Katedral Montréal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Montréal
Katedral Basilika Maria Ratu Dunia dan Santo Yakobus
Prancis: Marie-Reine-du-Monde
Inggris: Mary, Queen of the World Cathedral
Katedral Montréal
Katedral Montréal di Kanada
Katedral Montréal
Katedral Montréal
45°29′57.10″N 73°34′6.10″W / 45.4991944°N 73.5683611°W / 45.4991944; -73.5683611Koordinat: 45°29′57.10″N 73°34′6.10″W / 45.4991944°N 73.5683611°W / 45.4991944; -73.5683611
Lokasi1085 De la Cathédrale street
Montreal, Quebec
H3B 2V3
NegaraKanada
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor
Status fungsionalAktif
GayaRenaissance, Baroque
Peletakan batu pertama1875
Selesai1894
Spesifikasi
Panjang1.015 meter (3.330 ft)
Lebar4.572 meter (15.000 ft)
Tinggi768 meter (2.520 ft) (cupola)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Montreal
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Christian Lépine
Jumlah ImamRomo Willy Junius
Pendeta PembantuRomo Allain Vaillancourt
Nama resmiMarie-Reine-du-Monde Cathedral National Historic Site of Canada
DitetapkanMarch 28, 2000

Katedral Montréal atau secara lengkap Katedral Basilika Maria Ratu Dunia dan Santo Yakobus (Inggris: Mary, Queen of the World dan St. James the Great Cathedral) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Montreal, Quebec, Kanada. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Montreal. Katedral ini adalah gereja terbesar ketiga di Quebec setelah Oratorium Santo Yosef (juga di Montreal) dan Basilika Sainte-Anne-de-Beaupré di sebelah timur Kota Quebec. Bangunan ini memiliki panjang 101 m (333 kaki), lebar 46 m (150 kaki), dan tinggi kubah maksimum 77 m (252 kaki), dengan diameter 23 m. (75 kaki).

Gereja ini terletak di 1085 Cathedral Street di sudut René Lévesque Boulevard dan Metcalfe Street, dekat stasiun metro Bonaventure dan Stasiun Pusat di pusat kota Montreal. Tempat ini dan bangunan utama Keuskupan Agung yang terhubung membentuk sisi timur Place du Canada, dan menempati posisi dominan di Dorchester Square.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemberkatan batu pertama yang digunakan untuk membangun katedral, c. 1870

Pembangunan katedral ini diperintahkan oleh Mgr. Ignace Bourget, uskup kedua Montreal, menggantikan bekas Katedral Saint-Jacques yang terbakar pada tahun 1852. Pilihannya untuk membuat model skala Basilika Santo Petrus di Vatikan adalah sebagai respons terhadap persaingan dengan ordo Sulpician yang pernah menjadi penguasa feodal di Montreal, dan dengan Gereja Anglikan, yang keduanya mendukung Gaya Neo-Gotik sebagai gantinya. Situs tersebut juga memicu kontroversi karena lokasinya di bagian barat pusat kota, di lingkungan yang saat itu mayoritas penduduknya berbahasa Inggris, jauh dari rumah para pengunjung gereja Prancis-Kanada.

Arsitek pertama, Victor Bourgeau, menolak proyek tersebut setelah mempelajari Basilika Santo Petrus, dengan mengatakan bahwa proyek tersebut tidak dapat direproduksi dalam skala yang lebih kecil. Pada saat itu, Takhta Suci dan Negara Kepausan diancam oleh pasukan nasionalis Victor Emmanuel II, raja Piedmont, yang berusaha menguasai seluruh Italia. Uskup Bourget yang tidak terpengaruh bereaksi terhadap peristiwa ini dengan mengirimkan total 507 Zouave Kanada untuk mempertahankan wilayah Kepausan di Italia, yang namanya terukir dalam huruf emas pada lempengan marmer di katedral. Motto mereka adalah: "Cintai Tuhan dan jalani jalanmu." Lukisan yang menggambarkan Kolonel Athanase de Charette, komandan Kepausan Zouaves, dibuat pada tahun 1885 oleh Lionel Royer. Pdt. Joseph Michaud, pastor dari sukarelawan Papal Zouave di Montreal, dikirim ke Roma untuk diam-diam membuat model skala untuk dikerjakan.

