Katedral Pescina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Pescina
Katedral Santa Maria dari Berkat
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria delle Grazie
Katedral Pescina
LokasiPescina
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Avezzano

Katedral Pescina (bahasa Italia: Duomo di Pescina; Concattedrale di Santa Maria delle Grazie) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Pescina, Abruzzo, Italia, didedikasikan kepada Perawan Maria yang Terberkati dengan gelar "Santa Maria dari Berkat".

Sejak akhir abad ke-16, tempat ini merupakan kursi keuskupan Keuskupan Marsi, digantikan pada tahun 1924 oleh Keuskupan Avezzano, ketika kursi keuskupan dipindahkan ke Katedral Avezzano, sejak saat Katedral Pescina telah menjadi kon-katedral keuskupan baru.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun pada abad ke-15. Sejak tahun 1526 ruang bawah tanah telah menampung relik Yang Terberkati Berardo dei Marsi. Pada tahun 1915, bangunan ini rusak akibat gempa bumi di Avezzano dan lagi selama Perang Dunia II, setelah itu bangunan tersebut diperbaiki kembali.

Gereja itu sendiri memadukan berbagai gaya arsitektur. Fasad Renaisans dihiasi dengan jendela mawar yang besar. Basisnya dihiasi dengan serambi dan tiga portal. Interiornya memiliki tiga bagian tengah, Renaisans dan Barok, dan mempertahankan beberapa lukisan dinding abad pertengahan. Menara lonceng adalah menara besar tiga lantai, yang menampung lonceng kuno, yang didedikasikan untuk Berardo dei Marsi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]