Lompat ke isi

Keludah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keludah
Polygonum Edit nilai pada Wikidata
Tumbuhan
Jenis buahnucule (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoCaryophyllales
FamiliPolygonaceae
GenusPolygonum Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiPolygonum aviculare Edit nilai pada Wikidata
Species
See text.

Polygonum adalah genus dari sekitar 130 spesies tanaman berbunga dalam keluarga Polygonaceae soba dan aseman. Nama umum termasuk keludah (meskipun nama umum mungkin merujuk lebih luas pada tanaman dari Polygonaceae ) [1] Terdapat berbagai pendapat mengenai seberapa luas genus harus didefinisikan. Misalnya soba ( Fagopyrum esculentum ) terkadang dimasukkan ke dalam genus sebagai Polygonum fagopyrum . Genera sebelumnya seperti Polygonella telah dimasukkan ke dalam Polygonum ; genera lain telah dipisahkan.

Genus ini terutama tumbuh di daerah beriklim sedang bagian utara. Spesiesnya sangat beragam, mulai dari tanaman tahunan herba sujud hingga tanaman tahunan herba tegak.

Spesies Polygonum kadang-kadang dimakan oleh manusia, dan digunakan sebagai tanaman pangan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera – lihat daftar. Sebagian besar spesies dianggap gulma di Eropa dan Amerika Utara.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ketika genus didefinisikan secara sempit, spesies Polygonum adalah tanaman herba tahunan atau abadi, jarang berupa semak, dengan batang banyak bercabang. Daunnya tersusun berselang-seling, biasanya kurang dari 2 cm (0,8 in) panjang, dengan panjang lebih besar dari lebarnya. Mereka memiliki ochrea membranosa (selubung di sekitar simpul batang). Bunganya biasanya biseksual, jarang berkelamin tunggal, dan mempunyai lima (kadang-kadang empat) tepal, bagian luarnya sedikit berbeda dari bagian dalam. Biasanya terdapat empat hingga enam benang sari dan tiga (jarang dua) corak . Buahnya bersisi tiga. [2]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies dapat dimakan dalam keadaan dimasak, [3] misalnya saat kelaparan. [4] Spesies Polygonum cognatum, yang dikenal secara lokal sebagai "madimak", [5] [6] secara teratur dikonsumsi di bagian tengah Turki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Middle English Dictionary
  2. ^ Nogueira, I.; Ortiz, S.; Paiva, J.A.R. (2006), "Polygonum L.", Flora Zambesiaca (online), 9 (3), Royal Botanic Gardens, Kew, diakses tanggal 2019-04-29 
  3. ^ Knotweed at NorthernBushCraft
  4. ^ Łukasz Łuczaj (2008). "Archival data on wild food plants used in Poland in 1948". J Ethnobiol Ethnomed. 4 (1): 4. doi:10.1186/1746-4269-4-4. PMC 2275233alt=Dapat diakses gratis. PMID 18218132. 
  5. ^ See the preparation of one particular dish in Turkey using Polygonum cognatum: https://www.youtube.com/watch?v=DzNCO94rWXE
  6. ^ One more dish based on "madimak" polygonum cognatum: https://www.youtube.com/watch?v=p3cJk6ChPkY