Kipasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kipasan
Rhipidura

Grey fantail (Rhipidura albiscapa)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliRhipiduridae
GenusRhipidura
Vigors dan Horsf., 1827
Species
Over 40, see text

Kipasan adalah burung pengicau pemakan serangga kecil dari genus Rhipidura dalam keluarga Rhipiduridae, asli Australasia, Asia Tenggara, dan anak benua India . Sebagian besar spesies berusia sekitar 15 hingga 18 cm (5,9 hingga 7,1 in) panjang,

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kipasan bertubuh kecil (11,5–21 panjang cm) burung dengan ekor panjang; pada beberapa spesies, ekornya lebih panjang dari tubuhnya dan pada sebagian besar spesies, ekornya lebih panjang dari sayap. [1] Ketika ekornya dilipat, ujungnya membulat, tetapi ketika disebarkan di tempat terbuka atau mencari makan di udara, ia memiliki ciri khas bentuk kipas yang menjadi asal muasal nama keluarga tersebut.

Kipasan sering kali mengadopsi postur horizontal membungkuk, dengan sayap terkulai dan menjauhi tubuh dan ekor setengah miring. Ada beberapa pengecualian untuk hal ini, khususnya kipasan utara Papua dan kipasan Cockerell di Kepulauan Solomon, yang memiliki postur lebih tegak mirip pada burung kehicap.

Sayap kipasan meruncing dan mengorbankan kecepatan demi kelincahan, membuat fantail sangat efisien dalam menangkap mangsa serangga. Secara keseluruhan, ekor kipas merupakan penerbang yang kuat, dan beberapa spesies dapat melakukan migrasi panjang, namun burung kipasan-semak ( kipasan-semak jelaga, kipasan-semak perut-putih, dan kipasan-semak hitam ) merupakan penerbang yang sangat lemah, dan perlu turun secara teratur.


Bulu sebagian besar kipasan menunjukkan beberapa variasi, sebagian besar spesies relatif seragam dengan beberapa corak. [2] Beberapa spesies, seperti kipasan Rennell , memiliki bulu yang seragam, sementara spesies lainnya memiliki pola yang mencolok namun suram. Warna sebagian besar spesies adalah abu-abu, hitam, putih, dan coklat, meskipun beberapa spesies memiliki bulu berwarna kuning atau bahkan biru mencolok. Pada sebagian besar spesies tidak ada dimorfisme seksual pada bulu; pengecualian yang menonjol adalah kipasan hitam di New Guinea di mana jantannya memiliki seluruh bulu hitam dan betina hampir seluruhnya berwarna merah . Pada beberapa spesies, seperti kipasan Selandia Baru, terdapat dua morf warna, morf lurik dan morf hitam yang lebih langka (yang paling umum di Pulau Selatan ).


Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Kipasan adalah keluarga Australasia yang telah menyebar dari Samoa hingga India utara. Di selatan, kipasan kelabu tersebar hingga The Snares di lepas pantai Selandia Baru, di bagian timur keluarga ini memiliki beberapa bentuk endemik di Polinesia barat. Terdapat banyak spesies di Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, dan famili ini tersebar di Tiongkok bagian selatan, India, dan Himalaya . Beberapa spesies mempunyai sebaran yang luas, terutama kipasan kebun, kipasan kelabu, kipasan leher-putih, dan kipasan utara ; spesies lainnya memiliki wilayah jelajah yang sangat terbatas dan dalam kasus beberapa spesies kepulauan mungkin terbatas pada satu pulau saja. Kipasan Mussau terbatas pada satu pulau di Kepulauan Bismarck, dan fantail Kadavu memiliki distribusi terbatas serupa di Grup Kadavu di Fiji .

Kebanyakan kipasan, terutama yang berbentuk tropis atau kepulauan, bersifat menetap dan tidak melakukan migrasi. Beberapa spesies utara dan selatan melakukan berbagai pergerakan; kipasan perut kuning di Himalaya adalah migran ketinggian, berkembang biak antara 1500 dan 4000 meter, tetapi berpindah ke ketinggian yang lebih rendah (serendah 180 m) di musim dingin. Beberapa kipasan Australia melakukan migrasi musiman, meskipun hal ini menunjukkan variasi yang cukup besar bahkan pada masing-masing spesies. Sebagian besar populasi kipasan merah menunjukkan sedikit perilaku migrasi, namun populasi tenggara berpindah secara massal ke Queensland utara dan New Guinea .