Pekerjaan dimulai pada tahun 1875 dan gereja baru ditahbiskan pada tahun 1894 sebagai Katedral Santo Yakobus,[1] setelah Yakobus, pelindung paroki yang dilayani gereja. Pada saat itu, itu adalah gereja terbesar di Quebec. Gereja ini dijadikan basilika minor pada tahun 1919 oleh Paus Benediktus XV. Gereja ini didedikasikan kembali pada tahun 1955 kepada Maria, Ratu Dunia, oleh Paus Pius XII atas permintaan kardinal Paul-Émile Léger. (Paus telah menyatakan gelar ini untuk Maria dalam ensikliknya tahun 1954 Ad caeli reginam.)

Antara tahun 1955 dan 1960, beberapa pekerjaan restorasi dilaksanakan. Pada tanggal 28 Maret 2000, katedral ini ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada.[2][3]

Pada 2003, lapangan terbuka katedral dan narteks telah mengalami rekonstruksi yang signifikan. Patung luar Uskup Ignace Bourget dibersihkan dan dipulihkan pada tahun 2005.

Desain[sunting | sunting sumber]

Kapel[sunting | sunting sumber]

Baptsiterium[sunting | sunting sumber]

Sebuah kapel kecil didedikasikan untuk upacara baptisan. Kolam pembaptisan marmer dipasang pada plesteran salib yang dipahat oleh Louis-Philippe Hébert.

Kapel kamar mayat Uskup[sunting | sunting sumber]

Kapel kamar jenazah uskup terletak di dinding timur katedral.

Kapel pemakaman, selesai dibangun pada tahun 1933, terletak di dinding timur bangunan, di sebelah timur bagian tengah, di tengah-tengah antara pintu masuk utama dan altar di tengah. Makam Mgr. Bourget, sebuah karya seni yang dibuat di Roma, terletak di tengah. Jenazah uskup yang tergeletak di ruang bawah tanah di bawah salah satu pilar katedral dipindahkan ke makamnya pada tanggal 27 April 1933. uskup tituler dimakamkan di sisi barat dan uskup auksilier berada di sisi timur.

Dinding dan lantainya terbuat dari marmer yang diimpor dari Italia dan menampilkan beberapa mosaik. Plakat perunggu di atas altar menggambarkan Basilika Santo Petrus di Vatikan.

Karena katedral kehabisan ruang untuk menguburkan uskup pembantu, kapel kedua dibangun di samping kapel asli pada tahun 2005. Di sini, 15 kubah tambahan telah disiapkan.

Kapel Diangkat ke Surga[sunting | sunting sumber]

Kapel ini, juga dikenal sebagai Kapel Pernikahan, terletak di sisi barat bagian tengah (di seberang Kapel Uskup). Karya seni ini menampilkan altar berukir kayu, dihiasi dengan daun emas dan dibingkai lukisan yang menggambarkan Asumsi Perawan Maria. Itu dibuat sekitar tahun 1635 di Biara Benediktin di Bellelay, Swiss oleh seorang biarawan Spanyol. Ketika para biarawan terpaksa pergi selama pembalasan agama, pasukan pendudukan Perancis menjual semua perabotan berharga di Biara. Pada awal abad ke-20, arsitek-konservator Austria Rodolphe Messmer menemukan altar di gereja Suarce, Prancis dan memperolehnya. Pada tahun 1994, Bruno Messmer menyumbangkannya kepada Keuskupan Agung Montreal.

Pada tahun 1957, Kardinal Paul-Émile Léger menyerahkan kapel tersebut kepada Ordo Malta. Jendela kaca patri didedikasikan untuk Ordo ini.

Siborium[sunting | sunting sumber]

Sebuah siborium neo-barok terletak di bawah kubah bangunan

Menutupi altar, yang terletak di bawah kubah, adalah siborium atau baldaquin neo-barok, dengan tiang-tiang yang berputar. Itu dibuat di Roma pada tahun 1900 oleh Joseph-Arthur Vincent dan merupakan reproduksi dari 'baldacchino' yang terkenal di Basilika Santo Petrus, yang dibuat oleh Gian Lorenzo Bernini.

Ini sepenuhnya buatan tangan dan dibuat dari tembaga merah dan daun emas. Malaikat, karangan bunga, dan lambang kepausan dipahat antara tahun 1910 dan 1911 oleh Olindo Gratton. Karya seni ini merupakan sumbangan ke katedral oleh Sulpicians.

