Gustave Eiffel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gustave Eiffel
Gustave Eiffel 1888 Nadar2.jpg
Eiffel pada tahun 1888, photografernya ialah Félix Nadar
LahirAlexandre Gustave Bonickhausen dit Eiffel[1][2][3]
(1832-12-15)15 Desember 1832
Dijon, Côte-d'Or, prancis
Meninggal27 Desember 1923(1923-12-27) (umur 91)
Paris, France
Kebangsaanprancis
AlmamaterÉcole Centrale Paris
Suami/istriMarguerite Gaudelet (1862–1877)
Anak3 perempuan, 2 laki laki
Orang tuaAlexandre and Catherine Eiffel
Tanda tangan
Gustave Eiffel signature.svg

Alexandre Gustave Eiffel (/ˈfəl/; pengucapan bahasa Prancis: [efɛl]) (15 Desember 183227 Desember 1923) adalah seorang insinyur Prancis dan arsitek serta seorang spesialis struktur logam. Dia terkenal karena merancang Menara Eiffel, yang dibangun dalam periode 1887-1889 untuk 1889 Universal Exposition di Paris, Prancis, serta Patung Liberty, New York, Amerika Serikat.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Gustave Eiffel lahir di Prancis, tepatnya di Côte-d'Or, ia dan orangtuanya bermigrasi dari kota Marmagen di Jerman dan menetap di Paris pada awal abad ke-18.[5] Keluarga mengadopsi nama Eiffel sebagai referensi ke pegunungan Eifel di wilayah asal mereka. Meskipun keluarga selalu menggunakan nama Eiffel, nama Gustave terdaftar saat lahir sebagai Bonickhausen dit Eiffel,[6] dan tidak secara resmi diubah menjadi Eiffel hingga 1880.[7] [8]

Pada saat kelahiran Gustave, ayahnya, seorang mantan tentara, bekerja sebagai administrator untuk Angkatan Darat Prancis tetapi tak lama setelah kelahirannya, ibunya memperluas bisnis arang yang ia warisi dari orangtuanya untuk memasukkan bisnis distribusi batu bara, dan segera setelah itu ayahnya meninggalkan pekerjaannya untuk membantunya. Karena komitmen bisnis ibunya, Gustave menghabiskan masa kecilnya tinggal bersama neneknya, tetapi tetap dekat dengan ibunya, yang tetap menjadi figur yang berpengaruh sampai kematiannya pada tahun 1878. Bisnis ini cukup berhasil untuk dijual oleh Catherine Eiffel pada tahun 1843 dan pensiun pada hasil. Eiffel bukan anak yang rajin belajar, dan menganggap pelajarannya di Lycée Royal di Dijon membosankan dan membuang-buang waktu, meskipun dalam dua tahun terakhirnya, yang dipengaruhi oleh para guru untuk sejarah dan sastra, ia mulai belajar dengan serius, dan ia menerima manfaat dari apa yang ia pelajari.[9] Bagian penting dalam pendidikannya dimainkan oleh pamannya, Jean-Baptiste Mollerat, yang telah menemukan proses untuk menyaring cuka dan memiliki bahan kimia besar di dekat Dijon, dan salah satu teman pamannya, ahli kimia Michel Perret. Keduanya menghabiskan banyak waktu dengan Eiffel muda, mengajarinya tentang segala hal mulai dari kimia dan pertambangan hingga teologi dan filsafat.

Eiffel melanjutkan untuk menghadiri College Sainte-Barbe di Paris, untuk mempersiapkan ujian masuk yang sulit yang ditetapkan oleh perguruan tinggi teknik di Prancis, dan memenuhi syarat untuk masuk ke dua sekolah paling bergengsi École polytechnique dan École Centrale des Arts et Manufacturing dan akhirnya memasuki yang terakhir. Selama tahun kedua ia memilih untuk berspesialisasi dalam kimia, dan lulus peringkat di tempat ke-13 dari 80 kandidat pada tahun 1855. Ini adalah tahun di mana Paris menjadi tuan rumah Pameran Dunia kedua.

