Katedral Alatri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Alatri
Katedral Santo Paulus
bahasa Italia: Duomo di Alatri
Katedral Alatri
LokasiAlatri
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Anagni-Alatri

Katedral Alatri, bernama resmi Basilika Santo Paulus (bahasa Italia: Duomo di Alatri; Basilica concattedrale di San Paolo apostolo), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Alatri, Lazio, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Paulus. Dulunya merupakan katedral dari Keuskupan Alatri. Sejak 30 September 1986 telah menjadi kon-katedral dari Keuskupan Anagni-Alatri. Paus Pius XII mendeklarasikannya sebagai basilika minor pada 10 September 1950.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun di tempat yang dulunya merupakan pusat akropolis Alatri di atas sisa-sisa kuil kuno Hernici dan kuil yang didedikasikan untuk Saturnus. Referensi mengenai katedral berasal dari paruh pertama abad ke-11: sebuah bab katedral didokumentasikan di sini pada tahun 930. Di bawah Paus Innocent II (1130–1143), mungkin pada tahun 1132, relik karya santo martir Paus Sistus I diterjemahkan di sini, dan untuk menghormati hal ini katedral direnovasi: altar utama selesai dibangun pada tahun 1156. Pekerjaan lebih lanjut dilakukan melalui abad ke-13, ketika untuk menghormati kunjungan Paus Honorius III layar dan ambo, keduanya oleh Cosmati, ditambahkan, yang beberapa jejaknya masih ada tetap di katedral hari ini.

Selama abad ke-16, dinding bagian dalamnya dicat dengan fresko episode-episode terjemahan relik Santo Sixtus, yang kini disembunyikan oleh karya-karya modernisasi abad ke-17 dan ke-18 yang menghasilkan katedral seperti yang terlihat saat ini. Fasad dan campanile yang sekarang oleh Jacopo Subleyras ditambahkan antara tahun 1790 dan 1808, dan cornice dan tympanum pada tahun 1884. Akhirnya, pada tahun 1932 Kapel St. Sixtus dibangun untuk menampung relik Santo Sixtus, untuk memperingati 800 tahun penerjemahannya ke Alatri.

Selama kunjungannya ke keuskupan pada tahun 1950, Paus Pius XII memberikan status basilica minor kepada katedral tersebut.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Detail interior

Fasadnya, dari batu dan opus latericium, berasal dari akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Bagian dalamnya memiliki denah dasar Salib Latin, dengan tiga lorong yang dipisahkan oleh pilaster dan transep yang ditinggikan.

Selain peninggalan Sixtus I, katedral juga menyimpan peninggalan Romawi Santo Alexander dari Katakomba Santo Kalistus, diterjemahkan ke Alatri pada tahun 1640, dan Ostia incarnata , dari keajaiban Ekaristi Alatri tahun 1228.[2] Karya seni katedral termasuk salinan Guido Reni Penyaliban; wajah Santo Sixtus dalam kerajinan perak yang dikejar dan dikembalikan (1584); dan Madonna del suffragio, sekelompok patung kayu yang dibuat pada tahun 1639.

Di dalam kapel terdapat jenazah Beato Maria Raffaella Cimatti, yang dipindahkan ke sini pada tanggal 27 Maret 2010 dari gereja St. Benediktus.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]