Kedidi tunggir-putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kedidi tunggir-putih
Calidris fuscicollis
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693399
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusCalidris
SpesiesCalidris fuscicollis
Vieillot, 1819
Tata nama
Sinonim takson
  • Erolia fuscicollis
  • Tringa fuscicollis (protonym)
Distribusi

Kedidir tunggir-putih ( Calidris fuscicollis ) adalah burung pantai kecil yang berkembang biak di tundra utara Kanada dan Alaska .

Burung-burung ini jarang terlihat. Di musim panas, mereka jarang terlihat karena berada di lokasi perkembangbiakan yang tidak jelas. Demikian pula, di musim dingin mereka jarang terlihat karena mereka melakukan perjalanan terlalu jauh ke selatan bagi banyak pengamat burung. Oleh karena itu, sebagian besar penampakan terjadi pada musim semi atau musim gugur di daerah beriklim sedang dan umumnya terjadi dalam jumlah kecil di sekitar perairan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung kedidi tunggir-putih merupakan burung yang relatif kecil berukuran hanya 78 in (200 cm) . Tubuh bagian atas berwarna abu-abu kecoklatan kusam dan memiliki garis mata berwarna putih. Paruhnya berukuran sedang, tipis dan gelap, serta kakinya sangat gelap. Burung ini sering disamakan dengan spesies kedidi lain berpenampilan serupa yang hidup di wilayah jelajahnya atau di sepanjang jalur migrasinya.

Bulunya tidak begitu jelas selama musim dingin; namun, sepanjang musim, penampilan jantan dan betina tetap serupa. Pada bulu dewasa bergantian, mahkota dan muka mempunyai semburat kecoklatan. Supercilium berwarna pucat, terdapat bulu berwarna hitam di punggung dan terdapat tepi abu-abu pada penutup sayap . Bagian dada dan panggulnya bergaris-garis dan bagian bawahnya berwarna putih. Pada bulu dasar dewasa, bagian atasnya berwarna abu-abu tua dan pada bagian tengahnya terdapat bulu berwarna hitam. Bagian bawahnya berwarna putih tetapi bagian dadanya berwarna abu-abu tua. Supercilium berwarna putih, sedangkan mahkota dan garis mata lebih gelap. Bulu remaja memiliki bulu berwarna hitam di bagian belakang dan penutup sayap. Ini memiliki tepi berwarna coklat di bagian skapulir dan tepi yang lebih putih di bagian penutup sayap. Payudaranya bergaris halus dan ada huruf "V" putih di punggungnya. Bagian bawah dan supercilium berwarna putih, mahkota berwarna kecoklatan, dan muka pucat

Pengukuran Standar
panjang 1.730–200 mm (68–8 in)
berat 42 g (1,5 oz)
lebar sayap 430 mm (17 in)
sayap 117–126 mm (4,6–5,0 in)
ekor 475–536 mm (18,7–21,1 in)
culmen 20–236 mm (0,79–9,29 in)
tarsus 21–245 mm (0,83–9,65 in)

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Dua ciri utama yang digunakan untuk mengidentifikasi burung ini di lapangan adalah sayapnya yang panjang dan pantat atau tunggirnya yang berwarna putih. Bercak putih di pantat bisa dilihat saat burung sedang terbang. Sayapnya yang panjang melampaui ekor sekitar seperempat inci. Kedidi Baird juga menunjukkan ciri ini tetapi dapat dibedakan dengan tidak adanya pantat berwarna putih. Terdapat juga garis putih tipis pada sayap dan deretan tanda pada sayap di bawah sayap.

Habitat dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Burung kedidi tunggir-putih mendiami petak tundra yang relatif bervegetasi. Lebih khusus lagi, mereka tinggal di tundra Arktik yang berawa, bervegetasi lebat, dan hummocky di Alaska dan Kanada selama musim kawin . Mereka dapat ditemukan di berbagai jenis lahan basah saat bermigrasi. Selama bulan-bulan musim dingin mereka mendiami berbagai habitat air tawar dan air asin seperti laguna, muara dan rawa-rawa . Secara umum, mereka cenderung menghindari pantai berpasir dan air yang berarus deras.

