Katedral Ciutadella de Menorca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ciutadella de Menorca
Basilika Katedral Santa Maria
Spanyol: Catedral de Santa María de Ciudadela
Katedral Ciutadella de Menorca
LokasiCiutadella de Menorca
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Menorca

Katedral Ciutadella de Menorca yang bernama resmi Basilika Katedral Santa Maria (Spanyol: Catedral de Santa María de Ciudadela) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Ciutadella de Menorca, di pulau Menorca, di Kepulauan Balearik, Spanyol. Bangunan ini dibangun atas perintah Raja Alfonso III dari Aragon "si Liberal", penakluk pulau itu, pada tahun 1287 di lokasi masjid tua.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konstruksi dimulai pada tahun 1300 dan selesai pada tahun 1362, menciptakan sebuah bangunan bergaya Gotik Catalan, dan terkenal karena lebar bagian tengah, diapit oleh enam kapel di setiap sisinya. Apse bersisi lima berorientasi ke timur.

Setelah penodaan dan penghancuran katedral oleh Kekaisaran Utsmaniyah Turki di bawah Laksamana Armada Utsmaniyah Pialí Bajá pada tahun 1558 dan runtuhnya kubah apse pada tahun 1626, kerusakan tersebut segera diperbaiki seperti aslinya. gaya.

Pada tahun 1795, dengan pemulihan keuskupan lama Menorca (yang telah ada pada awal abad ke-5), gereja paroki Ciutadella menjadi katedral keuskupan yang baru.

Di bawah kepemimpinan Uskup Juano, fasad utama dibangun kembali pada tahun 1813 dengan gaya neoklasik, kontras dengan gaya bangunan Gotik, sedangkan pintu samping yang dipugar disebut Porta de la Llum ("Portal Cahaya") mempertahankan beberapa ornamen abad pertengahan nya.

Di bagian dalam, kapel Angelus bergaya barok berasal dari awal abad ke-17 dengan tiang-tiang berukir indah.

Katedral ini dijarah dan dinodai pada hari-hari pertama Perang Saudara Spanyol pada tahun 1936, namun dikembalikan ke bentuknya yang sekarang oleh Uskup Bartolomé Pascual antara tahun 1939 dan 1941. Selama pekerjaan ini, panti paduan suara dipindahkan dari bagian tengah ke lokasinya saat ini di apse.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Panti umat utama

Altar besar merupakan marmer monolit yang ditutupi kanopi setinggi 15 meter. Di bagian belakang apse, di bawah gambar Perawan dalam misteri presentasi Yesus di kuil, ditemukan takhta uskup, terbuat dari marmer Romawi yang diberkati oleh Paus Pius XII untuk menandakan hubungan iman dan devosi gereja Menorca ini dengan Basilika Santo Petrus. Pada tahun 1953 Paus Pius XII memberi katedral itu gelar basilika minor.

Sejak tahun 1987, tujuh ratus tahun penaklukan Menorca oleh Takhta Aragon, sebuah rencana baru dilakukan untuk restorasi dan pengembangan katedral.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Phil Lee The Rough Guide to Menorca 2004 hal66 "Raja juga mempunyai tujuan politik - ia membangun katedralnya, sebuah bangunan raksasa dari batu pasir emas, tepat di atas Masjid Agung di dalam Almudaina, benteng Moor kuno . Reconquista bukanlah masalah sementara."

Koordinat: 40°0′6″N 3°50′15″E / 40.00167°N 3.83750°E / 40.00167; 3.83750