Kematian Abu Bakar al Baghdadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pada tanggal 26–27 Oktober 2019, Amerika Serikat melakukan operasi militer berkode bernama Operasi Kayla Mueller yang mengakibatkan kematian Abu Bakar al-Baghdadi, yang saat itu menjadi pemimpin dan memproklamirkan diri sebagai Khalifah organisasi teroris Negara Islam Irak dan Syam (ISIS). Operasi tersebut terjadi di pinggiran Barisha, Idlib, Suriah. Menurut Jenderal Kenneth F. McKenzie Jr., komandan Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) yang mengawasi operasi tersebut, Baghdadi bunuh diri bersama dua anaknya ketika dia meledakkan sabuk bunuh diri ketika berusaha menghindari pasukan AS selama serangan tersebut.

Kematian Abu Bakar al Baghdadi
(Operasi Kayla Mueller)
Bagian dari Perang Saudara Suriah, Intervensi Amerika Serikat Dalam Perang Saudara Suriah, Perang Melawan ISIS dan Perang Melawan Teror

Kompleks Baghdadi, sebelum dan sesudah serangan operasi khusus AS, 26 – 27 Oktober 2019
Tanggal26 – 27 Oktober 2019
(1 hari)
Lokasi300 Meter diluar Barisha, Distrik Harem, Kegubernuran Idlib, Suriah
Hasil

Kemenangan Amerika serikat

  • Kematian Abu Bakar al-Baghdadi
  • Penyitaan material dan tawanan dari kompleks; kompleks kemudian dihancurkan oleh jet tempur dan drone AS
Pihak terlibat
 Amerika Serikat Negara Islam Irak dan Syam
Hurras al-Din
Tokoh dan pemimpin
Amerika Serikat Donald Trump
Amerika Serikat Mark Esper
Amerika Serikat Kenneth F. McKenzie
Amerika Serikat Mark Milley
Negara Islam Irak dan Syam Abu Bakar al-Baghdadi 
Abu Muhammad al-Halabi 
Kekuatan
100 Pasukan Khusus
8 Helikopter
Beberapa Drone Militer
Tidak Diketahui
Korban
2 Tentara Terluka
1 Anjing Terluka

16–21 Militan Terbunuh

  • 6 Militan ISIS Termasuk Abu Bakar al Baghdadi
  • 10–15 Militan Hurras al-Din
  • 2 Militan ditangkap
2 Anak Abu Bakar al Baghdadi Tewas
2 Warga Tewas, dan 1 Terluka Akibat Serangan AS

Nama operasi AS diambil dari Kayla Mueller, Seorang pekerja bantuan Amerika yang ditangkap dan meninggal saat berada dalam tahanan ISIS.

Serangan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Oktober 2019, tak lama setelah Presiden AS Donald Trump dan tim kecil yang terdiri dari para pemimpin sipil dan militer penting berkumpul di Ruang Situasi Gedung Putih sekitar pukul 17.00 EST (00.00 waktu Suriah), Komando Operasi Khusus Gabungan AS yang pertama Operator SFOD-D (Delta Force), bersama dengan US Army Rangers dari Resimen Ranger ke-75, berangkat dari Pangkalan Udara Al Asad di Irak[1] dengan delapan helikopter militer AS, termasuk MH-47 Chinooks dan MH-60L/M Black Hawk,[2] akan melakukan serangan udara terhadap "kompleks terpencil" 300 meter di luar desa Barisha —terletak lima kilometer (tiga mil) selatan perbatasan dengan Turki di wilayah musuh yang dikuasai pemberontak di Suriah Kegubernuran Idlib—untuk membunuh atau menangkap Baghdadi. Pasukan penyerang dilaporkan terbang melalui wilayah udara yang dikontrol Turki dan diawasi Rusia menuju sasaran dan mendarat setelah 70 menit.[3]