Organ Besar[sunting | sunting sumber]

Dibangun oleh Casavant Frères, organ ini diresmikan pada tanggal 22 September 1893. Saat itu, terdiri dari 56 stops pada tiga manual dan a papan pedal. Pada tahun 1951 organ tersebut memerlukan pemeliharaan, setelah itu diputuskan untuk membangun kembali seluruh organ. Sekali lagi, Casavant Frères dipilih untuk pekerjaan itu, dan mereka menambahkan 20 pemberhentian dan sebuah manual.

Pada tahun 1995–1996, instrumen tersebut dipulihkan oleh Guilbault-Thérien dari Saint-Hyacinthe. Beberapa penambahan lagi dilakukan, sehingga kini organ tersebut berjumlah total 93 stops, empat manual dan satu pedal board.

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Lukisan Misa pertama yang dirayakan di Rivière-des-Prairies oleh Romo Denis Jamet. Lukisan itu adalah salah satu dari beberapa lukisan yang terletak di dalam katedral.

Lorong panti umat dan lengkungan di transep berisi lukisan yang menggambarkan peristiwa sejarah di masa awal Montreal (disebut Ville-Marie di waktu). Berisi sembilan lukisan dan masih tiga ruang kosong. Lukisan-lukisan tersebut adalah:

  1. Lukisan kolonel Athanase de Charette, komandan Kepausan Zouaves di Montreal yang disebutkan di atas. Karya oleh Lionel Ryder.
  2. Marguerite d'Youville menyanyikan "Te Deum" kepada anak-anak selama kebakaran yang menghancurkan rumah sakitnya pada tanggal 18 Mei 1765. Karya oleh Georges Delfosse.
  3. Marguerite Bourgeoys mengajar murid-muridnya Amerindian pada tahun 1694 di kaki salah satu menara bersejarah di tanah milik Sulpicians. Karya oleh Georges Delfosse.
  4. Kemartiran Jean de Brébeuf dan Gabriel Lalemant di tanah Hurons. Iroquois menyiksa misionaris Jesuit, di antaranya de Brébeuf terlihat di tengah dengan tangan terikat pada tiang. Karya oleh Georges Delfosse.
  5. Pastor Barthélemy Vimont menyampaikan Misa pertama di Montreal pada tanggal 18 Mei 1642. Paul de Chomedey, Sieur de Maisonneuve dan Jeanne Mance, salah satu pendiri Montreal, terlihat menghadiri Misa. Karya Ernest Laurent ini adalah hadiah dari pemerintah Prancis kepada Paul Bruchési.
  6. Konsekrasi proyek Associates of Montreal. Pada tanggal 3 Februari 1641, pria dan wanita bangsawan, serta para pastor, yang bermimpi mendirikan kota Ville-Marie di Prancis Baru, menghadiri Misa yang dirayakan oleh Jean- Jacques Olier di Notre-Dame Paris untuk berdoa memohon perlindungan Bunda Maria atas apa yang oleh banyak orang dianggap sebagai "usaha yang bodoh". Karya oleh Georges Delfosse.
  7. Misa pertama dirayakan di Rivière-des-Prairies oleh Pastor Denis Jamet pada tanggal 24 Juni 1615. Joseph Le Caron memegang tepi kasula Jamay. Samuel de Champlain, pendiri Kota Quebec, berada di tengah. Karya oleh Georges Delfosse.
  8. Kemartiran Nicolas Viel (terlihat di perahu) dan muridnya Ahuntsic (terlihat sudah jatuh ke air) oleh tiga orang Amerika di jeram di Sault-au-Récollet. Karya oleh Georges Delfosse.
  9. Jeanne Mance, salah satu pendiri Montreal, dan perawat dari Religious Hospitallers of St. Joseph merawat anak yang sakit di rumah sakit pertama di Montreal, Hôtel-Dieu de Montréal. Karya oleh Georges Delfosse.