Migrasi[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah migran jarak jauh, yang menghabiskan musim dingin di Amerika Selatan bagian selatan dan Karibia . Mereka dianggap sebagai salah satu migran jarak jauh paling ekstrim di dunia, melintasi seluruh benua Amerika Utara dalam kurun waktu satu bulan.

Burung kedidi tunggir-putih adalah migran yang tinggal di dekat kutub. Setelah berkembang biak di Kanada bagian utara dan Alaska, ia terbang di atas Samudera Atlantik untuk menghabiskan sebagian besar periode non-berkembang biaknya di Amerika Selatan, khususnya di sepanjang pantai Patagonian di Chili dan Argentina . Ia juga sering mengunjungi Pantai Fracasso, Argentina. Banyak burung pantai yang terkonsentrasi di kawasan ini karena banyaknya invertebrata intertidal, terutama kerang. Burung sandpiper berpantat putih juga terlihat di Venezuela, Suriname, Brazil dan Paraguay selama migrasinya. Mereka jarang tetapi merupakan gelandangan biasa di Eropa Barat dan gelandangan langka di Australia .

Burung-burung tersebut bermigrasi dengan penerbangan nonstop dan jarak pendek beberapa kali transit. Selama migrasi mereka dari utara ke selatan, mereka terbang di atas Samudera Atlantik, secara bertahap bergerak di sepanjang pantai timur laut Amerika Selatan sebelum menuju ke daratan menuju pulau-pulau. Perjalanan ini umumnya memakan waktu sekitar satu bulan. Dalam migrasinya dari selatan ke utara, burung kicau bermulut putih mengikuti jalur yang sama, namun melakukannya jauh lebih cepat. Migrasi ini dilakukan dalam rangkaian penerbangan panjang yang cepat tanpa henti. Satu penerbangan nonstop bisa memakan waktu 4.200 km (2.600 mi) .

Pola cuaca memainkan peran penting dalam menentukan rute migrasi. Burung suka bepergian sehingga suhu, tekanan, dan kelembapan dapat mengikuti arah angin . Angin kencang dapat membuat burung keluar dari jalur migrasi regulernya. Misalnya, dampak badai besar menyebabkan tingginya jumlah burung kicau putih di Kepulauan King George .

Dampak perubahan iklim[sunting | sunting sumber]

Pemanasan iklim telah menyebabkan perubahan jumlah individu dan lamanya mereka tinggal di Kepulauan Shetland Selatan . Burung kedidi tunggir-putih kini lebih sering terlihat di kawasan ini karena variasi iklim jangka panjang dan pendek. Suhu udara yang lebih tinggi, yang terjadi akibat angin utara, membawa udara hangat dan lembab yang menciptakan habitat lebih terbuka dan sumber makanan lebih baik yang memungkinkan burung-burung ini bertahan dan bertahan hidup. Rute migrasi, serta tempat mencari makan di musim dingin dan musim panas, juga dapat diubah.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Vokalisasi[sunting | sunting sumber]

Salah satu vokalisasi burung kedidi tunggir-putih terdiri dari pengulangan "pip, pip, pip …" Panggilan mereka memiliki nada "tzeep" metalik yang khas sehingga mudah dikenali di antara kawanan burung pantai. Mirip dengan suara dua kerikil yang saling bergesekan.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Makanan mereka terutama terdiri dari invertebrata kecil termasuk: moluska, krustasea, polychaetes, [2] annelida, serta serangga dewasa dan larva. Mereka terutama dilaporkan memakan invertebrata air. Meskipun sebelumnya diperkirakan mereka hanya memakan invertebrata, telah terbukti bahwa biji-bijian dan lumut [2] juga merupakan bagian dari makanan burung sandpiper bermulut putih. Penemuan ini mengarah pada gagasan bahwa mereka mungkin menjadi pemakan oportunistik tergantung pada waktu, musim dan habitat. Batu dan ganggang juga ditemukan di perut mereka tetapi kemungkinan besar tertelan secara tidak sengaja. Batu-batu tersebut secara umum memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan bijinya sehingga bisa jadi salah identitas. Alga juga bisa tertelan secara tidak sengaja melalui makanan di air.

