Katedral Santo Domingo de la Calzada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santo Domingo de la Calzada
Katedral Juruselamat dan Santa Maria
Spanyol: Catedral de Santo Domingo de la Calzada
Katedral Santo Domingo de la Calzada
LokasiSanto Domingo de la Calzada
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Calahorra y La Calzada-Logroño

Katedral Santo Domingo de la Calzada yang bernama resmi Katedral Juruselamat dan Santa Maria (Spanyol: Catedral de Santo Domingo de la Calzada) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di desa Santo Domingo de la Calzada di La Rioja, Spanyol. Gereja ini didedikasikan untuk Juruselamat dan Santa Maria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Santo Domingo de la Calzada ada di Camino de Santiago. Kota ini dinamai Saint Dominic de la Calzada, yang membantu para peziarah yang melakukan perjalanan melalui distrik tersebut. Dominikus meninggal pada tahun 1109.[1] Ia dimakamkan di gereja desa, yang kemudian menjadi gereja perguruan tinggi pada abad ke-12 dan dibangun kembali dalam skala yang lebih ambisius. Bangunan ini dinaikkan statusnya menjadi katedral pada abad ke-13.

Saat ini katedral tersebut merupakan salah satu katedral milik Keuskupan Calahorra y La Calzada-Logroño, yang lainnya berada di Calahorra dan Logrono

Patung[sunting | sunting sumber]

Fasad katedral berisi patung Emeterius dan Celedonius, orang suci yang terkait dengan Calahorra.

Retable ini dipahat pada tahun 1537-40 oleh Damián Forment dengan gaya Renaissance. Pada abad ke-20, gereja ini dipindahkan dari Ujung Timur gereja.

Ayam[sunting | sunting sumber]

Henhouse

Sebuah mukjizat dikaitkan dengan Dominikus yang menyatakan bahwa dua ekor ayam matang yang dipenggal kepalanya dibangkitkan untuk bersaksi mendukung seorang peziarah yang dituduh melakukan pencurian. Sepasang keturunan ayam dipelihara sepanjang waktu di loteng paduan suara katedral. Keturunan lainnya disimpan di tempat perlindungan ziarah setempat.[2] Keajaiban serupa juga terjadi pada ayam jantan Barcelos di Portugal.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Camino de Santiago ditetapkan sebagai serial Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santo Domingo de la Calzada", Jalur Peziarah Diarsipkan 2014-08-03 di Wayback Machine.
  2. ^ Gitlitz, David M. (2000). Jalan ziarah ke Santiago : buku pegangan budaya lengkap (edisi ke-1st). New York. hlm. 154–5. ISBN 0-312-25416-4.