Katedral Santiago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santiago
Gereja Katedral Metropolitan Santo Yakobus di Santiago de Chile
Spanyol: Catedral Metropolitana de Santiago
Katedral Santiago
LokasiSantiago de Chile
NegaraChili
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Yakobus
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekJoaquín Toesca dan Ignacio Cremonesi
Gayaneo-Gotik
Peletakan batu pertama1748
Selesai1906
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Santiago de Chile

Katedral Metropolitan Santiago (Spanyol: Catedral Metropolitana de Santiago) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Santiago de Chile, ibu kota negara Chili. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Uskup agung Keuskupan Agung Santiago de Chile dan sekaligus menjadi gereja utama bagi Gereja Katolik di Chili. Katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Terletak di komune Santiago, di depan Plaza de Armas. Ansambel arsitektur katedral terdiri dari Istana Uskup Agung, Paroki del Sagrario, dan katedral itu sendiri. Semua bangunan ini dianggap sebagai monumen nasional.

Dibangun antara tahun 1748 dan 1906, dirancang oleh Joaquín Toesca dan Ignacio Cremonesi. Banyak gereja yang mendahului katedral yang ada saat ini, dan katedral yang ada saat ini adalah gereja kelima yang dibangun di situs tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Metropolitan Santiago, terletak di Plaza de Armas kota.
Katedral Metropolitan Santiago

Katedral-katedral sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Ketika mendirikan kembali kota Santiago de Chile di Inca tambo, Pedro de Valdivia menugaskan gereja Inca di sisi timur laut Plaza Walikota atau Plaza de Armas untuk pembangunan gereja, dan ketika sedang dibangun, Misa keagamaan seperti Ekaristi, dirayakan di depan pintu rumah gubernur, yang terletak di mana Kantor Pos Pusat saat ini berada. Mungkin awalnya hanya terdiri dari kapel yang terbuat dari bahan ringan, seperti jerami dan lumpur; dan setidaknya sejak tahun 1544, ada kabar bahwa misa tidak lagi dirayakan di luar ruangan, sehingga harus dibuat bangunan yang sesuai untuk melaksanakan praktik Katolik.

Antara tahun 1566 dan 1600 gereja katedral pertama dibangun. Dengan dimensi yang jauh lebih kecil dari yang sekarang, bangunan ini didekorasi dengan mewah dan ditata dalam arah utara-selatan, dengan fasadnya di Calle Catedral. Namun, nantinya, akses utamanya akan menghadap alun-alun, yang disebut "Puerta del Perdón"; Apalagi setelah terjadi kontroversi yang terjadi sekitar tahun 1600, dimana ada anggapan bahwa pintu utara harus ditutup karena tidak senonohnya rumah-rumah yang ada di depannya (karena bertetangga dan bukan bagian dari aliran sesat). Pintu itu ditutup sebagian atau seluruhnya sampai kehancurannya pada tahun 1769.

Pada tanggal 13 Mei 1647, gempa bumi mempengaruhi wilayah tengah Kapten Jenderal Chili, menghancurkan hampir seluruh kota Santiago beserta katedralnya. Namun, bagian tengah katedral bertahan dari serangan tersebut, meskipun sagrarionya runtuh dan barang-barangnya baru dapat diselamatkan beberapa hari kemudian. Berkat inisiatif Uskup Gaspar de Villarroel, lukisan itu segera diperbaiki, meski tidak lama. Pada tahun 1657, gerakan telurik baru hampir seluruhnya menghancurkan strukturnya, dan rekonstruksi kedua harus dilakukan antara tahun 1662 dan 1687.

Proyek Uskup González[sunting | sunting sumber]

Gempa Valparaíso tahun 1730 sekali lagi meretakkan struktur katedral, sehingga menunjukkan bahwa perbaikan yang dilakukan empat dekade sebelumnya tidak ada gunanya. Ditambah lagi dengan banyaknya kecelakaan yang mempengaruhi struktur tersebut. Oleh karena itu, pada tahun 1746, Uskup Juan González Melgarejo mempertimbangkan agar gereja tersebut direnovasi secara keseluruhan.

