Keprimatan Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Keprimatan Irlandia secara historis diperdebatkan antara Uskup Agung Armagh dan Uskup Agung Dublin hingga akhirnya diselesaikan oleh Paus Innosensius VI. Primat adalah gelar kehormatan yang menunjukkan prioritas upacara dalam Gereja, dan pada Abad Pertengahan terjadi persaingan sengit antara kedua keuskupan agung mengenai senioritas. Sejak tahun 1353 Uskup Agung Armagh diberi gelar Primat Seluruh Irlandia dan Uskup Agung Dublin Primat Irlandia, menandakan bahwa mereka adalah Imam senior di pulau Irlandia, Primat Irlandia Seluruh Irlandia menjadi yang lebih senior.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Takhta episkopal Dublin didirikan pada abad kesebelas, ketika Dublin adalah sebuah negara kota Norse. Uskup pertamanya, Dúnán (atau Donatus), digambarkan pada saat kematiannya sebagai "uskup kepala Orang Asing".[2] Sejak awal, Dublin memiliki hubungan dekat dengan see of Canterbury.[3] Uskup Dublin yang kelima, Gregory, baru menjadi subdiakon ketika ia terpilih menjadi uskup oleh apa yang Aubrey Gwynn sebut sebagai "partai Norse di kota ". Dia dikirim ke Inggris di mana dia ditahbiskan oleh Uskup Agung Ralph dari Canterbury, tetapi sekembalinya, dia dilarang memasuki tahtanya oleh mereka yang menginginkan Dublin terintegrasi dengan hierarki Irlandia. Sebuah kompromi dicapai dimana Gregory diakui sebagai uskup Dublin, sementara dia pada gilirannya menerima otoritas Cellach, uskup agung Armagh, sebagai primat.[4] Pada tahun 1152, Sinode Kells membagi Irlandia menjadi empat keuskupan agung Armagh, Dublin, Cashel dan Tuam. Gregory diangkat menjadi uskup agung Dublin. wakil kepausan, Kardinal John Paparo, juga menunjuk uskup agung Armagh "sebagai Primata di atas para uskup lainnya, sebagaimana mestinya."[5]

Henry de Loundres, uskup agung Dublin dari tahun 1213 hingga 1228, memperoleh Bulla kepausan dari Paus Honorius III yang melarang uskup agung mana pun membawa salib di hadapannya (simbol otoritas) di keuskupan agung Dublin tanpa persetujuan uskup agung Dublin.[6] Satu abad kemudian, banteng ini menyebabkan konfrontasi antara Richard FitzRalph, uskup agung Armagh, dan Alexander de Bicknor, uskup agung Dublin, ketika FitzRalph, bertindak berdasarkan surat Raja Edward III yang secara khusus mengizinkan dia melakukan hal tersebut, memasuki Dublin pada tahun 1349 "dengan salib tegak di hadapannya". Dia ditentang oleh pemimpin Kilmainham atas instruksi Bicknor, dan terpaksa mundur ke Drogheda. Setelah kematian Bicknor, dan suksesi John de St Paul menjadi tahta Dublin, Raja Edward mencabut suratnya kepada FitzRalph dan melarang primata tersebut menjalankan yurisdiksinya di Dublin.[7] Pada tahun 1353 masalah ini dirujuk ke Avignon. Di sana Paus Innosensius VI, bertindak berdasarkan saran dari Dewan Kardinal, memutuskan bahwa "masing-masing wali gereja ini harus menjadi Primata; sedangkan, untuk perbedaan gaya, Primata Armagh harus memberi gelar pada dirinya sendiri sebagai 'Primat Segalanya'. Irlandia, tetapi Metropolitan Dublin harus mendaftarkan dirinya sendiri Primata Irlandia."[8]

Statusnya[sunting | sunting sumber]

Status kepemimpinan Uskup Agung Armagh didasarkan pada keyakinan bahwa takhta miliknya didirikan oleh Santo Patrick, kota Armagh dengan demikian menjadi ibu kota gerejawi Irlandia. Di sisi lain, Dublin adalah pusat politik, budaya, sosial, ekonomi dan sekuler di Irlandia, dan telah berlangsung selama berabad-abad, sehingga menjadikan Uskup Agung Dublin seseorang yang memiliki pengaruh besar, dengan profil nasional yang tinggi.

