Kolese Le Cocq d'Armandville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sekolah Menengah Atas Kolese Le Cocq d'Armandville Nabire
Data Sekolah
Kolese le cocq logo2.gif
Berdiri: 1987
Provinsi: Papua
Alamat Lengkap: Jl. Jenderal Sudirman, Bukit Meriam, Nabire, Papua
Nomor Telepon/Fax: 0984(21910)
Kepala Sekolah: Pater Vincentius Seno Hari Prakoso, S.J
Jumlah Kelas: kelas setiap tingkat
Program Jurusan: IPA dan IPS
Rentang Kelas: X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status sekolah: Swasta

Kolese Le Cocq d'Armandville adalah kolese Yesuit yang terletak di Nabire, Papua. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Bukit Meriam, Nabire. Kolese ini merupakan satu-satunya kolese yesuit yang berada di luar Jawa.

Sejarah Kolese[sunting | sunting sumber]

Kolese Le Cocq d'Armandville meliputi SMA Adhi Luhur (didirikan 1987), Peternakan Babi dan Pertukangan Kayu Alfonsus, Asrama Putra Teruna Karsa dan Asrama Putri Santa Theresia, dan Pastoran para Jesuit yang bekerja di Sekolah dan kedua Asrama tersebut.

SMA Adhi Luhur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Yesuit diberi kepercayaan oleh Keuskupan Jayapura untuk mengelola SMA Adhi Luhur yang telah didirikan pada tahun 1987 ini, dengan seizin Pater Jenderal Serikat Jesus. Misi Serikat Jesus di lembaga pendidikan ini adalah mau mempersiapkan kader pemimpin Papua masa depan. Sejak 2001 hingga tahun 2008 jabatan Kepala Sekolah dipegang oleh Pater J. Muji Santara, S.J. Pada tahun 2008, jabatan Kepala Sekolah diserahkan kepada Pater A. Mardi Santosa, S.J. Pater Bas Soedibja, S.J. adalah Rektor Kolese dan Superior para Jesuit, baik di Nabire maupun Papua. Saat ini, Kepala Sekolah SMA Adhi Luhur dijabat oleh Pater Vincentius Seno Hari Prakoso, S.J . Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SMA Adhi Luhur cukup beragam, mulai dari Ekstrakurikuler Basket, Jurnalistik, English Cocqiez Society, Futsal, Warung Magis, Hingga HIV-AIDS. Selain itu, Adhi Luhur juga rutin menyelenggarakan kegiatan tahunan seperti Open House, Ajang Kreativitas Adhi Luhur (AKAL), Festival Budaya, Valentine Day, Rekoleksi, Natal Sekolah, POSAL, dan lain-lain.

Peternakan Babi dan Pertukangan Kayu 'Alfonsus'[sunting | sunting sumber]

Untuk mendukung dan mengimbangi pendidikan formal orang muda asli pedalaman yang ada di Nabire, Jesuit mengusahakan pendidikan terpadu, yaitu memberikan keterampilan peternakan (babi) dan pertukangan kayu.

Asrama Putra Teruna Karsa dan Asrama Putri St. Theresia[sunting | sunting sumber]

Untuk membantu mereka yang berasal dari pedalaman, dibangunlah kompleks asrama untuk tempat tinggal siswa Adhi Luhur. Teruna Karsa adalah asrama untuk putra, dan St. Theresia adalah asrama untuk putri. Keduanya dapat menampung 50 orang siswa.

Ikatan Alumni[sunting | sunting sumber]

SMA Adhi Luhur memiliki ikatan alumni yang bernama Ikatan Alumni SMA YPPK Adhi Luhur Kolese Le Cocq d’Armandville Nabire-Papua yang disingkat IKAAL. Berdirinya Ikatan Alumni SMA YPPK Adhi Luhur Kolese Le Cocq d’Armandville Nabire- Papua yang disingkat IKAAL adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang menjadi pijakan bagi berdirinya ikatan alumni tersebut. Semboyan/Moto dari IKAAL adalah: “Membangun Persatuan Alumni Adhi Luhur yang Kokoh, Maju, dan Peduli pada Sesama”

IKAAL secara otomatis menjadi salah satu dari Asosiasi Alumni Yesuit Indonesia sekaligus merupakan anggota dari World Union of Jesuits Alumni yang berkedudukan di Luxemburg.

Rujukan[sunting | sunting sumber]