai informasi yang cukup mengenai posisi masing-masing pihak sebelum pembukaan KTT. Namun, tidak ada yang bisa memprediksi hasil pertemuan puncak tersebut, termasuk reaksi para pemimpin satu sama lain.

Bagi Amerika, pertemuan puncak ini awalnya dipandang sebagai kemenangan diplomatik.[16] Kennedy menolak membiarkan tekanan Soviet memaksanya, atau mempengaruhi kebijakan pembendungan Amerika. Dia telah cukup menghentikan Khrushchev dan menjelaskan bahwa Amerika Serikat tidak bersedia berkompromi dalam penarikan diri dari Berlin, apa pun tekanan yang mungkin diberikan Khrushchev terhadap "testis Barat", sebagaimana Khrushchev pernah menyebutnya.

Jika ditinjau kembali, pertemuan puncak ini mungkin dipandang sebagai sebuah kegagalan. Kedua pemimpin menjadi semakin frustrasi karena tidak adanya kemajuan dalam perundingan. Kennedy kemudian mengatakan tentang Khrushchev, "Dia memukuli saya habis-habisan" dan mengatakan kepada reporter New York Times James 'Scotty' Reston segera setelah itu bahwa itu adalah "hal terburuk dalam hidup saya. Dia kejam terhadap saya."[17] Di sisi lain, Khrushchev memandang pertemuan puncak itu dengan sudut pandang yang jauh lebih positif. Dalam memoarnya ia menunjukkan ambivalensi, dengan menulis, "Saya secara umum senang dengan pertemuan kami di Wina. Meskipun kami tidak mencapai kesepakatan konkrit, saya dapat mengatakan bahwa [Kennedy] tertarik untuk menemukan solusi damai terhadap masalah-masalah dunia dan menghindari konflik dengan negara-negara lain. Uni Soviet."[18] Namun, sejarawan William Taubman berpendapat bahwa Khrushchev hanya merasa dia bisa "mendorong Kennedy."[19]

Selain menyampaikan keengganan AS untuk membela hak penuh warga Berlin, Kennedy mengabaikan nasihat pejabat kabinetnya sendiri untuk menghindari perdebatan ideologis dengan Khrushchev. Khrushchev mengungguli Kennedy dalam debat ini dan percaya bahwa dia telah menang dalam pertemuan puncak tersebut atas pemimpin yang lemah dan tidak berpengalaman. Melihat ekspresi muram Kennedy di akhir pertemuan puncak, Khrushchev yakin Kennedy "tidak hanya terlihat cemas, tapi juga sangat kecewa.... Saya tidak bermaksud membuatnya kesal. Saya sangat ingin jika kita berpisah dalam suasana hati yang berbeda. .Tetapi tidak ada yang bisa saya lakukan untuk membantunya....Politik adalah urusan tanpa ampun."[20]

Setelah kegagalan Invasi Teluk Babi, pembangunan Tembok Berlin, dan Krisis Rudal Kuba, Kennedy percaya bahwa kegagalan Amerika Serikat untuk menguasai dan menghentikan ekspansi komunis akan merusak kredibilitas Amerika Serikat secara fatal. sekutu dan reputasinya sendiri. Oleh karena itu, ia bertekad untuk "menarik garis batas" dan mencegah kemenangan komunis dalam Perang Vietnam. Ia mengatakan kepada Reston, "Sekarang kita mempunyai masalah dalam membuat kekuatan kita dapat dipercaya dan Vietnam sepertinya adalah jawabannya."[21][22]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b U.S. Department of State, Foreign Relations of the United States: Communications between Kennedy and Khrushchev, 1961 (Washington, DC: U.S. Office of the Historian, 2014), Document 1. http://history.state.gov/historicaldocuments/frus1961-63v06/d1 Diarsipkan 2014-05-13 di Wayback Machine.
  2. ^ U.S. Department of State, Foreign Relations of the United States: Communications between Kennedy and Khrushchev, 1961 (Washington, DC: U.S. Office of the Historian, 2014), Document 7. http://history.state.gov/historicaldocuments/frus1961-63v06/d7 Diarsipkan 2014-05-13 di Wayback Machine.
  3. ^ a b William Taubman, Khrushchev: The Man and His Era (New York: W. W. Norton & Company, Inc, 2003), 488.
  4. ^ Hope M. Harrison, Cold War History, Vol. 1, No. 1, Driving the Soviet up the Wall: A Super-Ally, A Superpower, and the Building of the Berlin Wall, 1958–61. (London: Frank Cass, 2000).
  5. ^ Taubman, Khrushchev: The Man and His Era, 489.
  6. ^ Usha Mahajani, "President Kennedy and United States Policy in Laos, 1961–1963," Journal of Southeast Asian Studies 2, no. 2 (1971): 87.
  7. ^ Edmund F. Wehrle, "'A Good, Bad Deal': John F. Kennedy, W. Averell Harriman, and the Neutralization of Laos.'" Pacific Historical Review 67, no. 3 (1998): 352.
  8. ^ John F. Kennedy: Presidential Library and Museum, Laos, http://www.jfklibrary.org/JFK/JFK-in-History/Laos.aspx Diarsipkan 2021-06-04 di Wayback Machine..
  9. ^ U.S. Department of State, Foreign Relations of the United States: Communications between Kennedy and Khrushchev, 1961 (Washington, DC: U.S. Office of the Historian, 2014), Document 9. http://history.state.gov/historicaldocuments/frus1961-63v06/d9n Diarsipkan 2016-11-21 di Wayback Machine.
  10. ^ U.S. Department of State, Foreign Relations of the United States: Communications between Kennedy and Khrushchev, 1961 (Washington, DC: U.S. Office of the Historian, 2014), Document 10. http://history.state.gov/historicaldocuments/frus1961-63v06/d10 Diarsipkan 2014-05-13 di Wayback Machine.
  11. ^ a b c d e f g h U.S. Department of State, Foreign Relations of the United States: Communications between Kennedy and Khrushchev, 1961 (Washington, DC: U.S. Office of the Historian, 2014), Document 32. http://history.state.gov/historicaldocuments/frus1961-63v06/d32 Diarsipkan 2014-05-13 di Wayback Machine.
  12. ^ a b c Wehrle, "A Good, Bad Deal", 359.
  13. ^ Mahajani, "President Kennedy and United States Policy in Laos," 95.
  14. ^ Wehrle, "A Good, Bad Deal," 360.
  15. ^ Topping, Seymour Topping (3 June 1961). "Khrushchev and Vienna; Soviet Premier Stakes His Prestige On Gains From Meeting With Kennedy". The New York Times. ProQuest 115477559. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 June 2021. Diakses tanggal 13 February 2021. 
  16. ^ Thrall, Nathan (2008). "Kennedy Talked, Khrushchev Triumphed". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-19. Diakses tanggal 2017-02-23. 
  17. ^ Kempe, Frederick (2011). Berlin 1961. Penguin Group (USA). hlm. 257. ISBN 978-0-399-15729-5. 
  18. ^ Nikita S. Khrushchev, Khrushchev Remembers (Boston: Little, Brown and Company, 1970), 458
  19. ^ William Taubman, Khrushchev: The Man and His Era (New York: W. W. Norton & Company, Inc, 2003), 495.
  20. ^ Kempe, Frederick (2011). Berlin 1961. Penguin Group (USA). hlm. 225–257. ISBN 978-0-399-15729-5. 
  21. ^ "The case of John F. Kennedy and Vietnam Presidential Studies Quarterly". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-10. Diakses tanggal 2019-10-22. 
  22. ^ Mann, Robert. A Grand Delusion, Basic Books, 2002.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]