Karier pertamanya[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus, Eiffel berharap bisa mendapatkan pekerjaan di bengkel pamannya di Dijon, tetapi pertikaian keluarga,akhirnya pekerjaan ini tidak pernah ia dapatkan. Setelah beberapa bulan bekerja sebagai asisten ipar yang tidak dibayar, yang mengelola pengecoran, Eiffel mendekati insinyur kereta api Charles Nepveu, yang memberi Eiffel pekerjaan bayaran pertamanya sebagai sekretaris pribadinya.[10] Namun, tak lama kemudian perusahaan Nepveu bangkrut, tetapi Nepveu menemukan Eiffel pekerjaan merancang jembatan besi lembaran 22 m (72 kaki) untuk kereta api Saint Germaine. Beberapa bisnis Nepveu kemudian diakuisisi oleh Compagnie Belge de Matériels de Chemin de Fer, Nepveu ditunjuk sebagai direktur pelaksana kedua pabrik di Paris, dan menawarkan pekerjaan kepada Eiffel sebagai kepala departemen penelitian. Pada 1857 Nepveu menegosiasikan kontrak untuk membangun jembatan kereta api di atas sungai Garonne di Bordeaux, menghubungkan jalur Paris-Bordeaux ke jalur yang menuju ke Sète dan Bayonne, yang melibatkan pembangunan jembatan gelagar besi 500 m (1.600 kaki) yang didukung oleh enam pasang pilar batu di dasar sungai. Ini dibangun dengan bantuan caison udara terkompresi dan domba jantan hidrolik, keduanya teknik inovatif pada saat itu. Eiffel awalnya diberi tanggung jawab untuk merakit logam dan akhirnya mengambil alih manajemen seluruh proyek dari Nepveu, yang mengundurkan diri pada Maret 1860.

Setelah penyelesaian proyek sesuai jadwal, Eiffel ditunjuk sebagai insinyur utama Compagnie Belge. Karyanya juga mendapat perhatian dari beberapa orang yang kemudian memberinya pekerjaan, termasuk Stanislas de la Roche Toulay, yang telah menyiapkan desain untuk logam dari jembatan Bordeaux, tetapi Promosi dalam perusahaan mulai mengikuti, tetapi bisnis mulai menurun, dan pada 1865 Eiffel berpikir bahwa tidak ada masa depan disana, akhirnya ia mengundurkan diri dan dibentuk sebagai insinyur konsultan independen. Dia sudah bekerja secara independen pada pembangunan dua stasiun kereta api, di Toulouse dan Agen, dan pada tahun 1866 dia diberi kontrak untuk mengawasi pembangunan 33 lokomotif untuk pemerintah Mesir, pekerjaan yang menguntungkan tetapi tidak menuntut banyak waktu selama kunjungannya. Mesir, di mana ia mengunjungi Terusan Suez yang sedang dibangun oleh Ferdinand de Lesseps. Pada saat yang sama ia dipekerjakan oleh Jean-Baptiste Kranz untuk membantunya dalam mendesain ruang pameran untuk Exposition Universelle yang akan diadakan pada tahun 1867. Pekerjaan utama Eiffel adalah membuat balok-balok lengkung Galerie des Machines. Untuk melaksanakan pekerjaan ini, Eiffel dan Henri Treca, direktur Conservatoire des Arts et Metiers, melakukan penelitian yang berharga pada sifat-sifat struktural besi cor, secara definitif membangun modulus elastisitas yang berlaku untuk coran campuran.

