Katedral Como

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Como
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Como
LokasiComo
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Como

Katedral Como (bahasa Italia: Cattedrale di Santa Maria Assunta; Duomo di Como) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Como, Lombardia, Italia, dan kedudukan Uskup Como. Katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral, yang terletak di dekat Danau Como, adalah salah satu bangunan terpenting di wilayah ini. Biasanya digambarkan sebagai katedral Gotik terakhir yang dibangun di Italia: konstruksi di atasnya, di lokasi katedral Romawi sebelumnya yang didedikasikan untuk Santa Maria Maggiore, dimulai pada tahun 1396, 10 tahun setelah berdirinya Katedral Milan. Pekerjaan konstruksi, dimulai di bawah pengawasan Lorenzo degli Spazzi di Laino, baru selesai pada tahun 1770 dengan selesainya kubah Rococo oleh Filippo Juvarra.[1] Bagian depan barat yang megah dibangun antara tahun 1457 dan 1498 dan dilengkapi dengan jendela mawar dan portal antara dua patung Plinius Tua dan Plinius Muda, penduduk asli Como .

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Panjangnya 87 meter, lebarnya 36 hingga 56 meter, dan tinggi puncak cungkupnya 75 meter. Ia memiliki denah lantai Salib Latin dengan bagian tengah tengah dan dua lorong samping, dipisahkan oleh pilar, dan transept Renaissance, dengan kubah megah di atas penyeberangan. Apses dan paduan suara berasal dari abad ke-16. Interiornya memiliki serangkaian sembilan permadani penting, yang ditenun pada akhir abad ke-16, di Ferrara, Firenze dan Brussels. Ada juga sejumlah lukisan abad ke-16 karya Bernardino Luini dan Gaudenzio Ferrari.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Como Cernobbio e Brunate, hal. 16

Pranala luar[sunting | sunting sumber]