Katedral Carrara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Carrara
Katedral Santo Andreas
bahasa Italia: Collegiata Abbazia Mitrata di Sant'Andrea Apostolo
Katedral Carrara
LokasiCarrara
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki, Gereja kolegiat
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Massa Carrara-Pontremoli

Katedral Carrara (Italia: Duomo di Carrara) adalah sebuah gereja paroki Katolik, yang didedikasikan untuk Santo Andreas, di kota Carrara, yang terletak di pusat Italia. Sebagian besar bagian luarnya, dan sebagian besar bagian dalamnya, dilapisi dengan marmer Carrara lokal.

Meski seringkali disebut sebagai katedral atau duomo, gereja ini tidak berstatus sebagai katedral.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah gereja tua, Ecclesia Sancti Andree de Carraria, disebutkan sudah ada di situs ini sejak tahun 1035, tetapi hanya relief yang tersisa. Dokumentasi tertulis pertama tentang Katedral Carrara berasal dari tahun 1099.[1] Gereja ini pertama kali diperluas pada tahun 1099, ketika menerima status pieve. Ini adalah gereja Abad Pertengahan pertama yang seluruhnya dibangun dari marmer.[1][2] Marmer yang digunakan untuk konstruksinya adalah marmer Apuan, lebih dikenal dengan marmer Carrara.[3]

Bagian bawah fasad dan area samping dekat Portal St. John dicirikan oleh dekorasi bichrome dengan tarsia marmer geometris. Bagian bangunan ini diperkirakan berasal dari awal abad ke-12 karena pengaruh Gaya Gotik Pisa pada ibu kota dan arsitektur serta kemiripan pada marmer hitam dan putih yang berselang-seling. berpola dengan gereja-gereja Tuscan di Pisa dan Lucca.[1] Gaya ini juga tersebar luas di Liguria pada saat itu, terlihat dari kemiripannya portal katedral dengan Katedral Genoa, selesai sebelum tahun 1142. Pematung portal utama dan ibu kota dari tiga bentang pertama di bagian dalam adalah milik sekolah Maestor Wiligelmo.[1]

Pada tahun 1151 gereja ini berada di bawah yurisdiksi Kanon Lateranense San Frediano dari Lucca dan tahap pembangunan kedua dimulai, berlangsung hingga sekitar tahun 1235 ketika apse diketahui ada. Pastoran juga ditambahkan sekitar waktu ini, yang memperpanjang bangunan dari denah aslinya.[1] Ada kesamaan gaya dengan arsitektur Lucchese kontemporer. Dinding samping dilanjutkan tanpa hiasan bichrome. Di bagian dalam, ibu kotanya berada dalam Ordo Korintus dan Ordo Komposit, dan jendela memiliki motif daun, manusia, dan hewan, yang mungkin dipengaruhi oleh Romawi kuno. bangunan yang masih ada di Lucca pada saat itu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Le CHIESE delle Diocesi ITALIANE Chiesa di Sant'Andrea Apostolo - - Carrara - Massa Carrara - Pontremoli - elenco censimento chiese". www.chieseitaliane.chiesacattolica.it. Diakses tanggal 21-11-2018. 
  2. ^ "Ulasan Duomo Tuscany". www.fodors.com. Diakses tanggal 2018-11-21. 
  3. ^ "(PDF) Bahan batu dari zaman kuno arsitektur Tuscany, Italia". ResearchGate.