Kon-katedral Logroño

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-katedral Logroño
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
Spanyol: Concatedral de Santa María de la Redonda
Kon-katedral Logroño
LokasiLogroño
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKon-katedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Calahorra y La Calzada-Logroño

Kon-katedral Logroño yang bernama resmi Kon-Katedral Santa María de la Redonda (Spanyol: Concatedral de Santa María de la Redonda) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang berlokasi di Logroño, di La Rioja, Spanyol.[1]

Nama "redonda" mengacu pada bentuk bulat dari gereja sebelumnya di situs tersebut. Ia mempunyai status gereja perguruan tinggi sejak abad ke-15 ketika Logrono menjadi sebuah kota. Bangunan yang sekarang ini diangkat menjadi katedral pada abad ke-20. Itu milik Keuskupan Calahorra y La Calzada-Logroño, yang memiliki dua katedral lainnya.

Gereja ini memiliki dua menara yang dihias dengan rumit, masing-masing berisi satu set lonceng. Di dinding samping gereja terdapat jam yang terbagi menjadi tiga sisi: masing-masing satu untuk jam, menit dan detik. Pintu masuk gereja terletak di ceruk yang dipenuhi patung-patung Kristen, dilindungi oleh gerbang besi tinggi dan jaring untuk mencegah masuknya orang atau burung. Menara-menara tersebut juga memiliki jaring yang sama, tetapi bangau terkenal yang menghuni Logroño masih dapat bersarang di tepian tertinggi.

Panel Flemish oleh Gillis Coignet[sunting | sunting sumber]

Gillis Coignet, lahir pada 1535 di Antwerpen dan meninggal pada 1599 di Hamburg, melukis panel-panel tersebut di Antwerpen pada 1584, menurut catatan kaki kayu dari lukisan Anunciation. Panel tiba di gereja ini dari kapel Yang Mulia Somalo dekat Nájera. Pemiliknya memperolehnya di Paris pada awal abad ke-20 dan menempatkannya di kapel.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Tempat ini dilindungi oleh daftar warisan budaya (saat ini Bien de Interés Cultural) sejak tahun 1931.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Concatedral de Santa María de la Redonda - Atraksi". 
  2. ^ State Agency Official State Gazette (June 4, 1996). "Gaceta de Madrid Num. 155" (PDF). Documento BOE-A-01181-01185. Diakses tanggal August 28, 2019.