Katedral Avezzano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Avezzano
Katedral Santo Bartolomeus Rasul
bahasa Italia: Cattedrale di S. Bartolomeo Apostolo
Katedral Avezzano
LokasiAvezzano
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Avezzano

Katedral Avezzano (bahasa Italia: Cattedrale di Avezzano; Cattedrale di San Bartolomeo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Avezzano, Abruzzo, Italia.[1] Terdapat gereja-gereja di lokasi tersebut sejak abad ke-11 namun gempa bumi berulang kali menghancurkannya mereka; katedral yang sekarang dibangun setelah gempa bumi besar tahun 1915.

Sejak tahun 1924, katedral ini menjadi tahta uskup di Keuskupan Avezzano, menggantikan bekas Keuskupan Marsi dan tahta uskupnya di Katedral Pescina, yang sejak saat itu menjadi katedral bersama di keuskupan baru.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setidaknya ada empat gereja yang didedikasikan untuk rasul Bartolomeus yang dibangun dalam sejarah kota Avezzano. Semuanya harus menghadapi gempa bumi yang telah menghancurkan wilayah tersebut.[2]

Sebuah gereja kuno kemungkinan awalnya didedikasikan untuk St. Anthony the Abbot dan kemudian St.Bartholomew dibangun sekitar tahun 1000. Selama abad ke-12, bangunan ini menerima gelar dari Raja Sisilia, William II kapel kerajaan.

Gereja, yang sebagian hancur akibat gempa bumi tahun 1349, dibangun kembali dan diperbesar dengan gaya Renaisans pada abad ke-16. Pada tahun 1572, ia menerima gelar gereja perguruan tinggi. Struktur abad ke-16 rusak parah akibat gempa bumi 1654 dan 1703. Dibangun kembali setelah itu, hancur total akibat gempa Avezzano 1915.

Pada tahun 1930, pengerjaan gedung baru, yang terletak di posisi berbeda di pusat kota, diprakarsai oleh Uskup Marsi Pio Marcello Bagnoli, insinyur Rodolfo Stoelcker, dan arsitek Sebastiano Bultrini.[3] Namun, proyek tersebut terhenti karena kekurangan dana. Setelah Benito Mussolini mengunjungi Avezzano pada tanggal 11 Agustus 1938, dana yang diperlukan untuk melanjutkannya ditemukan, dan pembangunan gereja selesai dalam waktu sekitar tiga tahun. Keuskupan tersebut ditahbiskan pada tanggal 22 Januari 1942, menjadi gereja induk dari keuskupannya, Keuskupan Marsi, yang kursinya telah dipindahkan ke Avezzano pada tahun 1924 dengan banteng Quo aptius dari Paus Pius XI.

Katedral baru ini rusak akibat pengeboman udara pada tahun 1944, namun kini telah dipugar.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cattedrale di S. Bartolomeo Apostolo, Avezzano, L'Aquila, Italia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-12. 
  2. ^ "Avezzano - Cattedrale di San Bartolomeo". webmarsica.it. Diakses tanggal 23 Oktober 2022.  (dalam Italia)
  3. ^ Ciranna, Simonetta dan Montuori, Patrizia; Tempo, ruang dan arsitektur. Avezzano, cento anni o poco più, Roma: Artemide, 2015. hlm.112-114. (dalam bahasa Italia)
  4. ^ "Cattedrale - Avezzano : Chiesa di San Bartolomeo - 009". beweb.chiesacattolica .it. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 November 2021. Diakses tanggal 23 Oktober 2022.  (dalam bahasa Italia)