Katsuya Kondō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Katsuya Kondō
Lahir近藤 勝也
(1963-06-02)2 Juni 1963
Prefektur Ehime, Jepang
KebangsaanJepang
PendidikanStudio Annapuru, Studio Ghibli
Dikenal atasAnimasi
Karya terkenalKiki's Delivery Service, Like the Clouds, Like the Wind, Jade Cocoon: Story of the Tamamayu
Gerakan politikAnime

Katsuya Kondō (近藤 勝也, Kondō Katsuya, lahir 2 Juni 1963 di Prefektur Ehime, Jepang) adalah seorang mangaka, desainer karakter, animator, dan direktur animasi asal Jepang. Dia terkenal karena karyanya mendesain karakter di film garapan Studio Ghibli, seperti Kiki's Delivery Service dan Ocean Waves, serta permainan dalam PlayStation, Jade Cocoon. Desain karakternya dianggap sebagai karakteristik gaya Studio Ghibli.

Setelah lulus dari SMA, ia mulai bekerja untuk Osamu Dezaki dan Akio Sugino di Annapuru Studio. Di bawah arahan Shinji Ōtsuka, Kondō bekerja sebagai animator utama dari serial anime TV, Cat's Eye. Dia kemudian bekerja sebagai dalal bebas di acara seperti The Mighty Orbots, Rainbow Brite dan Disney's Adventures of the Gummi Bears. Karya pertamanya dengan Studio Ghibli adalah sebagai animator utama pada Castle in the Sky. Setelah bekerja pada film garapan Gainax, The Wings of Honneamise dan OVA dari Devilman dan Meikyū Bukken File 538, Kondō mulai dikenal baik atas karyanya.

Kondō berkolaborasi dengan Ken'ichi Sakemi untuk menceritakan kembali manga dari Joan of Arc, serta membuat desain karakter untuk serial permainan video Jade Cocoon. Ia juga berkolaborasi dengan Sakemi dengan menciptakan desain karakter untuk film di NTV pada tahun 1990, Like the Clouds, Like the Wind (yang diangkat berdasarkan novel Sakemi, Kōkyū Monogatari), yang bercerita tentang seorang gadis kota muda yang terpilih menjadi salah satu selir Kaisar. Dia juga bekerja dengan Tomomi Mochizuki di Minna no Uta NHK, video musik yang berjudul Kaze no Tōri Michi, yang diproduksi oleh Ajia-do Animation Works untuk Sayuri Horishita. Pada tahun 2007, ia diumumkan sebagai animator yang mengawasi film garapan Studio Ghibli, Ponyo on the Cliff by the Sea.[1] Ia juga menulis lirik untuk lagu tema pada film.

Karya terkenal[sunting | sunting sumber]

Tercantum berdasarkan abjad, diurutkan menurut tahun, dengan karya terlama berada di atas.

Animasi[sunting | sunting sumber]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Buku dan manga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Professional (Television). Japan: NHK. 2007-03-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]