Katedral Santo Domingo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santo Domingo
Gereja Katedral Basilika Minor Santa María la Menor di Santo Domingo
Katedral Primatial Amerika
Spanyol: Basílica Menor de Santa María de la Encarnación
Katedral Santo Domingo
LokasiSanto Domingo
NegaraRepublik Dominika
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanta María la Menor
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekAlonso de Rodríguez
GayaGotik
Peletakan batu pertama1504
Selesai1550
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Santo Domingo

Katedral Santo Domingo atau yang bernama resmi Katedral Basilika Minor Santa María la Menor (Spanyol: Basílica Menor de Santa María de la Encarnación) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Kolonial, Santo Domingo, ibu kota negara Republik Dominika. Katedrla ini didedikasikan kepada Santa Maria dari Inkarnasi. Katedral ini merupakan katedral pertama dan tertua di benua Amerika,[1] dimulai pembangunannya pada tahun 1504 dan selesai pada tahun 1550.[2] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Santo Domingo yang mempunyai gelar kehormatan Primat Hindia karena katedral ini merupakan keuskupan Katolik pertama dan katedral tertua yang didirikan di Dunia Baru.[1]

Bagian depan katedral ini memiliki fasad batu kapur koral berwarna emas. Bangunannya bergaya Gotik,[1][2] contoh penting arsitektur Gotik paling nyata di luar Eropa. Ada juga perbendaharaan yang memiliki koleksi seni ukiran kayu kuno, perabotan, monumen penguburan, perak, dan perhiasan yang sangat bagus.

Alamat Katedral Santo Domingo ialah terletak di antara Calle Arzobispo Merino dan Isabel la Católica, di sebelah Taman Columbus di kota Santo Domingo de Guzman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior Katedral Pertama di Amerika, menonjolkan kubah bergaris.

Katedral Santo Domingo merupakan katedral yang tertua di Amerika, dibangun atas perintah Paus Yulius II pada tahun 1504. Pusat kedudukan bagi Keuskupan Agung Santo Domingo, pembangunannya dimulai pada tahun 1512, di bawah pemerintahan pastoral dari uskup pertama Santo Domingo, Friar García Padilla, yang tidak pernah datang ke pulau itu; berdasarkan rencana oleh arsitek Alonso de Rodríguez.

Setelah pekerjaan dihentikan, mereka melanjutkan dengan desain baru oleh Luis de Moya dan Rodrigo de Liendo pada tahun 1522 dengan campur tangan Uskup Alessandro Geraldini.

Arsitek Alonso González, terinspirasi oleh Katedral Sevilla dan menyelesaikan sebagian gereja pada tahun 1550.

Secara berturut-turut Alonso de Fuenmayor, mempromosikan karya tersebut dan pada tanggal 31 Agustus 1541, karya tersebut ditahbiskan.

Pada tahun 1546 Paus Paulus III mengangkatnya ke peringkat Katedral Metropolitan dan Primata Amerika atas permintaan Raja Charles V, Kaisar Romawi Suci.

Promosi lainnya terjadi pada tahun 1920 ketika Paus Benediktus XV mengangkatnya menjadi "Basilika Minor Perawan Kabar Sukacita".[3]

Pada paruh kedua abad ke-16, sektor Biara dibangun di sisi selatan, dengan sel-sel kanon; contoh lain ditemukan di Katedral Salamanca di Spanyol.

Pada tahun 1547 pekerjaan menara lonceng terhenti, karena tingginya yang melebihi Menara Penghormatan, telah menyebabkan gangguan pada para penjaga.Itu adalah markas besar pasukan Sir Francis Drake selama invasi tahun 1586, yang memecatnya. Rupanya pada tahun 1665 terjadi pentahbisan yang kedua.

Awalnya dibangun tanpa kapel, pada tahun 1740 memiliki 9 dan saat ini memiliki 14. Kapel Alonso de Suazo, Rodrígo, Bastídas, Geraldini dan Diego Caballero layak mendapat perhatian khusus, serta ruang bawah tanah para Uskup Agung dan ruang bawah tanah para uskup agung. Kapel Pembaptisan.

Di antara karyanya adalah lukisan Bunda Maria dari la Antigua yang disumbangkan oleh Laksamana. Organ tersebut dibawa ke Magdeburg pada tahun 1860.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Makam yang menyimpan sisa-sisa Kristoforus Kolumbus hingga tahun 1795.
Fasad belakang Katedral Santo Domingo pada foto tahun 1899.

Arsitektur bangunan Katedral Santo Domingo bercirikan gaya Gotik dengan kubah berusuk, dinding kokoh dan tiga pintu, dua di antaranya Gotik berbeda dengan yang ketiga dan utama gaya Gotik-Plateresque.

Katedral ini berisi kekayaan artistik yang sangat besar yang terdiri dari meja altar, lukisan (termasuk panel Perawan la Altagracia tertanggal 1523), lemari tua, furnitur, monumen dan batu nisan, di antara benda-benda lainnya. Makam para uskup agung pada masa kolonial menonjol, dan patut juga disebutkan batu nisan Simón Bolívar, salah satu pendahulu Liberator.

Jenazah Christopher Columbus ditempatkan di katedral untuk sementara waktu, yang dipindahkan pada tahun 1795 ke Katedral Havana dan akhirnya, antara tahun 1898 dan 1899, ke Katedral Sevilla.[4]

Tahta keuskupan agung yang berharga, dalam gaya Plateresque, berasal dari tahun 1540. Itu adalah bagian dari paduan suara yang lebih rendah, dibongkar pada akhir abad terakhir untuk menempatkan monumen marmer tempat jenazah Christopher Columbus disimpan.

Katedral ini dibangun dengan batu berkapur, meskipun beberapa dinding terbuat dari batu dan batu bata, dan memiliki dua belas kapel samping, tiga bagian tengah bebas, dan satu bagian tengah utama. Atap nave tengah dibuat miring. Nave samping terdiri dari ribbed vault yang menghadap ke luar, seolah-olah itu adalah kubah setengah bola. Panjang terbesar basilika adalah 54 m dari bagian tengah tengah hingga bagian bawah presbiteri. Lebar ketiga bagian tengahnya adalah 23 m. Ketinggian tertinggi dari lantai hingga kubah mencapai 16 meter, dan luas bangunan melebihi 3.000 meter persegi. Empat belas kapel samping dibangun sepanjang sejarah katedral.

Lingkungan sekitar katedral dirumuskan dalam tiga ruang independen, di sebelah utara Plaza de Armas, atrium berbenteng seperti ruang depan yang menandai pintu masuk utama kompleks keagamaan. Di selatan, biara disebut Plazoleta de los Curas. Lampiran di sekitar halaman memungkinkan sebuah lorong yang disebut Callejón de Curas.

Orang-orang terkenal yang dikuburkan di Katedral Santo Domingo[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Interior[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Kota Kolonial Santo Domingo". situs web Pusat Warisan Dunia UNESCO. 
  2. ^ a b "Basilica Katedral Santa María la Menor". 5albemarleway.co.uk. 
  3. ^ "BENEDICTUS PP. XV - LITTERAE APOSTOLICAE - INTER AMERICAE". Situs web Vatikan. 
  4. ^ Europa Press (2006). "Los restos de Colón de la Catedral de Sevilla son auténticos, según los investigadores de Granada". El Mundo (Spanyol).