Perselisihan telah "berkobar" dalam beberapa kesempatan, termasuk pada tahun 1672 antara uskup agung Katolik Oliver Plunkett dari Armagh dan Peter Talbot dari Dublin,[9] dan lagi pada akhir abad ke-18.

Sejak tahun 1870-an salah satu uskup agung Katolik di Armagh dan Dublin telah menjadi anggota Dewan Kardinal. Karena ukuran Irlandia yang kecil, kemungkinan besar tidak akan ada dua kardinal keuskupan Irlandia yang akan dilantik.[10] Dominasi nyata Dublin atas Armagh ditunjukkan pada tahun 1850-an ketika Uskup Agung Armagh saat itu, Paul Cullen dipindahkan dari Armagh ke takhta Dublin yang secara nominal lebih rendah, di mana ia menjadi prelat Katolik paling terkenal di Irlandia. Beberapa tahun setelah Konsili Vatikan Pertama, di mana ia memainkan peran sentral dalam proklamasi infalibilitas kepausan, ia diangkat menjadi kardinal pertama di Irlandia, mengungguli Uskup Agung Armagh yang secara nominal lebih unggul. Pengganti Cullen di Dublin, Uskup Agung Edward MacCabe juga diangkat menjadi kardinal tetapi setelah itu, topi merah kardinal selalu diberikan kepada Uskup Agung Armagh, sampai Paus Yohanes Paulus II menganugerahkan topi merah tidak serendah-rendahnya-pastoral utama Seán Brady di Armagh, tetapi kepada Desmond Connell Dublin yang lebih terkenal, lebih intelektual, dan jelas konservatif. Namun, pada tahun 2007 Paus Benediktus XVI memutuskan untuk memberikan kehormatan itu lagi kepada Takhta Patrick, sehingga menjadikan Brady sebagai kardinal dan bukannya Uskup Agung Dublin, Diarmuid Martin, yang sebelumnya merupakan pejabat tinggi Vatikan.

Primat hari ini[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2022, Uskup Agung Armagh dalam Gereja Katolik adalah Eamon Martin dan John McDowell memegang jabatan yang setara di Gereja Irlandia. Uskup Agung Katolik Dublin saat ini adalah Dermot Farrell sedangkan Uskup Agung Dublin Gereja Irlandia saat ini adalah Michael Jackson.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MacGeoghegan, James , Sejarah Irlandia, kuno dan modern (1844), James Duffy, Dublin, hal. 337
  2. ^ Gwynn, Aubrey, Gereja Irlandia pada Abad ke-11 dan ke-12 (1992 ), diedit oleh Gerard O'Brien, Four Courts, Dublin, hal. 50–51
  3. ^ Gwynn ( 1992), hal. 50
  4. ^ Gwynn (1992), hal. 128, 228
  5. ^ Gwynn (1992), hal. 221
  6. ^ Brenan, Michael John, An Ecclesiastical History of Ireland, Volume I (1840), J. Coyne, Dublin, hal. 377–8
  7. ^ Carew, Patrick Joseph, Sejarah gerejawi Irlandia (1838), Eugene Cummiskey, Philadelphia, hal. 396–7
  8. ^ William Dool Killen, The Ecclesiastical History of Ireland (1875), MacMillan, Dublin, hal . 294
  9. ^ Murray, Raymond. "Plunkett, St Oliver"Perlu langganan berbayar. Kamus Biografi Irlandia. Cambridge University Press. Diakses tanggal 1 November 2015. 
  10. ^ Itu tidak berarti tidak ada lebih dari satu orang Irlandia di Dewan Kardinal. Orang-orang Irlandia yang tinggal di Vatikan telah dianugerahi topi merah bersama dengan para uskup agung yang tinggal di Irlandia. Selain itu, setelah Paus Paulus VI memperkenalkan usia pensiun wajib di mana para kardinal tidak lagi memiliki hak suara di Dewan Kardinal, Irlandia telah memiliki dua kardinal keuskupan, keduanya emeriti (pensiun): Desmond Connell dari Dublin (seorang kardinal "pemilih"), dan Cahal Daly dari Armagh (berusia lebih dari 80 tahun). Connell melewati usia 80 tahun pada tahun 2006, dan topi merah ketiga diberikan pada tahun berikutnya kepada Uskup Agung Seán Brady dari Armagh.