Katedral Pietrasanta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Pietrasanta
Katedral Santo Martinus
bahasa Italia: Collegiata di San Martino
Katedral Pietrasanta
LokasiLucca, Toskana
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja kolegiat, paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Lucca

Katedral Pietrasanta yang bernama resmi Gereja Kolegiat Santo Martinus (bahasa Italia: Collegiata di San Martino; Duomo di Pietrasanta) adalah sebuah gereja kolegiat Katolik yang terletak di Pietrasanta, di wilayah Toskana, Italia. Gereja ini adalah gereja utama atau duomo kota. Gereja ini pertama kali disebutkan pada tahun 1223, dan kemudian diperluas pada tahun 1330 dan pada tahun 1387 ketika Paus Urbanus VI memasang kolam pembaptisan di gereja.[1]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Fasadnya dilapisi marmer putih. Di atas tiga portal terdapat lunette dengan adegan Kehidupan Kristus. Di transept kanan ada portal lain dengan St. Yohanes Pembaptis, karya abad ke-14 oleh Bonuccio Pardini. Lambang pada fasad utama merupakan kenangan akan dominasi Genoa dan Florentine, tetapi ada juga salah satu dari Paus Leo X. Marmer jendela mawar dikaitkan dengan Riccomanno Riccomanni (abad ke-14).

Menara Lonceng setinggi 36 m ini memiliki tampilan bata sederhana, namun pada awalnya juga dilapisi dengan pelat marmer. Selesai pada akhir abad ke-15 hingga awal abad ke-16 oleh arsitek Florentine Donato Benti. Di bagian dalam ada tangga helicoidal yang aneh.

Baptisterium (1786) awalnya merupakan pidato abad ke-17 yang didedikasikan untuk Santo Hyasintus. Ini berisi dua kolam pembaptisan dari tahun 1385 dan 1612.

Bagian tengah.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Gereja ini menggunakan rancangan salib Latin dengan sebuah bagian tengah, dua lorong, dan sebuah transept. Sebagian besar dekorasinya berasal dari masa pemerintahan Christina, Grand Duchess of Tuscany, yang pada tahun 1627 menugaskan restorasi Collegiata kepada seniman Florentine, yang menyediakan altar dan patung devosional berukuran besar. Seniman termasuk pelukis Matteo Rosselli, Francesco Curradi, Jacopo Vignali, Pietro Dandini, Bastiano Bitozzi, Jacopo Chiavistelli, dan Alessandro Cominotti , dan pematung Giovan Battista Stagi, Stagio Stagi dan Ferdinando Tacca.

Mimbar marmernya berasal dari tahun 1508, oleh Benti dan Lorenzo Stagi, sedangkan dinding dan langit-langitnya dilukis oleh Luigi Ademollo pada tahun 1823-1825. Kubah ini awalnya berbentuk segi delapan (1453), tetapi dibangun kembali dengan denah melingkar pada tahun 1820.

Di kapel transept kanan terdapat peninggalan terhormat dari Madonna del Sole ("Madonna of the Sun"), sebuah lukisan dari seniman Gotik Akhir tanpa nama, bertanggal 1424.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]