Kanguru Merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kanguru merah
Rentang fosil: 2–0 Jtl
Early Pleistosen – Sekarang
Red Kangaroo 001.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Infrakelas: Marsupialia
Ordo: Diprotodontia
Famili: Macropodidae
Genus: Macropus
Spesies: M. rufus
Nama binomial
Macropus rufus
Desmarest, 1822
Red kangaroo.jpg

Kanguru Merah (Macropus rufus) adalah salah satu jenis mamalia berkantung asli Australia. Sesuai namanya, hewan ini berwarna merah yang membuatnya sangat mencolok dengan spesies-spesies kanguru yang lain. Kanguru merah merupakan marsupial terbesar di dunia yang masih hidup dan mamalia asli Australia terbesar. Mereka ditemukan di pedalaman Australia mulai dari wilayah subur di selatan, pesisir timur, hingga hutan hujan di utara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kanguru merah merupakan spesies kanguru terbesar dengan panjang tubuh 13–16 m (43–52 ft) (belum termasuk ekor) pada jantan, dan 65–85 cm (26–33 in) pada betina. Ekornya panjang dengan panjang 1–12 m (3,3–39,4 ft) pada jantan, dan 65–85 cm (26–33 in) pada betina. Penampilan fisik kanguru merah tidaklah berbeda jauh dengan kanguru jenis lain, hanya saja ukuran tubuhnya lebih besar dan warna tubuhnya merah kecoklatan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ellis, M., van Weenen, J., Copley, P., Dickman, C., Mawson, P. & Woinarski, J. (2008). "Macropus rufus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 5 September 2016.