Keling, Kepung, Kediri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keling
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenKediri
KecamatanKepung
Kodepos
64293
Kode Kemendagri35.06.18.2009 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk7000 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Keling adalah desa yang berada di kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Sebuah desa yang asri dan sejuk dengan dipenuhi orang-orang yang ramah. Kepala Desa Keling saat ini adalah Rofi'i Lukman. Menjabat sejak tahun 2017. Selama pemerintahan kepala desa ini, Desa Keling yang sebelumnya berjalan stagnan. Kini semakiin menunjukkan perkembangan.

WISATA Di Desa Keling ada beberapa lokasi potensi wisata alami. Seperti Gua Jegles, Sungai Kembangan, Sarana Irigasi Air Pipo dan Sumber Gemuling. Bahkan saat ini pemerintah desa di bawah kepemimpinan Gus Rofi' sedang gencar membangun desa wisata. Salah satu yg jadi andalan adalah wisata River Tubing Kali Kembangan dan Gua Keling.

https://www.instagram.com/dewatakeling

Selain wisata alam, di desa ini juga ada wisata sejarah dan religi. Yaitu di ziarah Makam Hadratusyaikh Imam Nawawi di Ponpes Ringinagung Termasuk keberadaan masjid Tua yang berusia lebih dari satu abad. .

Dalam sejarah nusantara di daerah Keling Kepung ini pernah kembali berjaya pada periode akhir Majapahit, tatkala kerajaan itu mengalami disintegrasi. Rupanya penguasa Kediri bangkit kembali dan pada tahun 1474 berhasil menumbangkan hegemoni Majapahit.

Jawa dalam keadaan pecah belah itu kekuasaannya sampai tahun 1527, bergeser kembali ke Kediri (Daha) dengan pusat kekuasaan di Keling (Kepung-Kediri) di bawah Dinasti Girindrawardhana.

Dalam Prasasti Jiu disebutkan pada 1486 M, nama kerajaannya "Wilwatikta Daha Jenggala Kadiri". Kerajaan itu berakhir akibat perluasan Islam, oleh intervensi Giri yang menganggap dinasti yang berkuasa bukanlah kelanjutan dinasti yang memerintah Majapahit sebelumnya.