Patung[sunting | sunting sumber]

Di apse gereja terdapat patung Maria, Ratu Dunia, pelindung katedral, oleh Sylvia Daoust. Meniru patung 12 rasul di bagian depan Santo Petrus, katedral ini di atasnya terdapat patung santo pelindung 13 paroki di Montreal yang menyumbang untuk katedral, termasuk St. Yohanes Pembaptis dan St. Patrick. Patung-patung tersebut dipahat oleh Olindo Gratton antara tahun 1892 dan 1898 dan meliputi:

Patung para santo pelindung paroki Montreal di atas pintu masuk utama katedral

Di sebelah gereja juga terdapat monumen Ignace Bourget.

Teks[sunting | sunting sumber]

Beberapa teks dengan huruf emas menghiasi bagian dalam katedral. Karena bangunan ini awalnya didedikasikan untuk Santo Yakobus Agung (dan sampai sekarang), hal ini menjelaskan mengapa sebagian besar teks Latin merujuk pada kehidupannya.

Teks di bagian tengah meliputi:

Huruf emas menghiasi bagian dalam katedral
  • Di sisi cathedra (sisi timur): "Dia [Yakobus] adalah salah satu dari tiga Rasul yang paling dikasihi Juruselamat. Di Yudea dan Samaria dia mempertobatkan banyak orang menjadi iman Kristen." (Latin: "Is unus fuit ex tribus Apostolis, quos Salvator maxime dilexit. Di Judæa et Samaria, plurimos ad Christianam fidem perduxit.")
  • Di sisi tabernakel (sisi barat): "Dia juga mempertobatkan beberapa orang di Spanyol, di Yerusalem dia dijatuhi hukuman mati. Dia adalah pertama dari para Rasul yang memberi kesaksian tentang Yesus dengan darah-Nya." (Latin: "In Hispania aliquos convertit, Jerosolymae capite Damnatus est. Primus apostolorum profuso sanguine testimonium Jesu dedit.")

Teks yang ditampilkan dalam transept didasarkan pada Matius 20:22–23 dan saudara Yakobus dan Yohanes meminta Yesus untuk duduk di sampingnya, satu di kiri dan satu lagi di kanan, di Kerajaannya.

  • Di sisi cathedra (sisi timur): "Dan Yesus, menjawab, berkata: Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Bisakah kamu minum piala yang akan Aku minum? Mereka berkata kepadanya: Kita bisa. Dan dia memberi tahu mereka:" (Latin: "Respondens autem Iesus dixit nescitis quid petatis potestis bibere calicem quem ego bibiturus? Sum dicunt: Ei possumus. Ait illis:")
  • Di sisi tabernakel (sisi barat): "Pialaku memang harus kamu minum, tetapi duduk di kanan atau kiriku bukan untukku untuk mengabulkan, [tempat-tempat ini] adalah milik mereka yang telah dipersiapkan oleh Bapa-Ku." (Latin: "Calicem quidem meum bibetis sedere autem ad dexteram meam et sinistram non est meum dare vobis sed quibus paratum est a Patre meo.")

Dua teks lainnya, keduanya dari Matius 16:17–19, berbicara tentang panggilan Santo Petrus, kepala para Rasul. Teks-teks ini juga dapat ditemukan di bagian tengah dalam Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan.

Kubah katedral, yang menampilkan teks di dalamnya.
  • Di dalam kubah: "Kamu adalah Petrus dan di atas batu karang ini aku akan membangun Gerejaku. Dan gerbang neraka tidak akan menguasainya. Dan aku akan memberimu kunci-kunci Kerajaan Surga. (Latin: "Tu es Petrus, et super hanc petram aedificabo Ecclesiam meam, et portae inferi non praevalebunt adversus eam. Et tibi dabo claves Regni coelorum")
  • Dalam kansel dan apse: "Dan apa pun yang kamu ikat di bumi, itu akan terikat juga di Surga: Dan apa pun yang kamu lepaskan di bumi, itu akan terikat dilepaskan juga di Surga. Beri makan domba-dombaku." (Latin: "Quodcumque ligaveris super terram, erit ligatum etin coelis: et quodcumque solveris super terram, erit solutum et in coelis.")
  • Di dasar cungkup: Teks ini dipecah menjadi empat bagian fisik. Hal ini didasarkan pada Wahyu 4:8 dari Kiamat dan didedikasikan untuk kemuliaan Tuhan: "Kudus, Kudus, Kudus, Tuhan, yang ada, yang sudah ada, dan yang akan datang." (Latin: " Sanctus sanctus sanctus Dominus qui erat qui est qui venturus est.")

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]