Joncik Muhammad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Joncik Muhammad
Joncik Muhammad.jpg
Foto Resmi Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad (2018)
Bupati Empat Lawang ke-3
Mulai menjabat
18 September 2018
PresidenJoko Widodo
Gubernur
Bupati Empat Lawang|WakilYulius Maulana
PendahuluSyahril Hanafiah
Informasi pribadi
Lahir4 November 1970 (umur 50)
Bendera Indonesia Sawah, Tebing Tinggi, Empat Lawang, Sumatra Selatan
Kebangsaan Indonesia
Partai politikLogo PAN.svg Partai Amanat Nasional
PasanganHepy Safriani
AnakNabila Azzahra Putri

Nadila Azzahra Putri

Alisa Fidelia Putri

Alika Fidelia Putri
Alma materUniversitas Gajah Mada

Universitas Palembang STIE ABI Surabaya

Universitas Muhammadiyah Palembang
PekerjaanPolitikus

H. Joncik Muhammad, S.Si., S.H., M.M., M.H. (lahir 4 November 1970) adalah seorang politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini menjabat sebagai Bupati Empat Lawang periode 2018–2023.[1][2][3] Sebelumnya, Joncik Muhammad pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatra Selatan.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Joncik Muhammad lahir di Sawah, Tebing Tinggi, Empat Lawang pada tanggal 4 November 1970. Lahir dari keluarga yang sederhana, dengan orang tua seorang buruh tani. Kesulitan ekonomi yang dialami tidak mengurangi semangatnya untuk bersekolah. Ia mengawali pendidikan di SD Negeri 16 Desa Sawah hingga ia mendapatkan beasiswa di kelas lima dan enam. Di masa kecilnya Joncik dikenal anak yang cerdas.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari SD Negeri 16 Desa Sawah ia melanjutkan dengan beasiswa di SMP Negeri 1 Muara Pinang, kemudian ia bersekolah di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi yang merupakan sekolah SMA pertama yang ada di Tebing Tinggi.

meskipun bersekolah di tempat yang terpencil dan tidak banyak diminati, SMA 1 Tebing Tinggi dapat mengantarkan Joncik Muhammad lulus di Universitas Gadjah Mada yang merupakan Perguruan Tinggi yang diminati oleh banyak mahasiswa.

Aktivisme[sunting | sunting sumber]

Joncik Muhammad diterima di Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta. Saat mahasiswa ia aktif diberbagai organisasi baik di internal kampus maupun di eksternal kampus. Ia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam dan sering mengikuti kegiatan pengajian, kajian keislaman, dan kajian keilmuan umum. Di fakultas, ia diamanahkan sebagai ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas yang merupakan organisasi internal kampus. Sedangkan di organisasi eksternal kampus ia pernah diamanahkan sebagai Ketua Umum Cabang HMI Yogyakarta. Saat itulah jiwa kepemimpinannya terbentuk, dengan adanya perpaduan ini menjadi bekal utama ia dalam memimpin.

Karier Politik[sunting | sunting sumber]

Joncik Muhammad mengawali karier politiknya pada pemilihan Legislatif di DPRD Kabupaten Lahat. Ia terpilih dua periode dan dipercaya sebagai Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lahat yaitu pada tahun 1999-2004 s/d 2004-2007. Setelah terjadinya pemekaran wilayah, Empat Lawang berhasil memekarkan dari Kabupaten Lahat sehingga saat pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten Empat Lawang Joncik Muhammad kembali diamanahkan sebagai wakil rakyat, ia terpilih sebagai Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang pada tahun 2007-2009 dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang pada tahun 2009-2014.

karier Politik Joncik Muhammad semakin melonjak dengan ia terpilih sebagai Ketua Komisi II di DPRD Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2014-2018. Menjelang Pilkada, Joncik Muhammad mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Sumatera Selatan terkait pencalonannya sebagai calon kepala daerah dalam pemilihan serentak tahun 2018.[4]

Bupati Empat Lawang (2018-2023)[sunting | sunting sumber]

Joncik Muhammad berpasangan dengan Yulius Maulana mendeklarasikan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang dengan berkoalisi bersama tujuh partai pendukungnya yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat,Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI),Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di Lapangan Sepak Bola Talang Jawa, Kelurahan Jayaloka, Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (8/1/2018).[5] Setelah deklarasi berlangsung Joncik Muhammad dan wakilnya langsung mendatangi sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Empat Lawang untuk mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati.

Joncik pun memenangi pemilihan Bupati Empat lawang dengan memperoleh suara sebanyak 81.396 atau 60,28 %.[6] Ia dilantik sebagai Bupati Empat Lawang bersama dengan keenam Kepala Daerah lainnya oleh Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Alex Noerdin, SH pada tanggal 18 September. [7] Joncik Muhammad dan wakilnya sudah menyiapkan program 100 hari kerja yang berfokus pada bidang keamanan, pertanian dan Sumber Daya Manusia (SDM).[8]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Joncik Muhammad memiliki seorang istri bernama Hj. Hepy Safriani, S.KM., M.KES yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Mereka dikarunia empat orang anak perempuan yang bernama Nabila Azzahra Putri, Nadila Azzahra Putri, Alisa Fidelia Putri, Alika Fidelia Putri.

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Riwayat Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Terkait Kabupaten Cukup Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
  • Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan 2017 Dengan Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pemerintah RI
  • Bupati Sebagai Pelopor Perdamaian dari Kementerian Sosial
  • Pelopor Penertiban Motor Bodong dari SUMEKS.Co

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1] SRIPOKU - KPUD Empatlawang Tetapkan Joncik Muhammad dan Yulius Maulana Pemenang Pilkada 2018
  2. ^ [2] SUMATERA EKSPRES - KPU Tetapkan Joncik-Yulius Bupati-Wabup Terpilih
  3. ^ [3] PENA SUMATERA - KPU tetapkan Joncik-Yulius Bupati Empat Lawang Terpilih Pilkada 2018-2023
  4. ^ antaranews.com (2018-01-15). "Enam anggota DPRD Sumsel mundur jelang pilkada". Antara News. Diakses tanggal 2021-08-13. 
  5. ^ "Usai Deklarasi, Joncik – Yulius Langsung Daftar - www.globalplanet.news". GLOBALPLANET.news (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-13. 
  6. ^ "Pasangan Joncik Muhammad – Yulius Maulana,Unggul Dalam Hasil Penghitungan Suara Rapat Pleno Terbuka KPUD Empat Lawang – Seputarempatlawang". Diakses tanggal 2021-08-13. 
  7. ^ "H.Joncik Muhammad – Yulius Maulana,Hari Ini Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang – Seputarempatlawang". Diakses tanggal 2021-08-13. 
  8. ^ "Ini Program 100 Hari JM-Yus Setelah Dilantik Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang | Detik Sumsel". detiksumsel.com. Diakses tanggal 2021-08-13.