Katedral León, Nikaragua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral León
Gereja Katedral Basilika Minor Kebangsawanan dan Terkenal dari Perawan Maria Terberkati Yang Dikandung Tanpa Noda di León, Nikaragua
Spanyol: Real e Insigne Basílica de la Asunción de la Bienaventurada Virgen María
Katedral León
LokasiLeón
NegaraNikaragua
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiDikandung Tanpa Noda
Tanggal konsekrasi1860
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekDiego José de Porres Esquivel
Tipe arsitekturgereja
GayaBarok
Peletakan batu pertama1747
Selesai1814
Administrasi
KeuskupanKeuskupan León di Nikaragua

Interior Katedral

Katedral León, juga dikenal dengan nama lengkapnya Katedral Basilika Minor Kebangsawanan dan Terkenal dari Perawan Maria Terberkati Yang Dikandung Tanpa Noda (bahasa Spanyol: Real e Insigne Basílica de la Asunción de la Bienaventurada Virgen María ), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di León, Nikaragua. Katedral ini dianugerahi status Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Nominasi situs ini merupakan landmark budaya ketiga Nikaragua, setelah reruntuhan León Viejo dan El Güegüense.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Pembangunan katedral berlangsung antara tahun 1747 dan 1814 dan ditahbiskan oleh Paus Pius IX pada tahun 1860. Katedral telah mempertahankan status sebagai katedral terbesar di Amerika Tengah dan salah satu yang paling terkenal di Amerika karena arsitekturnya yang berbeda dan kepentingan budayanya yang khusus.

Titans di pedimen katedral

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Desain arsitekturnya dikembangkan pada tahun 1762 oleh arsitek Guatemala Diego José de Porres Esquivel. Konstruksinya memadukan gaya Barok dan Neoklasikisme dengan beberapa pengaruh dari Gotik, Renaisans dan gaya Mudéjar. Dengan demikian bangunan tersebut dapat dikategorikan termasuk dalam gaya Eklektisisme.[1] Katedral ini memiliki denah persegi panjang, sejenis yang umum pada abad-abad tersebut dan mirip dengan katedral di Lima dan Cuzco, Peru. Menara dan fasadnya sebagian besar bergaya Neoklasik. Katedral ini memiliki bagian tengah dan empat lorong, sepuluh teluk melengkung dan dua menara di fasad, mengapit pedimen bundar tengah yang menandai posisi bagian tengah. Sakrarium yang menonjol mematahkan simetri persegi panjang bangunan di sisi Selatan, letaknya hampir sejajar dengan altar terbesar. Interiornya lapang dan kolom-kolomnya berbentuk salib; bagian tengah tengah dipisahkan oleh kolom-kolom dari lorong-lorong lateral dan strukturnya diakhiri dengan sebuah kubah besar di persimpangan itu. Fasadnya, yang ditinggikan di teras, memadukan pertunjukan Barok dengan gaya neoklasik. Jendelanya melengkung dan kedua menaranya memiliki kubah Cina. Karena kokohnya temboknya, katedral ini selamat dari guncangan, letusan gunung berapi Cerro Negro, dan peperangan.

Singa di fasad katedral

Tujuh terowongan dimulai di bawah gereja dan mengarah ke gereja-gereja lain di kota.[1] Gereja memiliki tujuh ruang bawah tanah; mereka memberikan stabilitas jika terjadi gempa bumi. Salah satu gudang bawah tanah ini mengarah ke terowongan yang menuju ke gereja-gereja lain di kota. Di atas tanah, gereja memiliki 34 kubah yang membantu menyediakan ventilasi dan penerangan; "bangunan ini adalah salah satu katedral dengan penerangan alami terbaik di Amerika". Orang-orang ditawari kemungkinan untuk dimakamkan di bawah katedral, membantu mendanai pembangunan dan pemeliharaan gedung.[2]

Nilai sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini memiliki nilai sejarah sebagai keuskupan Episkopal pertama dari Gereja Katolik di Nikaragua, yang didirikan pada tahun 1531 dan oleh karena itu merupakan salah satu keuskupan tertua di Amerika. Saat ini menjadi markas besar Diócesis León.

Di bawah katedral, di ruang bawah tanah yang dirancang untuk bertahan hidup gempa bumi, jenazah 27 orang bersemayam, di antaranya 10 uskup, 5 pastor, seorang pemimpin terkemuka gerakan kemerdekaan, tiga penyair, seorang musisi, enam tokoh terkemuka, dan seorang budak. .

