Jun Ji-hyun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jun Ji-hyun
JunJihyun2009.jpg
Jun Ji-hyun pada even promosi tahun 2009
Lahir Wang Ji-hyun
30 Oktober 1981 (umur 35)
Seoul, Korea Selatan
Nama lain Gianna Jun
Jeon Ji-hyun
Almamater Universitas Dongguk
Teater dan Film
Pekerjaan Aktris
Tahun aktif 1997–sekarang
Agama Buddha
Pasangan Choi Jin-hyuk (m. 2012)
Nama Korea
Hangeul
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Jeon Ji-hyeon
McCune–Reischauer Chŏn Chihyŏn
Nama lahir
Hangeul
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Wang Ji-hyeon
McCune–Reischauer Wang Chihyŏn

Jun Ji-hyun (lahir 30 Oktober 1981; umur 35 tahun), juga dikenal sebagai Gianna Jun, adalah aktris Korea Selatan. Dia terkenal karena perannya sebagai "The Girl" dalam film komedi romantis My Sassy Girl (2001), salah satu film komedi Korea terlaris sepanjang masa. Film terkenal lainnya meliputi Il Mare (2000), Windstruck (2004), The Thieves (2012), dan The Berlin File (2013),"My Love From The Star" (2014).

Karier[sunting | sunting sumber]

Jun Ji-hyun lahir dengan nama Wang Ji-hyun. Mimpi masa kecilnya adalah menjadi seorang pramugari, tetapi pada usia 16, ia ditemukan oleh seorang editor fashion. Menggunakan nama panggung Jun Ji-hyun, ia memulai kariernya sebagai model untuk École Magazine pada tahun 1997.

Jun pertama kali dikenal sebagai model komersial dan sebagai aktris TV. Ia membuat debut filmnya dalam White Valentine yang hanya menyedot sedikit penonton pada tahun 1999, meski demikian saat ia tampil di sebuah iklan untuk Samsung My Jet Printer sejak saat itu ia menjadi sensasi yang populer.

Jun membuat penampilan di film pertamanya pada akhir tahun 2000 dengan judul Il Mare, sebuah melodrama dengan set mahal yang di-shoot di Pulau Ganghwa, film ini mendapat berhasil meraih box office dan ini meneguhkan status Jun sebagai seorang bintang.

Film Jun Ji-hyun yang paling terkenal adalah film komedi My Sassy Girl, yang menjadi hit besar baik di Korea dan di seluruh Asia. Film ini menghabiskan dua minggu No. 1 di Hong Kong, dan mengubahnya menjadi bintang yang paling dikenal Korea di pasar berbahasa Cina. Dia juga memenangkan Aktris Terbaik pada saat 2002 di Grand Bell Awards. Dua tahun kemudian ia muncul dalam film berikutnya, sebuah film thriller berjudul The Uninvited yang memukau kritikus namun gagal meraih pemirsa. Selama ini dia selalu hadir dalam iklan TV dan billboard di Korea dan juga di negara-negara Asia lainnya.

Tahun 2004 dia kembali ke layar lebar dalam film berjudul Windstruck dengan Kwak Jae-yong, direktur My Sassy Girl. Peran Jun dalam film tersebut adalah seorang polisi, tetapi banyak pemirsa merasa peran itu terlalu mirip dengan peran Jun di My Sassy Girl. Meskipun demikian, Windstruck menjadi film Korea yang sukses di Jepang pada saat itu, di mana My Sassy Girl itu tidak dikenal di Jepang.

Proyek film Jun berikutnya yaitu bekerja sama dengan Jung Woo-sung (yang sering muncul bersama-sama dengan dia di iklan Giordano dan 2% Lotte Chilsung Air), dan film ini menarik perhatian karena menggunakan lokasi shooting 100% di Belanda, dan disutradarai oleh sutradara Hong Kong Andrew Lau. Namun film ini gagal meraih box-office dan kurang mendapat apresiasi dari pemirsa.

Pada akhir 2006 diumumkan bahwa Jun mengambil peran utama dalam film Blood: The Last Vampire, yang difilmkan di Cina dan Argentina pada tahun 2007, adalah adaptasi live-action dari anime populer Jepang. Dia melalui tiga bulan pelatihan untuk bermain seni bela diri berpedang. Selama syuting dan promosi untuk film sebelum rilis tahun 2009, ia mengadopsi nama Gianna Jun. "Gianna byTrue Religion" adalah label fashion milik Jun. Label tersebut pertama kali meluncurkan jins biru mewah pada tahun 2008. Jun dilaporkan terlibat dalam setiap tahap produksi label fashionnya, dari desain sampai dekorasi.

