Lompat ke isi

Kerisang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerisang
Rhaphidophora Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoAlismatales
FamiliAraceae
GenusRhaphidophora Edit nilai pada Wikidata
Hassk., 1842
Tata nama
Sinonim takson
  • Raphidophora Hassk.
  • Afrorhaphidophora Engl.[1]

Rhaphidophora atau kerisang adalah genus dalam keluarga Araceae, tumbuh dari Afrika tropis ke arah timur melalui Malesia dan Australasia hingga Pasifik Barat. Genus ini terdiri dari sekitar 100 spesies.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah genus tanaman yang selalu hijau, kuat, dan memanjat. Bunganya biseksual, tidak memiliki perigone . Daun lindung akan dikeluarkan setelah berbunga. Ovula berjumlah delapan atau lebih dan terletak pada dua (jarang 3) plasenta parietal ovarium . Bunganya menghasilkan biji yang banyak, berbentuk elips, lurus dengan lapisan luar (testa) yang rapuh dan halus.

Ini adalah hemiepiphytes, tanaman yang mampu memulai hidup sebagai benih dan mengirimkan akar ke tanah, atau memulai sebagai tanaman terestrial yang memanjat pohon dan kemudian mengirimkan akar kembali ke tanah. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka adalah rheophytes terestrial (tanaman yang tumbuh di air berarus deras).

Serat kulit pohonnya biasanya memiliki trichosclereids yang melimpah, panjang dan ramping, menyatu dengan serat sklerenkim . Jika helaian daunnya robek, banyak bulu yang terlihat. Tangkai daun tiba-tiba membengkok di bagian atasnya. Tepi daunnya utuh. Daunnya menyirip hingga menyirip (dipotong dengan lobus berlawanan dalam). Venasi daunnya sejajar (dengan urat yang sejajar sepanjang daun), menyirip (satu urat di tengah dengan urat yang lebih kecil bercabang ke samping) hingga retikulat (berurat bulu).

Kimia[sunting | sunting sumber]

Enam senyawa yang diekstraksi dari daun dan batang kering Rhaphidophora decursiva telah terbukti memiliki aktivitas melawan satu parasit malaria, Plasmodium falciparum . Polisiforin dan rhaphidecurperoxin menunjukkan aktivitas antimalaria yang paling kuat, sedangkan rhaphidecursinol A, rhaphidecursinol B, grandisin, dan epigrandisin kurang aktif. Rhaphidecursinol A dan rhaphidecursinol B ditentukan sebagai neolignan, suatu kelas utama fitoestrogen, sedangkan rhaphidecurperoxin adalah benzoperoksida baru. [2]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Boyce, P.C. (1999). "The genus Rhaphidophora Hassk. (Araceae-Monsteroideae-Monstereae) in Peninsular Malaysia and Singapore". Singapore Gardens Bulletin. 51: 183–256. 
  • Boyce, P.C. (2000). "The genus Rhaphidophora Hassk. (Araceae-Monsteroideae-Monstereae) in the southern and western Indonesian archipelago". Singapore Gardens Bulletin. 52: 101–183. 
  • Boyce, P.C.; Bogner J. (2000). "An account of neotenic species of Rhaphidophora Hassk. (Araceae-Monsteroideae-Monstereae) in New Guinea and Australia". Singapore Gardens Bulletin. 52: 89–100. 
  • Boyce, P.C. (2000). "The genus Rhaphidophora Hassk. (Araceae-Monsteroideae-Monstereae) in the Philippines". Singapore Gardens Bulletin. 52: 213–256. 
  • Boyce, P.C. (2001). "The genus Rhaphidophora Hassk. (Araceae-Monsteroideae-Monstereae) in Borneo". Singapore Gardens Bulletin. 53: 19–75. 
  • Boyce, P.C. (2001). "The genus Rhaphidophora Hassk. (Araceae-Monsteroideae-Monstereae) in New Guinea, Australia and the tropical Western Pacific". Singapore Gardens Bulletin. 53: 77–187. 
  1. ^ Kew World Checklist of Selected Plant Families
  2. ^ Hong-Jie Zhang; Pamela A. Tamez; Vu Dinh Hoang; Ghee Teng Tan; Nguyen Van Hung; Le Thi Xuan; Le Mai Huong; Nguyen Manh Cuong; Do Thi Thao (June 2001). "Antimalarial Compounds from Rhaphidophora decursiva". J. Nat. Prod. 64 (6): 772–777. doi:10.1021/np010037c. PMID 11421741.