Kelas (pendidikan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kelas dalam pendidikan memiliki sejumlah arti terkait.

Kelas dapat berarti sekelompok murid yang menghadapi pelajaran ataupun kuliah tertentu di perguruan tinggi, sekolah, maupun lembaga pendidikan.

Kelas juga bisa merujuk pada kegiatan belajar-mengajar itu sendiri: kelas dalam drama-drama karya William Shakespeare.

Kelas dapat pula berupa sekelompok murid di tingkatan yang sama dalam sebuah institusi: kelas satu; ataupun sekelompok murid yang lulus dari lembaga tersebut di saat yang sama: kelas 2005 (bandingkan alumnus/i).

Kelas dapat pula merujuk ke ruangan, bangunan, atau wahana di mana pelajaran diajarkan.

Dalam sistem pendidikan di beberapa negara (seperti Republik Tiongkok), kelas dapat merujuk pada pembagian murid di suatu bagian akademik, terdiri atas sekelompok murid di tingkatan akademik yang sama. Sebagai contoh, kelas 2 di sebuah bagian dapat terbagi atas 3 kelas.

Di negeri seperti Republik Indonesia, kelas dapat berarti tingkatan: kelas 1 SD untuk usia 6 dan 7 tahun, kelas 2 SD untuk usia 7 dan 8 tahun, kelas 3 SD untuk usia 8 dan 9, kelas 4 SD untuk usia 9 dan 10, kelas 5 SD untuk usia 10 dan 11 tahun, kelas 6 SD untuk usia 11 dan 12 tahun. kelas 1 SMP untuk usia 12 dan 13 tahun, kelas 2 SMP untuk usia 13 dan 14 tahun, kelas 3 SMP untuk usia 14 dan 15 tahun. kelas 1 SMA untuk usia 15 dan 16 tahun, kelas 2 SMA untuk usia 16 dan 17 tahun, kelas 3 SMA untuk usia 17 dan 18 tahun.

   [1]

Catatan[sunting | sunting sumber]