Katedral Arica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Arica
Katedral Santo Markus
Catedral de San Marcos
Katedral Arica
LokasiArica
NegaraChili
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan San Marcos de Arica

Katedral Santo Markus [1] (Spanyol: Catedral de San Marcos)[2] disebut juga Katedral Arica adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Arica[3] di ujung utara Chili.[4] Gereja ini merupakan komisi dari pemerintah Presiden Peru José Balta ke bengkel orang Prancis Gustave Eiffel dan awalnya ditujukan untuk resor Ancón.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan San Marcos de Arica.

Gereja induk tua Arica berdiri selama 226 tahun, sampai koloni tersebut dihancurkan oleh gempa bumi tanggal 13 Agustus 1868. Oleh karena itu, panitia ibu-ibu Arica meminta Balta agar dirancang konstruksi baru untuk Arica. Permintaan tersebut diterima dan bangunan tersebut diresmikan pada tahun 1876 di atas reruntuhan gereja induk lama.

Pada tahun 1880, kota Arica diduduki oleh Tentara Chili; namun, hingga awal abad kedua puluh, paroki Arica tetap menjadi bagian dari keuskupan Arequipa, menurut perintah Takhta Suci. Pada tanggal 27 Februari 1910, walikota Arica, Maximo Lira, mengeluarkan dekrit pengusiran Juan Vitaliano Berroa, pastor paroki Arica dan pastor pembantunya Juan Gualberto Guevara, yang berasal dari Peru, menggantikan mereka dengan pendeta militer Chili. Yurisdiksi Arica jatuh ke tangan Vikariat Jenderal Castrense Chili dan segera setelah itu (1911) dianeksasi ke Vikariat Apostolik Tarapaca (Keuskupan Iquique saat ini).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Markus di Arica
  2. ^ Labbé, María Paulina Soto. Kartografía budaya Chili: direkturio. Ocho Libros. 
  3. ^ Sarabia, Rosa. La poética visual de Vicente Huidobro. Vervuert. ISBN 9788484893110. 
  4. ^ DK. DK Panduan Perjalanan Saksi Mata: Chili & Pulau Paskah. Penguin. ISBN 9781465453198.