Menurut Jenderal McKenzie, yang mengawasi operasi tersebut, perlindungan udara untuk serangan tersebut termasuk helikopter bersenjata, beberapa drone, dan pesawat tempur yang memberikan dukungan udara jarak dekat; mereka merencanakan kedatangan banyak anak/non-militan di kompleks tersebut dan berusaha meminimalkan korban jiwa. Ketika pasukan penyerang yang membawa heli mendekati kompleks Baghdadi, helikopter-helikopter tersebut dilaporkan mendapat tembakan dari dua lokasi dari kelompok militan non-ISIS yang berada di luar gedung sasaran tetapi di wilayah operasi; menurut McKenzie, mereka dilumpuhkan dengan dua serangan udara dari helikopter pendukung. Operator Delta Force, didukung oleh anjing pekerja militer dan robot militer, mendarat di luar kompleks dan mengepungnya, berulang kali menyerukan penghuninya untuk keluar dengan damai dalam bahasa Arab. “Mereka yang keluar dari gedung diperiksa apakah ada senjata dan bahan peledak, lalu dipindahkan,” kata McKenzie. “Pasukan AS menahan dan kemudian membebaskan warga non-kombatan. Kelompok tersebut diperlakukan secara manusiawi sepanjang waktu, dan termasuk 11 anak-anak.” Lima anggota ISIS di dalam kompleks—empat perempuan dan satu laki-laki—"menimbulkan ancaman terhadap pasukan" dan dibunuh ketika mereka tidak menanggapi perintah untuk menyerah, karena mereka dicurigai mengenakan rompi bunuh diri. Percaya bahwa pintu masuk utama adalah jebakan, operator menerobos dinding kompleks dengan bahan peledak.[4]

Begitu Delta Force berada di dalam gedung target, Baghdadi melarikan diri ke jaringan terowongan di bawah gedung tersebut dengan mengenakan rompi bunuh diri dan membawa dua anak bersamanya. Pada saat dia menemui jalan buntu, robot militer penjinak bom dan seekor anjing (yang kemudian diidentifikasi sebagai Malinois Belgia jantan bernama "Conan " telah dikirim untuk menaklukkannya. Dia meledakkan rompinya, membunuh dirinya sendiri dan dua anaknya, dan menyebabkan terowongan itu runtuh. Anak-anak yang dibunuh diyakini berusia di bawah 13 tahun. Tentara AS menggali puing-puing untuk mengambil beberapa jenazah Baghdadi dan teknisi laboratorium berhasil melakukan pembuatan profil DNA dan tes biometrik dalam waktu 15 menit setelah kematiannya melalui analisis Badan Intelijen Pertahanan, yang mengkonfirmasi identitas Baghdadi. Menurut Gedung Putih, “kombinasi bukti visual dan tes DNA mengkonfirmasi identitas Baghdadi.” Konfirmasi DNA yang cepat ini disebabkan oleh pasukan khusus yang sudah memiliki sampel jaringan tubuh Baghdadi, yang dilaporkan secara sukarela diberikan oleh salah satu putrinya, menurut seorang pejabat AS.[5] McKenzie, bagaimanapun, menyatakan bahwa mereka diperoleh dari masanya di Camp Bucca.[6]

Dua tawanan laki-laki dewasa dan sejumlah besar dokumen serta barang elektronik disita dari kompleks tersebut selama penggerebekan yang, menurut pejabat AS, merupakan tujuan utama agar mereka dapat memahami struktur kepemimpinan ISIS saat ini. Barang-barang tersebut termasuk 5–6 ponsel, 2–4 laptop, dan beberapa USB flash drive.  Tepat sebelum pukul 03.30 waktu Suriah, helikopter AS berangkat dari wilayah tersebut menuju Irak dan kompleks tersebut kemudian dihancurkan oleh serangan udara dari jet F-15 dan drone MQ-9 Reaper, yang dilaporkan untuk mencegah situs tersebut menjadi "kuil". "untuk simpatisan. Menurut Ketua Kepala Staf Gabungan Mark Milley, berbagai macam amunisi, termasuk rudal jelajah AGM-158 JASSM , bom berpemandu presisi yang tidak ditentukan, dan rudal berpemandu AGM-114 Hellfire bertanggung jawab untuk meratakan kompleks Baghdadi.[7]

