Katedral Valencia, Venezuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Valencia
Basilika Katedral Bunda Penolong
Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora del Socorro
Katedral Valencia
LokasiValencia
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Valencia di Venezuela

Katedral Basilika Bunda Penolong (Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora del Socorro), lebih dikenal sebagai Katedral Valencia, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Valencia, Venezuela.[1][2][3] Katedral ini terletak di pusat kota, di seberang Plaza Bolivar.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Valencia di Venezuela.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gambar penuh duka dari “Bunda Maria Penyelamat” yang dimahkotai oleh Paus Pius X pada tahun 1910.

Valencia didirikan oleh pemukim Spanyol pada tahun 1555. Nuestra Señora del Socorro dibangun sebagai gereja paroki lokal selama masa kolonial, sekitar tahun 1580.

Setelah berdirinya Keuskupan Kota Valencia pada tahun 1922, status gereja tersebut dinaikkan menjadi katedral. Katedral ini menaungi para uskup di keuskupan, bermula dengan Uskup Francisco Antonio Granadillo (1922-1927). Monsinyur Gregorio Adam memimpin keuskupan tersebut dari tahun 1947-1971.[4]

Pada tanggal 10 Februari 1960, Paus Yohanes XXIII mengeluarkan dekrit, Urbi Valentinæ, yang memuji kesalehan keuskupan, merayakan ulang tahun penobatannya yang kelima puluh, dan menaikkan status tempat suci tersebut menjadi Basilika minor. Keuskupan Valencia diangkat menjadi keuskupan agung pada tahun 1974.

Katedral ini menampilkan arsitektur neoklasik, dan merupakan rumah bagi gambar Maria Bunda Maria Penolong, sebuah karya yang mendapat dekrit Kepausan tentang penobatan kanonik oleh Paus Pius X pada 13 November 1910.

Modifikasi dan Restorasi[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini dimodifikasi pada tahun 1710, 1818-1820, 1830, dan lagi pada tahun 1942. Modifikasi arsitektur abad ke-19 membuat bangunan ini bergaya neoklasik seperti sekarang.[5]

Gereja ini mengalami pemugaran menyeluruh dari tahun 2013-2016, yang dilakukan oleh arsitek Sara de Atienzar dan pemulih Fernando de Tovar.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Katedral Our Lady of Help di Valencia, Venezuela
  2. ^ (Venezuela), Instituto del Patrimonio Cultural. Carabobo. Instituto del Patrimonio Cultural. ISBN 9789806361843. 
  3. ^ Venezuela: revisi informasi venezuelanas. 
  4. ^ Pérez, Luis Núñez. Guía del Estado Carabobo: corazónhistorico, industrial, geografico de Venezuela. 
  5. ^ a b Venezuela), IAM Venezuela (Aset dan Monumen Kelembagaan. "En la Catedral de Valencia palpita el gentilicio". IAM Venezuela.