Rencana untuk katedral baru ini merupakan karya Pedro Vogl dan Juan Hagen, dua anggota Masyarakat Yesus, asal Bavaria, yang mengirimkan proyek mereka ke Spanyol untuk mendapatkan persetujuan kerajaan pada tahun 1753. Namun, pekerjaan tersebut sudah selesai. dimulai pada tahun 1748. Setelah Vogl dan Hagen, Matías Vásquez de Acuña dan Francisco Antonio de Barros melanjutkan sebagai direktur karya tersebut. Yang terakhir ini mempunyai waktu pengerjaan yang singkat, karena pada tahun 1779 arsitek Italia Joaquín Toesca muncul untuk mengarahkan pembangunannya.

Uskup González memperoleh properti di sebelah katedral, di sudut jalan Catedral dan Bandera saat ini, milik keluarga Pineda Bascuñán; dan memutuskan untuk menempatkan kaki (Altar) bangunan baru di Bandera dan bagian depan berbentuk bujur sangkar, dengan panjang 100 meter, mengubah arah yang semula diatur oleh Valdivia pada abad ke-16. Agar tidak terpaksa menghancurkan gereja lama, dan untuk dapat terus merayakan ibadah keagamaan, González memerintahkan pekerjaan dimulai di bagian baru. Pada tanggal 1 Juli 1748, peletakan batu pertama gedung baru dilakukan.

González menyumbangkan 55.512 peso dengan 4 1/2 reales untuk pekerjaan tersebut, dan penggantinya Manuel de Alday dengan lebih dari 160.000 peso. Kerajaan, pada tahun 1788, telah menyumbangkan 97.994 peso dengan 3 1/2 real. Untuk tahun itu, 390.235 peso dengan 5 dan 1/8 real telah dihabiskan untuk katedral, yang hampir dua pertiganya telah selesai dibangun. Setelah itu mereka menghabiskan 48.964 peso dengan 2 1/3 reales untuk pekerjaan tersebut, totalnya 456.772 peso dengan 8 dan 3 reales di katedral.

Kebakaran tahun 1769[sunting | sunting sumber]

Pada malam tanggal 22 Desember 1769, terjadi kebakaran yang menghancurkan seluruh katedral lama, kemungkinan karena minyak dari lampu yang menerangi Sakramen Mahakudus tumpah ke suatu benda yang mudah terbakar. Diiringi gemuruh lonceng gereja-gereja lain, masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi kejadian, namun sudah terlambat: hanya gambar Perawan Dukacita yang selamat dari kejadian tersebut, yang terletak di Puerta del. Perdon. Selain Untuk ini, menurut Vásquez de Acuña, sebagian lelehan perak dan emas terselamatkan berkat api.

Layanan keagamaan untuk sementara dipindahkan ke Gereja la Compañía, yang bertanggung jawab atas Religius Mercedarian sebagai hasilnya pengusiran Jesuit dari Amerika baru-baru ini.

Namun, keadaan inilah yang mempercepat pekerjaan pada katedral. Pada bulan Desember 1775, sebagian dari gereja baru difungsikan, dan pelayanan keagamaan dipindahkan ke sana.

Proyek oleh Joaquín Toesca untuk fasad katedral. Piring berwarna, litografi tahun 1780.

Katedral Neoklasik Toesca dan Cremonesi[sunting | sunting sumber]

Katedral Santiago dan Plaza de Armas pada tahun 1870.[1]
Istana Uskup Agung dan katedral (dengan satu menara), Santiago de Chile (1891), oleh Harper's Weekly.
Katedral Santiago. Foto dari tahun 1915, Cetak. Barcelona.

Pada tahun 1775, Uskup Manuel de Alday memimpin pentahbisannya. Hanya lima tahun kemudian, prelatus tersebut mempercayakan arsitek Italia Joaquín Toesca untuk mengerjakan fasad katedral dan Gereja del Sagrario. Toesca merombak rencananya, dimulai dengan mengarahkan pengerjaan pada bagian yang rusak, di samping alun-alun, dan memodifikasi sebagian kawasan yang sudah dibangun, yang memperkaya arsitektur gereja. Memaksakan Gaya Neoklasik, dan tetap bekerja selama hampir 20 tahun, Toesca menjadi arsitek terpenting dari karya katedral.

Sekitar tahun 1830 bangunan ini hampir selesai, dan pada tahun 1840, Paus Gregorius XVI mengubahnya menjadi Katedral Metropolitan, sehingga mengangkat kedudukan Santiago ke peringkat Keuskupan Agung. Perintah atau dekrit pendiriannya kemudian hilang, sehingga Paus Pius IX mengizinkan pembuatan yang baru, meninggalkan 29 September 1873 sebagai tanggal pasti. Secara total, pekerjaan ini memakan waktu hampir 80 tahun untuk diselesaikan. dan biayanya mencapai 600.000 peso.