Menara Eiffel[sunting | sunting sumber]

desain awal Menara Eiffel yang dibuat oleh Maurice Koechlin dan Emile nouguier

Desain Menara Eiffel berasal dari Maurice Koechlin dan Emile Nouguier, yang telah mendiskusikan ide-ide untuk menjadi pusat perhatian untuk Eksposition Universelle 1889. Pada bulan Mei 1884 Koechlin, yang bekerja di rumahnya, membuat garis besar skema mereka, yang digambarkan olehnya sebagai "tiang besar, yang terdiri dari empat balok balok kisi yang berdiri terpisah di pangkalan dan berkumpul bersama di bagian atas, disatukan oleh gulungan logam di interval reguler ".[11] Awalnya Eiffel menunjukkan sedikit antusiasme, meskipun ia menyetujui studi proyek lebih lanjut, dan kedua insinyur kemudian meminta Stephen Sauvestre untuk menambahkan hiasan arsitektur. Sauvestre menambahkan lengkungan dekoratif ke pangkalan, paviliun kaca ke tingkat pertama dan kubah di atas. Gagasan yang disempurnakan itu mendapatkan dukungan Eiffel untuk proyek itu, dan ia membeli hak paten atas desain yang diambil Koechlin, Nougier dan Sauvestre. Desain itu dipamerkan di Pameran Seni Hias pada musim gugur 1884, dan pada 30 Maret 1885 Eiffel membaca sebuah makalah tentang proyek tersebut kepada Société des Ingénieurs Civils. Setelah membahas masalah teknis dan menekankan penggunaan praktis menara, ia menyelesaikan ceramahnya dengan mengatakan:

"tidak hanya seni insinyur modern, tetapi juga abad Industri dan Sains tempat kita hidup, dan untuk itu jalannya disiapkan oleh gerakan ilmiah besar abad ke-18 dan oleh Revolusi tahun 1789, di mana monumen ini akan dibangun sebagai ungkapan terima kasih Prancis. "

Tidak banyak yang terjadi sampai awal 1886, tetapi dengan terpilihnya kembali Jules Grévy sebagai Presiden dan pengangkatannya Edouard Lockroy sebagai Menteri Perdagangan, keputusan mulai dibuat. Anggaran untuk Eksposisi disahkan dan pada 1 Mei, Lockroy mengumumkan perubahan syarat kompetisi terbuka yang diadakan sebagai inti dari eksposisi, yang secara efektif menjadikan pilihan desain Eiffel sebagai kesimpulan terdahulu: semua entri harus menyertakan sebuah studi untuk menara logam empat sisi 300 m (980 kaki) di Champ de Mars. Pada 12 Mei sebuah komisi dibentuk untuk memeriksa skema Eiffel dan para pesaingnya dan pada 12 Juni itu mempresentasikan keputusannya, yaitu hanya proposal Eiffel yang memenuhi persyaratan mereka. Setelah beberapa perdebatan tentang situs yang tepat untuk menara, kontrak ditandatangani pada tanggal 8 Januari 1887. Ini ditandatangani oleh Eiffel yang bertindak dalam kapasitasnya sendiri daripada sebagai perwakilan dari perusahaannya, dan memberinya satu setengah juta franc untuk biaya konstruksi. Ini kurang dari seperempat dari perkiraan biaya enam setengah juta franc. Eiffel menerima semua pemasukan dari eksploitasi komersial selama pameran dan selama dua puluh tahun berikutnya. Eiffel kemudian mendirikan perusahaan terpisah untuk mengelola menara.

Menara ini telah menjadi subyek beberapa kontroversi, menarik kritik baik dari mereka yang tidak percaya itu layak dan dari mereka yang keberatan dengan alasan artistik. Sama seperti pekerjaan dimulai di Champ de Mars, "Komite Tiga Ratus" (satu anggota untuk setiap meter ketinggian menara) dibentuk, dipimpin oleh Charles Garnier dan termasuk beberapa tokoh paling penting dari pendirian seni Prancis, termasuk Adolphe Bouguereau, Guy de Maupassant, Charles Gounod dan Jules Massenet, sebuah petisi dikirim ke Jean-Charles Alphand, Menteri Pekerjaan, dan diterbitkan oleh Le Temps.

