Katedral Milan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Katedral Milano)
Katedral Milan

Katedral Milan adalah salah satu bangunan paling termasyhur di seluruh Eropa. Katedral (Duomo) ini sangat besar dan dibangun dengan arsitektur Gothik yang terletak di lapangan utama di pusat kota Milan, Italia. Duomo di Milan ini adalah katedral Katolik Roma kedua terbesar. Hanya Katedral Sevilla yang lebih besar (seperti halnya juga Basilika Santo Petrus di Roma, yang bukan berbentuk katedral). Gereja ini panjangnya 157 meter dan total 40.000 orang dapat ditampung di dalamnya dengan nyaman. Jendela-jendela yang besar dari bagian paduan suaranya terkenal sebagai yang terbesar di dunia.

Katedral ini terletak pada 45°27′51″LU,9°11′27″BT.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Piazza del Duomo dan Duomo di Milan, 1909.

Rancangan jalan Milan, dengan jalan-jalan yang memencar dari Duomo ini atau mengelilinginya, memperlihatkan bahwa Duomo ini menempati kedudukan yang paling penting di Roman Mediolanum, yakni sebagai basilika public yang menghadap ke forum. 'Basilika Baru' Santo Ambrosius dibangun di tempat ini pada permulaan abad ke-5, dengan basilika tambahan dibangun pada 836. Ketika kedua bangunan dirusakkan oleh api pada 1075, mereka dibangun kembali sebagai Duomo.

Pada 1386 uskup agung Milan, Antonio da Saluzzo, memulai proyek yang baru, dalam gaya Gothik akhir yang rayonnant yang cirinya lebih bersifat Prancis daripada Italia. Hal ini bertepatan dengan naiknya sepupu uskup agung, Gian Galeazzo Visconti ke tampuk kekuasaan di Milan, dan dimaksudkan sebagai bentuk ganjaran bagi kaum bangsawan dan kelas pekerja yang sebelumnya telah ditindas oleh pendahulu Visconti, seorang tiran, Barnabò.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]