Kedidi dada-coret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kedidi dada-coret
Calidris melanotos

Adult in breeding plumage
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693408
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusCalidris
SpesiesCalidris melanotos
(Vieillot, 1819)
Tipe taksonomiCalidris
Tata nama
Sinonim taksonActodromas maculata
Erolia melanotos
ProtonimTringa melanotos
Distribusi

Kedidi dada-coret ( Calidris melanotos ) adalah burung randai kecil yang bermigrasi yang berkembang biak di Amerika Utara dan Asia, musim dingin di Amerika Selatan dan Oseania . Ia memakan invertebrata kecil. Sarangnya, yang berlubang di tanah dan dilapisi bahan tebal, cukup dalam untuk melindungi keempat telurnya dari angin sejuk tempat berkembang biaknya. Kedidi dada-coret berkisar antara 21 cm (8,3 in) panjang, dengan lebar sayap 46 cm (18 in) .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung ini terlihat mirip dengan kedidi-ekor tajam ( "C." acuminata ). Burung kedidi dada-coret adalah kedidi berukuran besar ( 21 cm (8,3 in) panjangnya, dengan lebar sayap 46 cm (18 in) ) dengan punggung berwarna abu-abu kecokelatan, paling coklat pada jantan musim panas, dan paling abu-abu pada musim dingin. Burung kedidi dada-coret mempunyai dada berwarna abu-abu, berbatas tegas di tepi bawahnya, yang memberi nama Inggris pada spesies ini; garis pemisah yang jelas ini terutama terlihat jelas jika burung menghadap ke arah pengamat. Kakinya berwarna kekuningan, dan paruhnya berwarna zaitun dengan ujung lebih gelap.

Remaja mempunyai corak lebih terang di atas dengan warna merah kecoklatan dan jalur mantel putih.

Spesies ini berbeda dari kedidi ekor-tajam dalam pola dadanya, supercilium yang lebih lemah, dan mahkota yang lebih abu-abu.

Pengukuran Standar
panjang 200–2.440 mm (8–96 in)
berat 73 g (2,6 oz)
lebar sayap 460 mm (18 in)
sayap 136–1.428 mm (5,4–56,2 in)
ekor 604–639 mm (23,8–25,2 in)
culmen 287–293 mm (11,3–11,5 in)
tarsus 278–30 mm (10,9–1,2 in)

Distribusi dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Hewan ini bermigrasi jarak jauh, dan sekitar separuh spesiesnya berkembang biak di tundra berawa di timur laut Asia, sisanya bersarang di wilayah Alaska hingga Kanada tengah. Burung Amerika dan sebagian besar burung Asia mengalami musim dingin di Amerika Selatan, namun beberapa peternak Asia mengalami musim dingin di bagian selatan, Australia, dan Selandia Baru . Saat bermigrasi dan di musim dingin, burung sandpiper dada biasanya ditemukan di habitat air tawar .

Spesies ini juga muncul sebagai migran tetap ke Eropa Barat, dan sering terlihat di Irlandia atau Inggris Raya . Meskipun burung sandpiper dada belum tercatat sebagai spesies berkembang biak di Eropa, individu gelandangan ditemukan di Skotlandia dalam habitat berkembang biak yang sesuai selama musim panas. Banyak burung yang hidup di Eropa Barat mungkin melakukan migrasi rutin dari tempat berkembang biak di Asia ke musim dingin di Afrika Selatan. Pada bulan September 2003 terjadi rekor arus masuk ke kedua negara tersebut, dengan 40 orang ditemukan di Irlandia dan 150 orang di Inggris Raya. Di pesisir Pasifik AS, kawanan migran yang melakukan pementasan seperti itu tampaknya lebih jarang terjadi. Individu yang menggelandang terkadang terlihat di tempat lain di luar jalur migrasi biasa, misalnya di Kepulauan Mariana, Kepulauan Marshall, dan Palau di Mikronesia ; mereka lebih sering ditemui di Kepulauan Hawaii .   

Migrasi kedidi dada-coret mungkin dipengaruhi oleh pemanasan global, seperti yang diduga terjadi pada banyak burung yang berkembang biak di Arktik: 100 tahun yang lalu, kedidi dada-coret yang bermigrasi diamati melewati Ohio utara pada awal pertengahan Mei dan lagi pada akhir Agustus; saat ini, sebagian besar migrasi ke utara sudah terjadi pada bulan April, dan sebagian besar burung baru kembali pada pertengahan September.

Burung-burung ini mencari makan di padang rumput dan dataran lumpur, mengambil makanan dengan melihat, terkadang dengan menyelidiki. Mereka terutama memakan arthropoda (seperti lalat dan larvanya, laba-laba dan krustasea ) dan invertebrata lainnya, serta biji-bijian . [2] Jantan mempunyai tampilan pacaran yang melibatkan menggembungkan payudaranya, yang memiliki kantung lemak pada musim kawin untuk meningkatkan performanya.

Burung kedidi dada-coret membangun sarang kikis di sisi curam dengan bahan pelapis dalam jumlah besar. Sarangnya cukup dalam sehingga telurnya dapat diletakkan sekitar 3 cm (1,2 in) di bawah permukaan tanah, yang membantu meminimalkan kehilangan panas dari angin sejuk yang terjadi di garis lintang tempat spesies tersebut bersarang. Betina bertelur empat.

Burung kedidi dada-coret mengalami penurunan jumlah 50% sejak tahun 1974.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Calidris melanotos". 2016: e.T22693408A93404396. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693408A93404396.en. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama sta.uwi.edu
  3. ^ Fitzpatrick, John W. (2018-04-27). "Opinion | Shorebirds, the World's Greatest Travelers, Face Extinction". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2018-04-27.