Pekerjaan pada fondasi dimulai pada tanggal 28 Januari 1887. Yang untuk kaki timur dan selatan mudah, masing-masing kaki bertumpu pada empat lempengan beton 2 m (6,6 kaki), satu untuk masing-masing gelagar utama masing-masing kaki tetapi dua lainnya, menjadi lebih dekat ke sungai Seine lebih rumit: setiap lempengan membutuhkan dua tiang yang dipasang dengan menggunakan udara kompresi 15 m (49 kaki) panjang dan 6 m (20 kaki) dengan diameter didorong ke kedalaman 22 m (72 kaki) [12] untuk mendukung pelat beton, yang tebalnya 6 m (20 kaki). Masing-masing lempengan ini menopang blok batu kapur, masing-masing dengan bagian atas yang miring untuk menopang sepatu pendukung untuk pekerjaan besi. Sepatu ini dibuat dengan baut berdiameter 10 cm (4 in) dan panjang 7,5 m (25 kaki). Pekerjaan fondasi selesai pada 30 Juni dan pekerjaan besi dimulai. Meskipun tidak lebih dari 250 orang dipekerjakan di lokasi, sejumlah besar pekerjaan persiapan yang rumit diperlukan: kantor gambar menghasilkan 1.700 gambar umum dan 3.629 gambar detail dari 18.038 bagian yang dibutuhkan. Tugas menggambar komponen rumit oleh sudut kompleks yang terlibat dalam desain dan tingkat presisi yang diperlukan: posisi lubang paku keling ditentukan dalam 0,1 mm (0,04 in) dan sudut bekerja sampai satu detik dari busur. Komponen-komponen itu, beberapa sudah terpaku bersama menjadi sub-rakitan, pertama kali dibaut bersama-sama, baut digantikan oleh paku keling saat konstruksi berjalan. Tidak ada pengeboran atau pembentukan dilakukan di situs: jika ada bagian yang tidak cocok itu dikirim kembali ke pabrik untuk perubahan. Keempat kaki, masing-masing pada sudut 54° ke tanah, awalnya dibangun sebagai penopang, mengandalkan baut jangkar di blok pondasi pasangan bata. Eiffel telah menghitung bahwa ini akan memuaskan sampai mereka mendekati setengah jalan ke tingkat pertama: dengan demikian pekerjaan dihentikan untuk tujuan mendirikan perancah pendukung kayu. Ini memberi amunisi kepada para pengkritiknya, dan tajuk berita menyeramkan termasuk "Eiffel Suicide!" dan "Gustave Eiffel sudah gila: ia dikurung di Rumah Sakit Suaka" muncul di media massa.[13] Pada tahap ini, sebuah crane "menjalar" kecil dipasang di setiap kaki, yang dirancang untuk naik ke atas menara saat konstruksi berlangsung dan memanfaatkan panduan untuk lift yang harus dipasang di setiap kaki. Setelah jeda singkat dari pengerjaan logam ini berlanjut, dan operasi kritis untuk menghubungkan keempat kaki berhasil diselesaikan pada bulan Maret 1888. Agar dapat meluruskan kaki secara tepat sehingga gelagar penghubung dapat diletakkan pada tempatnya, ketentuan telah dibuat untuk memungkinkan penyesuaian yang tepat dengan menempatkan dongkrak hidrolik di alas untuk masing-masing balok penyangga.

Pekerjaan struktural utama selesai pada akhir Maret, dan pada tanggal 31, Eiffel merayakannya dengan memimpin sekelompok pejabat pemerintah, ditemani oleh perwakilan pers, ke puncak menara. Karena lift belum beroperasi, pendakian dilakukan dengan berjalan kaki, dan membutuhkan waktu lebih dari satu jam, Eiffel sering berhenti untuk menjelaskan berbagai fitur. Sebagian besar partai memilih untuk berhenti di level yang lebih rendah, tetapi beberapa di antaranya, termasuk Nouguier, Compagnon, Presiden Dewan Kota dan wartawan dari Le Figaro dan Le Monde Illustré menyelesaikan pendakian. Pada pukul 2.35 Eiffel mengangkat tricolor besar, diiringi dengan salut 25-pistol yang ditembakkan dari tingkat bawah. [14]

Pada bulan Juni, konstruksi telah mencapai platform tingkat kedua, dan pada Hari Bastille ini digunakan untuk tampilan kembang api, dan Eiffel mengadakan pesta perayaan untuk pers pada platform tingkat pertama.

