Komunitas perumahan, Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komunitas perumahan dalam artikel ini adalah khusus di negara Tiongkok, bukan dalam pengertian komunitas perumahan secara global.

Komunitas perumahan di Tiongkok biasanya adalah komunitas yang membantu dan mendukung komunitas komersial atau industri dalam hal menjadi konsumen atau sebagai tenaga kerja. Fenomena ini karena beberapa orang lebih suka tinggal di daerah pinggiran kota atau pedesaan ketimbang di kawasan perkotaan atau kawasan industri di kota besar.

Contoh komunitas perumahan dapat mencakup kota kecil atau kota yang berada di luar kota besar atau kota praja yang dekat dengan kota yang lebih kecil yang menjadi pusat komersial atau industri, misalnya komunitas perumahan Taitou di daerah administrasi kota praja Wuqing, provinsi Tianjin, Tiongkok.

Di Republik Rakyat Tiongkok, komunitas disebut shèqū (Hanzi sederhana: 社区; Hanzi tradisional: 社區)[1][2] dan komunitas perumahan dinamakan jūzhùqū (Hanzi sederhana: 居住区; Hanzi tradisional: 居住區)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 现代汉语词典(第七版). [A Dictionary of Current Chinese (Seventh Edition).]. Beijing: The Commercial Press. 1 September 2016. hlm. 1155. ISBN 978-7-100-12450-8. 【社区】 shèqū 名{...}2我国城镇按地理位置划分的居民区 
  2. ^ 现代汉语规范词典(第3版). [Xiandai Hanyu Guifan Cidian]. Beijing: 外语教学与研究出版社. Foreign Language Teaching and Research Press. May 2014. hlm. 1162. ISBN 978-7-513-54562-4. 【社区】 shèqū 名{...}在我国特指城市街道办事处或居民委员会活动范围内的地区。