Katedral Susa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Susa
Katedral Santo Yustus dari Novalesa
bahasa Italia: Cattedrale di San Giusto
Katedral Susa
LokasiSusa, Piemonte
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Susa

Katedral Susa (bahasa Italia: Cattedrale di San Giusto, atau Duomo di Susa) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Susa, Piemonte, di utara Italia. Keuskupan ini merupakan pusat dari Uskup Susa dan didedikasikan kepada Santo Yustus dari Novalesa (bahasa Italia: San Giusto).

Awalnya, ini adalah gereja Biara St. Yustus Benediktin, yang didirikan pada tahun 1029 oleh Marchese Olderico Manfredi untuk menampung peninggalan Santo Justus yang baru ditemukan. Gereja ini dibangun sekitar tahun 1100 dan telah direnovasi dan dipugar beberapa kali. Baru pada tahun 1772 keuskupan Susa dibentuk dari wilayah biara, yang sebelumnya merupakan keabasan teritorial, dan pada saat itu gereja biara dijadikan katedral keuskupan baru.

Katedral adalah bangunan gaya Romawi. Fasadnya memiliki dekorasi terakota dan menyatu dengan gerbang Romawi dari abad ke-4, Porta Savoia, di selatan. Di tengah-tengah sisi selatan berdiri campanile, dengan enam tingkat jendela.

Interiornya menggunakan denah Latin Cross, dengan tiga lorong. Ini berisi baptisterium yang lebih awal dari gereja sekarang, dan patung yang diduga Adelaide, Marchioness dari Turin, putri dan pewaris Olderico Manfredi dan istri Otto, Pangeran Savoy, nenek moyang Kerajaan Keluarga Savoy.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tidak jelas apakah dia juga dimakamkan di sini. Bagaimanapun juga, patung tersebut kemungkinan besar adalah patung Maria Magdalena.