Berlin Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Berlin (West)
West-Berlin

Berlin Barat
Sektor yang diduduki Sekutu di Berlin

1949–1990
Flag Coat of arms
Flag Coat of arms
Location of West Berlin
Berlin barat ditunujukkan warna biru , biru muda dan ungu
Zaman sejarah Perang Dingin
 -  Didirikan 1949
 -  Disatuan kembali 3 October 1990
Peta yang menunjukkan lokasi tembok Berlin dan tempat-tempat transit

Berlin Barat adalah nama yang diberikan kepada bagian barat kota Berlin dari tahun 1949 sampai 1990. Daerah ini terdiri atas sektor sekutu Amerika Serikat, Britania Raya dan Perancis yang diputuskan pada tahun 1945. Sektor Uni Soviet menjadi Berlin Timur.

Berlin Barat secara total dikelilingi sektor-sektor Soviet, sehingga menjadi sebuah enklave. Para sekutu barat diberi jaminan koridor udara, tetapi tidak diberi jalur darat, sehingga sebagai pembalasan daripada reformasi moneter dan politik di bagian barat, orang Soviet bisa memutuskan hubungan darat dan mengisolasi Berlin Barat. Maka lalu orang-orang sekutu dipimpin oleh Amerika Serikat memberikan bantuan lewat hubungan udara. Lihat artikel Blokade Berlin untuk informasi lebih lanjut.

Pada tanggal 13 Agustus 1961 pemerintah Jerman Timur membangun Tembok Berlin yang dengan ini mengisolir orang Berlin Barat dari Jerman Timur. Setelah itu hanya bisa berpergian dari Berlin Barat ke Jerman Barat.

Pada tanggal 26 Juni 1963, Presiden John F. Kennedy datang ke Berlin Barat dan berpidato dengan pidatonya yang ternama dengan kalimatnya Ich bin ein Berliner.

Pada tanggal 9 November 1989 temboknya dibuka kembali.

Pendudukan Berlin

Meski secara de facto merupakan bagian dari Jerman Barat, Berlin Barat bukanlah sebuah negara bagian Jerman Barat, ataupun bagian resmi dari negara ini. Sebagai contoh Grundgesetz (Undang-Undang Dasar Jerman) tidak berlaku di sini. Daerah ini diperintah oleh Senat Berlin Barat yang memerintah di Rathaus Schöneberg, dan diberi otoritas oleh para negara sekutu barat. Meski orang-orang Berlin Barat merupakan warga Jerman Barat, mereka tidak punya hak pilih dan tak boleh ikut pemilu. Tetapi mereka diwakili oleh 20 orang yang dipilih oleh Senat Berlin Barat di Parlemen Federal Jerman.

Keanehan lainnya ialah bahwa warga Berlin Barat tidak perlu mengikuti wamil, penerbangan Lufthansa ke kota ini tak ada dan Berlin Barat memiliki Dinas Pos sendiri yang terpisah dari Jerman Barat sampai tahun 1990. Berlin Barat menjadi kota populer bagi pemuda Jerman Barat karena wamil tak berlaku di sini.

Berlin Barat terdiri dari 'kecamatan-kecamatan' berikut:

Di Sektor Amerika

Di Sektor Inggris

Di Sektor Perancis

Pada tanggal 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Timur bersatu dan dengan ini Berlin Barat menjadi sejarah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]