Pada tahun 1846 pembangunan Kapel Sagrario dimulai, yang diselesaikan oleh Eusebio Chelli. Setahun kemudian, Uskup Agung Rafael Valentín Valdivieso menugaskan Alexander Caldcleugh, teman mantan bendahara Katedral untuk membeli organ yang layak untuk gedung katedral, sementara Kongres Nasional menyetujui anggarannya. Pada bulan November 1849, organ Itu tiba di Valparaíso dengan perahu, dan untuk penempatannya sebuah paduan suara harus dibangun di atas pintu utama katedral, yang pada periode pertama diperkuat oleh empat belas pilar besi Inggris yang disusun di bawahnya. .

Pada akhir abad ke-19, Uskup Agung Mariano Casanova memerintahkan serangkaian modifikasi yang mengubah Katedral menjadi bangunan seperti yang ada saat ini. Casanova telah memutuskan untuk menyelesaikan pembangunan katedral secara menyeluruh, jadi dia menyewa Ignacio Cremonesi dan pengerjaannya dimulai pada tahun 1898. Desain Cremonesi terinspirasi oleh Tuscan atau gaya Romawi. Dalam transformasinya, batu ditutupi dengan plesteran dan langit-langit kayu digantikan oleh langit yang dilukis dengan pemandangan berbentuk kotak. Paduan suara ini awalnya direncanakan berada di pilar tingkat kedua dan di luar lengkungan. Namun, ini berarti kursi tersebut berada di sepuluh baris kursi terakhir, sehingga ide tersebut dibatalkan. Pilihan kedua, dan sudah pasti ditinggalkan, adalah membiarkannya di bawah lengkungan, yang akan meningkatkan ukuran paduan suara secara signifikan namun secara signifikan membatasi kapasitas suara organ.

Pada tanggal 5 Mei 1906, Casanova akhirnya dapat menguduskan gereja yang telah dimodifikasi tersebut. Di dalam, gereja terdiri dari tiga bagian tengah: dua bagian samping dan satu bagian tengah yang lebih tinggi. Cremonesi juga menambahkan dua menara pada fasadnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja induk terdiri dari tumbuhan dengan tiga bagian tengah. Lebarnya 45 meter dan panjangnya dari fasad hingga pintu yang menghadap jalan Bandera sekitar 100 meter. Ini memberikan luas sekitar 4500 meter persegi.

Panti Umat Tengah[sunting | sunting sumber]

Pemandangan panti umat utama.

Di bagian tengah tengah, altar utama tua menonjol di bagian bawahnya, dimahkotai dengan ciborium marmer yang melestarikan salib di dalamnya, dimahkotai oleh elang dan dijaga oleh malaikat, yang dibangun di Munich pada tahun 1912, di mana misa dirayakan hingga saat itu, antara tahun 1960an dan 1970an, di keuskupan agung Kardinal Raúl Silva Henriquez, sebuah altar kayu bergerak dibuat untuk merayakan Misa menghadap kota, tetapi karena tidak ada sangat layak untuk lingkungan sekitar, di depannya ditempatkan bagian depan berwarna perak sepanjang 3 meter. Altar ini direnovasi dan dimodifikasi antara tahun 2005 dan 2006, dalam pekerjaan yang melibatkan renovasi total presbiteri dan renovasi total ruang bawah tanah uskup agung. Altar bergerak diganti dengan altar tetap, bagian depan altar bergerak diperuntukkan bagi Kapel Sakramen Mahakudus, dan perbaikan struktural dilakukan pada pastoran.

Sebuah ambon atau mimbar kayu berbentuk elang mendahului altar, menaiki tangga pastoran. Di sebelah kirinya, di atas pilaster, terdapat salib besar, sumbangan dari Paus Pius XI. Berikutnya adalah kursi kayu berukir, tempat para pastor yang membentuk Dewan Metropolitan berada. Di tengah lengan kiri pastoran, di bawah kanopi kayu, terdapat kursi (tahta kayu tempat Uskup Agung duduk selama Misa). Tepat pada pilaster yang terletak di depan kanopi kursi, terdapat lukisan besar yang memperlihatkan lambang Uskup Agung yang sedang menjabat.

