Katedral Roermond

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Roermond
Gereja Katedral Santo Kristoforus di Roermond
Belanda: Sint-Christoffelkathedraal
Katedral Roermond
LokasiRoermond
NegaraBelanda
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiKristoforus
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaGotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Roermond

Katedral Roermond atau yang bernama resmi Katedral Santo Kristoforus (Belanda: Sint-Christoffelkathedraal) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Roermond, Belanda. Katedral ini merupakan gereja utama yang menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Roermond. Gereja ini didedikasikan untuk Santo Kristoforus.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di alun-alun pasar, dekat sungai Meuse dan benteng Meuse, di jalan bawah tanah untuk pejalan kaki menuju ke outlet Centre.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Christoffelkerk, yang dimulai pada tahun 1410 dan awalnya dirancang sebagai basilika di atas denah berbentuk salib, dimaksudkan untuk menggantikan gereja paroki yang lebih tua di luar tembok kota Roermond. Abad ke-15 rencana bangunan diubah; paduan suara diselesaikan sebagai aula tiga lorong, bagian tengah dibangun dengan lima bagian tengah. Bangunan ini selesai dibangun pada abad ke 16. Pada tahun 1661 gereja ini ditingkatkan statusnya menjadi gereja uskup Keuskupan Roermond, yang didirikan pada tahun 1559. Bangunan tersebut dilengkapi dengan kaca patri karya seniman Belanda Joep Nicolas.

Pada Perang Dunia II gereja mengalami kerusakan parah ketika pasukan Jerman meledakkan menara setinggi 78 meter yang dibangun di bagian barat bagian tengah kota pada hari sebelum kota tersebut dibebaskan oleh pasukan Sekutu. dikembalikan ke bentuk semula setelah perang. Gempa bumi di daerah Roermond pada tahun 1992 menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Renovasi baru yang menyeluruh dilakukan pada tahun 2005 hingga 2007.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]