Saat berada di dataran lumpur, burung kedidi tunggir-putih mencari makan dengan mencari makan di perairan dangkal dan di lumpur, tetapi juga dapat mengambil beberapa benda dari permukaan. Saat berada di tundra, mereka harus menyelidiki lumut dan tumbuh-tumbuhan lainnya secara mendalam.

Bersarang[sunting | sunting sumber]

Betina membangun sarang berupa cekungan berbentuk cangkir di dalam tanah. Sarangnya dilapisi dengan potongan lumut, daun dan lumut yang dapat tumbuh secara alami atau dapat ditambahkan oleh betina. Sarangnya umumnya tersembunyi di rumpun lumut atau rumput. Jantan mempertahankan wilayah perkembangbiakannya dengan meluncur dan terbang di atasnya sambil mengeluarkan suara oik dan gemeretak. Saat berada di tanah, pejantan merentangkan sayapnya ke samping dan mengangkat ekornya ke udara hingga terlihat bercak putih di pantatnya. Dia kemudian berjalan dan berlari sambil mengulangi panggilan.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan burung pantai, peragaan percumbuan burung kedidi tunggir-putih melibatkan komponen udara. Selama masa pacaran, pejantan dan betina terbang ke atas berdampingan secara miring. Sekitar pukul 10 m (33 ft) di atas tanah mereka berhenti sekitar 05 m (16 ft) terpisah dan melayang dengan kepakan sayap yang dangkal dan bergetar cepat. Pejantan tetap berada di atas betina dan berulang kali mengeluarkan serangkaian nada "poing-zee". Mereka melayang antara 5 dan 10 detik sebelum turun ke tanah secara perlahan dan tanpa suara dan mendarat sekitar 2 m (6,6 ft) terpisah. Selama meluncur ke bawah, sayap mereka disatukan dalam posisi "V" di atas punggung. Beberapa menit kemudian mereka memulai penerbangan berpasangan kedua yang identik dengan penerbangan pertama. Namun, begitu mereka mendarat di tanah, pejantan mulai mengejar betina. Pengejaran berakhir ketika pejantan melakukan pertunjukan sayap terangkat, yang biasa terjadi pada banyak spesies kedidi.

Betinanya berukuran kecil dan bersarang di dataran tinggi Arktik, yang berarti mereka lebih mungkin mengalami tekanan dingin yang lebih tinggi dibandingkan burung yang bersarang di daerah beriklim sedang . Akibatnya, betina menghabiskan rata-rata 82,5% waktunya untuk mengerami telurnya. Total betina mengerami telurnya selama kurang lebih 22 hari. Dia biasanya bertelur 4 butir telur zaitun hingga hijau; jarang bertelur 3 butir. Telur kadang-kadang bisa bercak coklat, coklat zaitun atau abu-abu.

Hanya betina yang mengerami telurnya. Setelah betina bertelur, jantan berhenti muncul dan meninggalkan tempat berkembang biak. Hal ini tidak seperti anggota genus calidris lainnya yang masa inkubasinya dibagi antara jantan dan betina; oleh karena itu, sifat inkubasi jantan telah hilang secara independen pada spesies ini. Hanya ada tiga spesies terdokumentasi yang diketahui memiliki perilaku ini. Perkembangan ini nampaknya aneh karena percobaan menunjukkan bahwa penurunan jumlah perawatan jantan dikaitkan dengan penurunan kecocokan pejantan dengan menurunkan jumlah keturunan pejantan yang bertahan hidup. Salah satu penjelasan atas evolusi ini adalah penurunan jumlah perawatan yang memungkinkan pejantan mengeksplorasi pilihan pembiakan lainnya. Hipotesis ini terkait dengan fakta bahwa burung kicau bermulut putih bersifat poligini ; jantan akan kawin dengan beberapa betina tetapi betina hanya akan kawin dengan satu jantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2017). "Calidris fuscicollis". 2017: e.T22693399A119296025. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-3.RLTS.T22693399A119296025.en. 
  2. ^ a b "Calidris fuscicollis (White-rumped sandpiper)".