Dipengaruhi[sunting | sunting sumber]

Karier Gustave Eiffel adalah dari Revolusi Industri. Karena berbagai alasan ekonomi dan politik, ini lambat untuk membuat dampak di Prancis, dan Eiffel memiliki nasib baik untuk bekerja pada saat perkembangan industri yang pesat di Prancis. Kepentingan Eiffel sebagai seorang insinyur ada dua. Pertama dia siap untuk mengadopsi teknik-teknik inovatif yang pertama kali digunakan oleh orang lain, seperti penggunaannya udara-kompresi caisson dan lubang besi cor berlubang, dan kedua dia adalah pelopor dalam desakannya pada mendasarkan semua keputusan teknik pada perhitungan menyeluruh dari kekuatan yang terlibat , menggabungkan pendekatan analitis ini dengan desakan pada standar akurasi yang tinggi dalam menggambar dan memproduksi.

Pertumbuhan jaringan kereta api memiliki efek besar pada kehidupan manusia, tetapi meskipun sejumlah besar jembatan dan pekerjaan lain yang dilakukan oleh Eiffel adalah bagian penting dari ini, dua karya yang paling membuatnya terkenal adalah Patung Liberty dan Menara Eiffel, kedua proyek yang sangat penting secara simbolis dan sekarang menjadi landmark yang diakui secara internasional. Menara ini juga penting karena perannya dalam membangun potensi estetika struktur yang penampilannya sebagian besar ditentukan oleh pertimbangan praktis.

Kontribusinya terhadap ilmu aerodinamika mungkin sama banyaknya dengan pekerjaannya sebagai insinyur.[15]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Harvie, David I. (2006). Eiffel, the Genius who Reinvented Himself. Stroud, Gloucestershire: Sutton. ISBN 0-7509-3309-7. 
  • Loyrette, Henri (1985). Gustave Eiffel. New York: Rizzoli. ISBN 0-8478-0631-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi dan catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ État-civil de la Côte-d'Or, Dijon, Registres d'état civil 1832, p. 249
  2. ^ Harvie 2006 p. 1
  3. ^ Charles Braibant, Histoire de la Tour Eiffel, Paris 1964, p. 35
  4. ^ Harvie 2006 p. 124
  5. ^ Harriss, Joseph (2004). The Tallest Tower: Eiffel and the Belle Epoque (dalam bahasa Inggris). Unlimited Publishing LLC. ISBN 978-1-58832-104-6. 
  6. ^ Harriss, Joseph (2004). The Tallest Tower: Eiffel and the Belle Epoque (dalam bahasa Inggris). Unlimited Publishing LLC. ISBN 978-1-58832-104-6. 
  7. ^ Wilhem, George. Heart of eiffel. OP books. hlm. 21–23. 
  8. ^ Gobillot, Emmanuel (2013-04-03). Follow the Leader: The One Thing Great Leaders Have that Great Followers Want (dalam bahasa Inggris). Kogan Page Publishers. ISBN 978-0-7494-6906-1. 
  9. ^ Made of paris. hlm. 34. 
  10. ^ Loyrette. 1986. hlm. 3. 
  11. ^ Harvie. 2006. hlm. 78. 
  12. ^ Loyrette. 1985. hlm. 125. 
  13. ^ "Page d'accueil | Association des descendants de Gustave Eiffel". www.gustaveeiffel.com. Diakses tanggal 2020-01-19. 
  14. ^ "Wayback Machine". web.archive.org. 2013-05-25. Diakses tanggal 2020-01-19. 
  15. ^ "Paradigma of eiffel". Diakses tanggal 19 januari 2020.