Untuk film A Man Who Was Superman, Juni memotong rambut panjangnya untuk memerankan produser film dokumenter sinis yang bertemu dengan seorang pahlawan berpakaian Hawaii yang melawan apatisme urban.

Pada tahun 2010, dia berperan dengan aktris Cina Li Bingbing dalam film berbahasa Inggris Snow Flower and the Secret Fan, berdasarkan novel laris karya Lisa See dengan judul yang sama, yang disutradarai oleh Wayne Wang. Film ini berlatar pada abad ke-19 China, bercerita tentang persahabatan seumur hidup antara dua perempuan, Lily dan Snow Flower.

Jun lalu berperan di film berjudul The Thieves. The Thieves menjadi film terlaris kedua Korea sepanjang masa.

Di film thriller The Berlin File, Jun berperan sebagai penerjemah yang menikah dengan seorang agen intelijen Korea Utara di 2013, dan sutradara Ryoo Seung-wan memuji adegan aksi Juni dan dialek Korea Utara-nya.

14 tahun setelah drama TV Happy Together pada tahun 1999, Jun melakukan comeback ke televisi dalam drama My Love From The Stars. Kim Soo-hyun (pasangan main Jun di The Thieves) memainkan alien yang mendarat di bumi 400 tahun yang lalu selama Dinasti Joseon, kemudian jatuh cinta kepada aktris top (yang diperankan oleh Jun Ji-hyun). Seri ini meraih sukses, memicu tren di dunia fashion dan make-up. Berkat serial ini, Jun memenangkan Daesang (atau "Grand Prize"), penghargaan tertinggi untuk televisi, di 2014 Baeksang Arts Awards dan 2014 SBS Drama Awards.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Jun Ji-hyun menikah dengan pengusaha Choi Jun-hyuk pada tanggal 13 April 2012 di Shilla Hotel di Jangchung-dong, pusat kota Seoul. Pernikahan mereka dihadiri 600 tamu. Choi adalah cucu dari desainer hanbok terkenal Lee Young-hee dan putra perancang busana Lee Jung-woo.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran
1999 White Valentine Jung-min
2000 Il Mare Eun-joo
2001 My Sassy Girl The Girl
2003 The Uninvited Yeon
2004 Windstruck Yeo Kyung-jin
2006 Daisy Hye-young
2008 A Man Who Was Superman Song Soo-jung
2009 Blood: The Last Vampire Saya Otonashi
2011 Snow Flower and the Secret Fan Sophia/Snow Flower
2012 The Thieves Yenicall
2013 The Berlin File Ryun Jung-hee

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Jaringan
1997 The Season of Puberty MBC
1998 Fascinate My Heart Ga-young SBS
1999 Happy Together Seo Yoon-joo SBS
2013 Man from the Stars Cheon Song-yi SBS

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya nominasi Hasil Ref.
1999 Penghargaan Drama SBS Aktris Baru Terbaik Happy Together Menang
Penghargaan Seni Baeksang Aktris Baru Terbaik White Valentine Menang
2002 Penghargaan Grand Bell Penghargaan Popularitas My Sassy Girl Menang
Aktris Terbaik Menang
2013 Penghargaan Film Asia Aktris Pendukung Terbaik The Thieves Nominasi
Penghargaan Seni Baeksang Aktris Pendukung Terbaik tetapi boong The Thieves Nominasi
Festival Film Fantastis Internasional Puchon Penghargaan Pilihan Produser The Thieves, The Berlin File Menang [1][2]
Mnet 20's Choice Awards 20's Movie Star - Female The Berlin File Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Eun-ah (10 July 2013). "Lee Byung-hun, Jun Ji-hyun to Receive Producers Award at Puchon Film Fest". TenAsia. Diakses tanggal 2013-07-11. 
  2. ^ Lee, Sun-min (11 July 2013). "Lee, Jun named Producers' Choice". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 2013-07-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Peringatan: Kunci pengurutan baku "Ji-hyun, Jun" mengabaikan kunci pengurutan baku "Jun, Ji-hyun" sebelumnya.