Tewasnya Abu Bakar al Baghdadi[sunting | sunting sumber]

Trump mengumumkan bahwa Baghdadi meninggal dengan meledakkan rompi bunuh diri setelah dia dikejar oleh anjing militer AS dan terpojok di dalam terowongan. Dia dan pejabat lainnya awalnya menyatakan bahwa ledakan tersebut menewaskan tiga anaknya di sampingnya,[8] namun Jenderal McKenzie kemudian mengatakan bahwa telah dipastikan hanya dua orang yang tewas.[9] Trump mengatakan Baghdadi meninggal "seperti anjing dan pengecut" dan "merengek, menangis, dan menjerit", namun Ketua JCS Milley dan berbagai pejabat Pentagon dan pemerintah tidak dapat mengkonfirmasi, atau langsung menyangkal, rincian "merengek dan menangis" tersebut karena Trump dilaporkan hanya melihat pengawasan drone tanpa audio langsung.

Ketua JCS Milley mengatakan dalam pengarahan di Pentagon bahwa pembuangan jenazah Baghdadi "ditangani dengan tepat", awalnya menambahkan bahwa Washington tidak berencana untuk merilis gambar kematiannya, namun kemudian menunjukkan rekaman penggerebekan tersebut dalam pengarahan pada tanggal 30 Oktober.[10] Baghdadi dimakamkan di laut dan melakukan ritual Islam, kata tiga pejabat AS yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters dan sumber Pentagon kepada AFP.[11] Seorang ajudan Baghdadi, yang menangani logistik, adalah orang lain yang terbunuh menurut pejabat Irak.[12] Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa dua istri al-Baghdadi juga tewas dalam serangan itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Warrick, Joby; Nakashima, Ellen; Lamothe, Dan (2019-10-30). "Islamic State defector inside Baghdadi's hideout critical to success of raid, officials say". Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2024-02-04. 
  2. ^ "The Helicopters That Made the U.S. Army's ISIS Raid Possible". Popular Mechanics (dalam bahasa Inggris). 2019-10-28. Diakses tanggal 2024-02-04. 
  3. ^ Swann, Glenn; Sheehy, Finbarr; Levett, Cath; Fidler, Matt (2019-10-31). "Visual guide to the raid that killed Isis leader Abu Bakr al-Baghdadi". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2024-02-04. 
  4. ^ Swann, Glenn; Sheehy, Finbarr; Levett, Cath; Fidler, Matt (2019-10-31). "Visual guide to the raid that killed Isis leader Abu Bakr al-Baghdadi". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2024-02-04. 
  5. ^ Axe, David (2019-10-28). "How U.S. Commandos IDed a 'Mutilated' Baghdadi So Quickly". The Daily Beast (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-04. 
  6. ^ Browne, Zachary Cohen,Barbara Starr,Ryan (2019-10-30). "Pentagon releases first images from raid that killed ISIS leader | CNN Politics". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-04. 
  7. ^ Trevithick, Tyler Rogoway and Joseph (2019-10-27). "Everything We Know And Don't Know About The Raid That Killed ISIS Leader Al Baghdadi (Updated)". The War Zone (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-04. 
  8. ^ "Abu Bakr al-Baghdadi: IS leader 'dead after US raid' in Syria" (dalam bahasa Inggris). 2019-10-27. Diakses tanggal 2024-02-04. 
  9. ^ Browne, Zachary Cohen,Barbara Starr,Ryan (2019-10-30). "Pentagon releases first images from raid that killed ISIS leader | CNN Politics". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-04. 
  10. ^ See stunning first images from al-Baghdadi raid | CNN Politics (dalam bahasa Inggris), 2019-10-30, diakses tanggal 2024-02-04 
  11. ^ "Baghdadi's body disposed of at sea by US military: Pentagon source". gulfnews.com (dalam bahasa Inggris). 2019-10-28. Diakses tanggal 2024-02-04. 
  12. ^ "In last days, al-Baghdadi sought safety in shrinking domain". AP News (dalam bahasa Inggris). 2019-11-06. Diakses tanggal 2024-02-04.