Kelasiu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelasiu
Periode Tertiary–Recent
Laevistrombus
Five different views of a shell of an adult Laevistrombus canarium
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasGastropoda
OrdoNeotaenioglossa
FamiliStrombidae
GenusLaevistrombus
R.Tucker, 1960

Laevistrombus atau kelasiu adalah genus siput laut, moluska gastropoda laut dalam keluarga Strombidae, kerang sejati.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Takson Laevistrombus diperkenalkan dalam literatur sebagai subgenus Strombus oleh Tetsuaki Kira (1955) dalam cetakan ketiga edisi pertama Ilustrasi Berwarna Kerang Jepang . Ini terdiri dari dua spesies, canarium Strombus (Laevistrombus) dan Strombus (L.) isabella Lamarck, 1822. Tidak ada spesimen jenis yang ditentukan, dan Kira tidak memberikan deskripsi formal atau pernyataan pembedaan, seperti yang disyaratkan oleh kode ICZN untuk memvalidasi nama tersebut. Dalam versi buku yang lebih baru, Laevistrombus diangkat ke tingkat genus, tetapi deskripsinya masih kurang. Rüdiger Bieler dan Richard Petit (1996) menganggapnya sebagai nomen nudum, dan kepenulisan dipindahkan ke Robert Tucker Abbott (1960), yang telah memberikan deskripsi dan ilustrasi yang tepat tentang Laevistrombus dan menentukan jenis spesies, Strombus canarium L., dalam volume pertama monografinya Indo-Pacific Mollusca . [1] [2] [3] Klasifikasi yang diterima saat ini diusulkan oleh Sepkoski (2002), yang mengangkat Laevistrombus ke tingkat genus berdasarkan data paleontologi . [4]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kira, T. (1955). Coloured Illustrations of the Shells of Japan. Osaka, Japan: Hoikusha. hlm. 204. 
  2. ^ Bieler, R.; Petit, R. E. (1996). "Additional notes on nomina first introduced by Tetsuaki Kira in "Coloured Illustrations of the Shells of Japan"". Malacologia. 38 (1–2): 33–34. 
  3. ^ Abbott, R. T. (1960). Indo-Pacific Mollusca Volume 1: The Genus Strombus in the Indo-Pacific. Philadelphia, USA: Academy of Natural Sciences of Drexel University. hlm. 33–146. 
  4. ^ Sepkoski, J. J. Jr. (2002). "A compendium of fossil marine animal genera". Bulletins of American Paleontology. 363: 95.