Kaper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Capparis spinosa
Capparis spinosa

Ilustrasi oleh Otto Wilhelm Thomé
Tumbuhan
Jenis buahkapsul
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN137745831
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoBrassicales
FamiliCapparaceae
GenusCapparis
SpesiesCapparis spinosa
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim takson[1]

Kaper (Capparis spinosa) adalah tanaman abadi yang memiliki bentuk bulat, daun berdaging, dan bunga besar berwarna putih hingga putih kemerahan.[2][3][4]

Tanaman ini terkenal karena kuncup bunga yang dapat dimakan (kaper), digunakan sebagai bumbu, dan buahnya (beri kaper), yang keduanya biasanya dikonsumsi sebagai acar. Spesies lain dari Capparis juga dipetik bersama dengan C. spinosa untuk tunas atau buahnya. Bagian lain dari tanaman Capparis digunakan dalam pembuatan obat-obatan dan kosmetik.

Capparis spinosa adalah tanaman asli dari hampir semua negara di sekitar Mediterania, dan termasuk dalam flora sebagian besar dari mereka, tetapi apakah itu asli dari wilayah ini tidak pasti. Keluarga Capparaceae bisa saja berasal dari daerah tropis, dan kemudian menyebar ke cekungan Mediterania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Plant List, Capparis spinosa L
  2. ^ Altervista Flora Italiana, Cappero, Kapernstrauch, Capparis spinosa L. includes photos and European distribution map
  3. ^ Flora of China, 山柑 shan gan, Capparis spinosa Linnaeus, Sp. Pl. 1: 503. 1753.
  4. ^ Australia, Atlas of Living. "Capparis spinosa". bie.ala.org.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-08. Diakses tanggal 2020-06-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]