Katedral Cartagena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cartagena
Katedral Santa Maria
Spanyol: Catedral de Cartagena
Katedral Cartagena
LokasiCartagena
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cartagena

Katedral Cartagena yang bernama resmi Katedral Santa Maria adalah sebuah bekas gereja katedral Katolik yang terletak di bukit La Concepción di kota tua Cartagena, Spanyol. Bangunan ini telah menjadi reruntuhan sejak tahun 1939, ketika dihancurkan ketika Cartagena ditembaki dalam Perang Saudara Spanyol oleh pasukan Nasionalis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cartagena telah jauh terlebih dahulu memiliki takhta keuskupan sebelum Penaklukan Muslim atas Spanyol, namun belum ada jejak katedral pra-penaklukan yang ditemukan. Pada tahun 1243 Alfonso X dari Kastilia melancarkan kampanye untuk menaklukkan kembali Kerajaan Murcia, dan mengajukan petisi kepada Paus Innosensius IV untuk memulihkan Keuskupan Cartagena. Pada tahun 1250 Paus mengeluarkan banteng "Spiritus exultante" yang memulihkan keuskupan. Uskup pertama dari fase baru Keuskupan adalah biarawan Fransiskan Pedro Gallego, bapa pengakuan Alfonso.

Ada bukti yang tidak meyakinkan apakah ada katedral di Cartagena pada waktu itu. Dalam dokumen abad pertengahan dan Renaisans, gereja ini digambarkan sebagai "Walikota Iglesia", dan hanya disebut "Katedral Tua" sejak abad kedelapan belas.

García Martínez, uskup kedua keuskupan, memutuskan dengan persetujuan Raja Sancho IV untuk memindahkan tahta ke Katedral Murcia, meskipun tetap mempertahankan nama Keuskupan Cartagena. Oleh karena itu, gereja tersebut kehilangan statusnya sebagai katedral, dan menjadi gereja paroki.

Selama berabad-abad, terdapat tuntutan yang terus menerus kepada Vatikan untuk mengembalikan keuskupan ke Cartagena. Gereja Santa María de Gracia, dengan bentuk dan dimensi katedral, dibangun pada abad ke-18 di lokasi yang berbeda, dengan tujuan menjadi pusat keuskupan menggantikan gereja aslinya.[1]

Pada akhir abad kesembilan belas, fondasi gereja abad pertengahan runtuh. Gereja ini dipugar oleh arsitek Victor Beltrí, dalam gaya Romawi dengan unsur modernis.

Selama Perang Saudara Spanyol gereja tersebut diserang dan isinya dirusak pada tanggal 25 Juli 1936. Pada tahun 1939 gereja tersebut dibom dan tetap ditinggalkan sejak saat itu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IGLESIA DE SANTA MARÍA DE GRACIA EN CARTAGENA. ANÁLISIS HISTÓRICO, CONSTRUCTIVO Y DE PATOLOGÍAS" (PDF). ISBN 978-84-7564-521-6. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011 -07-07.