Di tengah-tengah presbiteri terdapat altar tetap yang baru, terbuat dari balok granit halus, dijaga oleh satu set salib dan enam tempat lilin perak, seperti yang diperlukan untuk Misa Kepausan. Di belakang altar baru terdapat tempat tinggi yang lama. altar, telah disebutkan. Di ujung kompleks, di sebelah altar tua di sisi kanan, terdapat paduan suara organ, organ pipa yang dibuat oleh Jesuit Jerman dari Calera de Tango pada tahun 1754, dan masih digunakan. Di bagian tengah tengah, mimbar kayu berukir dari abad ke-19 juga menonjol.

Di dinding apse itu sendiri, di bagian atas terdapat apa yang bisa kita sebut sebagai altar utama, dikepalai oleh gambar kayu Maria Diangkat ke Surga, santo pelindung katedral, dikelilingi oleh malaikat dan sinar perunggu. , dijaga oleh gambar Santo Rasul Yakobus Agung (pelindung kota dan keuskupan agung) dan Santo Mawar Lima, juga di kayu. Di bawah altar ini terdapat jendela yang menerangi ciborium atau manifestor tempat salib berada, dan memenuhi bagian tengah dengan cahaya. Di kaki, ada gambar Santo Fransiskus Xaverius yang sedang berbaring. Pada sisinya terdapat dua pintu yang menghadap jalan Bandera, membentuk fasad belakang sederhana.

Sebaliknya, pada bagian paduan suara yang terletak di atas pintu utama, terdapat organ pipa besar buatan rumah Flight & Son di London. Sejak tahun 1980an, kapasitas suaranya benar-benar nihil.

Ruang bawah tanah[sunting | sunting sumber]

Di bawah lempengan pastoran terdapat ruang bawah tanah archiepiscopal, tempat para uskup agung Santiago biasanya dimakamkan. Dulunya ruang bawah tanah adalah tempat yang gelap dan rusak, namun atas prakarsa Kardinal Carlos Oviedo Cavada, sebuah proyek disusun untuk membangun ruang bawah tanah baru di bawah altar utama, yang lebih layak untuk melestarikan sisa-sisa para wali gereja. Direnovasi pada tahun 2005, saat ini memiliki tampilan modern dan tenang, dipimpin oleh seorang Kristus kolonial dalam sikap penyaliban dan sebuah altar granit kecil. Di sisinya, di dinding, terdapat relung tempat beberapa uskup dan uskup agung Santiago beristirahat. Selain para uskup diosesan dan uskup agung, masih ada wali gereja lainnya, seperti nuncio apostolik, Monsignor Aldo Laghi, yang satu-satunya nunciaturnya adalah Chile, ditahbiskan menjadi uskup pada tanggal 18 September (dipilih olehnya sebagai penghormatan kepada Chile), dan meninggal di negeri ini sesuai keinginannya.

Di belakang altar utama lama, terdapat ruang bawah tanah sipil Diego Portales dan José Tomás Ovalle.

Bagian tengah kanan[sunting | sunting sumber]

Di bagian tengah kanan, terdapat makam tokoh-tokoh besar dalam sejarah negara itu, para uskup pertama dan tokoh-tokoh aristokrasi Criollo.

Di sebelah kanan pintu Plaza de Armas terdapat monumen dan amphora marmer tempat penyimpanan hati para perwira Chili yang terbunuh dalam Pertempuran La Concepción pada tahun 1882. Bergaya neo-Gotik dan marmer putih, dan diresmikan pada tahun 1912. Di sebelah pintu Calle Catedral terdapat batu nisan kayu berukir untuk mengenang Carrera bersaudara (Javiera, Juan José, José Miguel dan Luis Carrera), yang makamnya masih belum berlokasi di dalam gedung katedral. Yang juga patut diperhatikan di bagian tengah ini adalah makam Monsinyur José Antonio Martínez de Aldunate, Uskup terpilih Santiago dan Wakil Presiden Dewan Pemerintahan Nasional Pertama; dan Monsinyur Joaquín Larraín Gandarillas, pendiri dan rektor pertama Universitas Katolik Kepausan Chili, di dalam sarkofagus perunggu.

Di bagian ini terdapat delapan altar samping yang didedikasikan untuk:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]