Katedral Bosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bosa
Katedral Santa Maria Dikandung Tanpa Noda
bahasa Italia: Concattedrale di Beata Vergine Immaculata
Katedral Bosa
LokasiBosa
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Alghero-Bosa

Katedral Bosa[1] (bahasa Italia: Duomo di Bosa, Concattedrale dell 'Immacolata Concezione), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Bosa, Sardinia, Italia. Ini adalah konkatedral dari Keuskupan Alghero-Bosa; sebelum pembentukan keuskupan gabungan pada tahun 1986, keuskupan tersebut menjadi tempat kedudukan Uskup Bosa.

Katedral ini berdiri di pusat kota bersejarah Bosa, antara Corso Vittorio Emanuele II dan Sungai Temo, di puncak jembatan abad ke-19.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul katedral ini terletak pada abad ke-12, namun bangunannya telah banyak diubah berkali-kali, khususnya selama abad ke-15. Bangunan yang sekarang merupakan hasil restorasi yang dilakukan sejak tahun 1803 dan seterusnya oleh arsitek lokal Salvatore Are. Katedral ini ditahbiskan kembali pada tahun 1809. Dekorasi dan perabotannya selesai dibangun selama sisa abad ke-19.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Altar tinggi

Secara eksternal, bangunan ini memiliki ciri khas dua kubah yang dilapisi ubin berwarna majolica, dan menara lonceng jongkok dengan batu pasir merah, belum selesai, diukir dengan tanggal 1683. Batu yang sama juga menjadi ciri bagian lain bangunan, termasuk dekorasi Rococo pada fasad dengan lesene (strip batu terapan atau pilaster palsu) dan cornice yang khas.

Bagian dalamnya memiliki satu bagian tengah dengan atap berkubah barel yang dibagi menjadi lima bentang dengan pilaster dan lengkungan, dengan empat kapel samping. Kapel pertama di sebelah kanan adalah kapel besar ("cappellone") dari Hati Suci, sangat memanjang dan disusun seperti miniatur gereja, mencerminkan katedral di mana ia berada: bagian akhir berisi empat kapel kecil kapel samping dan kapel yang lebih besar di bawah kubah segi delapan.

Gapura menuju presbiterium lebih sempit daripada bagian tengah dan diapit oleh dua pilaster. Pastoran itu sendiri, yang sangat dalam, ditutupi oleh kubah segi delapan (direncanakan pada tahun pembukaan abad ke-19 oleh arsitek Domenico Franco) dan diakhiri dengan apse, dipisahkan dari bagian tengahnya oleh langkan marmer. Tiga langkah menuju ke presbiteri; di kaki tangga tengah ada dua singa marmer. Altar tinggi juga terbuat dari marmer abad ke-17, dengan puncak patung Bunda Maria Yang Dikandung Tanpa Noda dan Santo Emilius dan Priamus, pelindung Gereja kota. Di kedua sisi altar terdapat ruang paduan suara kayu bertatahkan. Lukisan dinding tersebut dibuat oleh seniman Parma Emilio Scherer, antara tahun 1877 dan 1878.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Concattedrale di Beata Vergine Immaculata, Bosa, Sassari, Italia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-14. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Naitza, Salvatore, 1992: Architettura dal tardo '600 al classicismo purista. Nuoro: Ilisso ISBN 88-85098-20-7