Di sini dimakamkan orang-orang terkemuka Nikaragua, seperti Miguel Larreynaga, penyair Rubén Darío, Salomón de la Selva dan Alfonso Cortés, musisi José de la Cruz Mena, dokter Luis H. Debayle, profesor Edgardo Buitrago, uskup pertama León dan uskup terakhir seluruh Nikaragua, Monsignor Simeón Pereira, dan Uskup Castellón serta pastor Marcelino Areas.

Makam Darío, bapak gerakan Modernis dalam sastra berbahasa Spanyol dan dianggap sebagai Pangeran Sastra Kastilia, berada di kaki patung San Pablo.

Pada awal abad ke-20, Uskup, Monsinyur Simón Pereira y Castellón (yang memimpin pemakaman Darío pada 13 Februari 1916) menugaskan pematung Granadan Jorge Navas Cordonero untuk membuat patung Perawan Maria memahkotai pedimen tengah fasad, dan Atlantis di antara pedimen dan menara. Navas juga memahat patung Dua Belas Rasul Neoklasik di sebelah kolom bagian tengah tengah, singa makam Dario, sangat mirip dengan Singa Lucerne, Swiss (diukir oleh Denmark pematung Bertel Thorvaldsen, 1770–1844), patung Kristus yang menandai makam Monsignor Pereira, dan beberapa dekorasi lainnya di dalam Katedral dan Kapel Sacrarium.

Ini juga merupakan rumah bagi pecahan salib asli tempat Yesus mati.

Tokoh-tokoh terkenal yang terkubur di Katedral[sunting | sunting sumber]

Altar
  • Uskup: Diego Alvaréz de Osorio, Francisco de Mendavia dan Antonio de Valdivieso, tiga uskup pertama Nikaragua, yang jenazahnya dipindahkan dari León Viejo pada tanggal 26 Februari 2008. Juan Benito Garret y Arlovi, Domingo Antonio Zattarain, José Antonio Flores de Ribero, Juan Carlos Vílchez y Cabrera, Nicolás García Jerez, Simeón Pereira y Castellón, Agustín Nicolás Tigerino y Loáisiga dan Cesár Bosco Vivas Robelo.
  • Pastor: José Desiderio de la Quadra, Remigio Casco, Rafael Jerez (saudara pahlawan independen Máximo Jerez dan pelukis Toribio Jerez), Félix Pereira y Castellón dan Marcelino Areas.
  • Pahlawan kemerdekaan Miguel Larreynaga (1772-1847), lebih tepatnya, keturunannya, yang abunya dibawa dari Guatemala pada tahun 1970-an.
  • Para penyair: Rubén Darío (1867-1916), Salomón de la Selva (1893-1959) dan Alfonso Cortés (1893-1969).
  • Musisi José de la Cruz Mena, yang abunya dipindahkan dari Pemakaman Guadalupe pada tanggal 3 Mei 1998.
  • Terkemuka: Alfonso Ayón, Pedro Argüello, walikota León. Leocadia del Prado Arguello; dokter bijak Luis H. Debayle dan istrinya Casimira Sacasa; Profesor Edgardo Buitrago.
  • Seorang budak suci, menurut kumpulan fakta Ernesto Cardenal.

Warisan Dunia[sunting | sunting sumber]

Pemandangan katedral dari atap

Karena nilai seni, budaya, dan sejarahnya yang besar, pada tanggal 28 Juni 2011, katedral ini diangkat oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) ke kategori Situs Warisan Dunia,[4] menjadi yang kedua dalam sejarah negara ini.[5]

Dalam pernyataannya, UNESCO menggambarkan pemandangan arsitektur Nikaragua sebagai berikut:

Katedral León di Nikaragua dibangun antara tahun 1747 dan awal abad ke-19 dengan desain oleh arsitek Guatemala Diego José de Porres Esquivel. Ini mengekspresikan transisi dari arsitektur barok ke neoklasik dan gayanya dapat dianggap eklektik. Katedral ini dicirikan oleh ketenangan dekorasi interiornya dan banyaknya cahaya alami. Kubah tempat suci menghadirkan ornamen yang sangat kaya. Katedral ini memiliki karya seni penting di bagian dalamnya, termasuk altar Flemish dan lukisan 14 stasiun Via Crucis karya seniman Nikaragua Antonio Sarria.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Katedral Assumption, León". Wondermondo. 
  2. ^ "Katedral Basilika Asumsi". Emporis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2020. 
  3. ^ a b "CATEDRAL DE SAN PEDRO, LEÓN". Institute of History of Nicaragua and Central America website. 1852. 
  4. ^ Katedral Leon. Pusat Warisan Dunia. https://whc.unesco.org/es/list/1236
  5. ^ Empat situs baru masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, resmi UNESCO (28-6-2011)

Koordinat: 12°26′6″N 86°52′41″W / 12.43500°N 86.87806°W / 12.43500; -86.87806