Kipasan menunjukkan selera yang luas terhadap habitat; sementara sebagian besar spesies ditemukan di hutan hujan, kipasan ada di sebagian besar habitat yang tersedia mulai dari gurun dan hutan bakau hingga lingkungan pertanian dan perkotaan yang sangat dimodifikasi. Sebagian besar spesies mampu bertahan hidup di berbagai habitat. Dari semua spesies , kipasan bakau mempunyai persyaratan habitat yang paling terbatas, karena seluruhnya terbatas pada hutan bakau pada beberapa wilayah jelajahnya, meskipun spesies ini dapat hidup 3 km jauhnya tanpa adanya kipasan lainnya.[3] Beberapa spesies yang lebih primitif umumnya lebih terbatas pada hutan hujan primer, namun sebagian besar spesies lainnya dapat bertahan hidup di hutan yang lebih terganggu. Spesies yang paling mudah beradaptasi adalah kipasan kebun, yang melimpah di setiap tipe habitat di Australia kecuali di hutan hujan lebat.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Perilaku banyak spesies kipasan belum diteliti, tetapi secara keseluruhan kebiasaannya sangat seragam. Pengamatan anekdotal terhadap spesies yang kurang diteliti menunjukkan adanya tingkat kemiripan yang tinggi dengan spesies yang diteliti lebih baik. Kipasan adalah burung yang sangat aktif, dengan beberapa spesies yang lebih kecil terus bergerak; bahkan saat bertengger mereka terus bergoyang maju mundur, berputar 180° di tempat, mengibaskan ekornya ke kiri dan ke kanan, atau mengipasinya. Dalam penerbangan mereka sangat lincah dan melakukan penerbangan perulangan yang sangat aerobatik dan rumit sambil menggunakan ekornya yang mengipasi untuk menangkap serangga yang sedang terbang.

Diet dan mencari makan[sunting | sunting sumber]

Mayoritas makanan kipasan terdiri dari serangga kecil dan invertebrata. Kipasan kebun yang lebih besar mampu menangani kadal kecil, tapi ini luar biasa. Mangsa serangga umumnya berukuran kecil dan mudah ditangani, namun serangga yang lebih besar terkadang perlu ditundukkan dengan cara dibenturkan pada dahan, suatu tindakan yang juga menghilangkan sayap mangsa yang lebih besar seperti ngengat.

Ada dua teknik umum yang digunakan keluarga untuk mendapatkan mangsa. Yang pertama dikenal sebagai "pencarian statis", di mana kipasan akan tetap berada di tempat bertengger dan mengawasi mangsa di udara yang kemudian akan bergerak ke arah dan merebutnya dari udara sebelum kembali ke tempat bertengger untuk memakan dan melanjutkan pencarian. Metode kedua yang digunakan dikenal sebagai "pencarian progresif", di mana kipasan bergerak melalui vegetasi untuk mencari mangsa serangga yang dikumpulkannya; Pergerakan kipasan yang mencari juga mengeluarkan mangsa tersembunyi yang juga dikejar dan dimakan. Kipasan kebun melakukan versi terestrial dari teknik ini, memompa ekornya dari sisi ke sisi dan melakukan gerakan cepat melintasi tanah terbuka untuk mengusir mangsanya.

Kipasan sering membentuk asosiasi dengan spesies lain untuk mendapatkan mangsa. Beberapa spesies bertengger di punggung ternak, yang mereka gunakan sebagai tempat menguntungkan dan juga sebagai tempat ternak memburu serangga. Perilaku ini membuat kipasan kebun mendapat julukan "peliharaan setia peternak". Kipasan sering kali sangat berani berada di sekitar manusia dan akan mendekati mereka dari dekat untuk menangkap serangga yang ada di dekatnya. Spesies yang berbeda juga sering ditemukan dalam kelompok makan spesies campuran, bepergian dengan burung pemakan serangga kecil lainnya di pinggiran kawanan untuk mengambil keuntungan dari mangsa yang memerah.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Kipasan bersifat teritorial dan secara agresif mempertahankan wilayahnya dari spesies sejenis (anggota lain dari spesies yang sama) serta spesies kipasan lainnya dan penangkap lalat lainnya. [2] Di dalam wilayah yang dipilih betina untuk lokasi bersarang, lokasi ini sering kali dekat dengan sarang tahun sebelumnya. Tanggung jawab pembiakan, pembuatan sarang, inkubasi, dan pemberian makan anak ayam, ditanggung bersama oleh kedua jenis kelamin.

Sarangnya, berupa secangkir kecil batang rumput yang diikat rapi dengan sutra laba-laba, membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk dibangun. Banyak spesies yang memasukkan ekornya ke dasar sarang; hal ini mungkin merusak bentuk sarang, meskipun hanya sedikit upaya yang dilakukan untuk menyembunyikan sarang tersebut. Untuk mengimbangi visibilitas sarang yang tinggi, kipasan akan secara agresif mempertahankan anak-anaknya dari calon pemangsa.

Kipasan betina juga akan mengalihkan perhatian calon predator dengan terlihat terluka dan memancing predator tersebut menjauh dari sarangnya. Saat betina berpura-pura terluka, jantan mungkin terus menyerang pemangsa. Meskipun demikian, kipasan umumnya memiliki keberhasilan bersarang yang rendah.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boles, W.E. (2006).
  2. ^ a b Boles, W.E. (2006).
  3. ^ Noske, R. A. (1996) "Abundance, Zonation and Foraging Ecology of Birds in Mangroves of Darwin Harbour, Northern Territory" Wildlife Research 23(4): 443–474