Johann Elert Bode

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Johann Elert Bode
Johann Elert Bode - front.jpg
Lahir 19 Januari 1747
Hamburg
Meninggal 23 November 1826 (umur 79)
Berlin
Kebangsaan Jerman
Bidang Astronomi
Dikenal karena Hukum Titius-Bode

Johann Elert Bode (lahir 19 Januari 1747 – meninggal 23 November 1826 pada umur 79 tahun) adalah seorang astronom Jerman dikenal atas reformulasi dan mempopulerkan Hukum Titius-Bode. Bode menentukan orbit Uranus dan mengusulkan nama planet.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Bode lahir di Hamburg. Sebagai seorang pemuda, ia menderita penyakit mata serius terutama mata kanannya, ia terus mengalami masalah dengan matanya sepanjang hidupnya.[1]

Potensinya dalam matematika membawanya hingga mendapatkan perhatian Johann Georg Busch, yang mengizinkan Bode menggunakan perpustakaannya untuk belajar. Ia memulai kariernya dengan penerbitan sebuah makalah singkat pada gerhana matahari 5 Agustus 1766. Makalh ini diikuti oleh sebuah risalah dasar astronomi berjudul Anleitung zur Kenntniss des gestirnten Himmels (1768, 10th ed. 1844), keberhasilannya yang menyebabkan ia dipanggil ke Berlin oleh Johann Heinrich Lambert[2] pada 1772 untuk tujuan meningkatkan rencana komputasi efemeris. Di sana ia membuat, pada tahun 1774, Astronomisches Jahrbuch yang terkenal, 51 volume tahunan yang ia susun dan terbitkan.[3]

Ia menjadi direktur observatorium Berlin pada tahun 1786, dan ia pensiun pada tahun 1825.[3] Di sana ia menerbitkan Uranographia pada tahun 1801, sebuah atlas angkasa yang bertujuan baik dengan ketelitian ilmiah dalam menunjukkan posisi bintang dan benda-benda astronomi lain, juga sebagai interpretasi artistik tokoh pada rasi bintang. Uranographia ini menandai klimaks dari sebuah periode representasi artistik dari rasi bintang. Atlas ini kemudian menunjukkan angka yang semakin rumit sampai mereka tidak lagi dicetak pada tabel tersebut.

Bode juga menerbitkan atlas bintang kecil, ditujukan untuk astronom amatir (Vorstellung der Gestirne). Ia dihormati dengan penemuan Galaksi Bode (M81), Komet Bode (C/1779 A1) dinamai menurut namanya; orbitnya dihitung oleh Erik Prosperin. Asteroid 998 Bodea, ditemukan pada 6 Agustus 1923 oleh Karl Reinmuth di Heidelberg, juga dinamai untuk menghormatinya, huruf 'a' ditambahkan ke nama asteroid untuk memenuhi konvensi bahwa asteroid tersebut memiliki nama feminin.

Namanya menjadi melekat pada 'hukum' yang ditemukan oleh Johann Daniel Titius pada tahun 1766. Bode pertama menyebutkannya pada Anleitung zur Kenntniss des gestirnten Himmels sebagai catatan kaki, dan meskipun sering secara resmi disebut hukum Titius-Bode, juga biasanya hanya disebut hukum Bode. Hukum ini mencoba untuk menjelaskan jarak planet dari Matahari dalam rumus meskipun ironisnya rumus ini tidak berlaku pada planet Neptunus yang kemudian ditemukan di Berlin. Rumus ini membawa penemuan Uranus pada posisi yang diprediksikan oleh hukum ini yang membangkitkan minat besar di dalamnya. Terdapat benar-benar celah (dengan tidak ada planet) antara Mars dan Jupiter, dan Bode mendesak pencarian planet di wilayah ini yang memuncak dalam sebuah kelompok yang dibentuk untuk tujuan ini, yang disebut "Polisi Langit". Namun sebelum kelompok ini memulai pencarian, mereka dikalahkan oleh penemuan asteroid Ceres oleh Giuseppe Piazzi dari Palermo pada tahun 1801, pada posisi prediksi Bode.

Belakangan, hukum ini jatuh ketika menyadari bahwa Ceres hanya satu dari sejumlah kecil asteroid dan ketika Neptunus ditemukan tidak berada dalam posisi yang disyaratkan oleh hukum ini. Penemuan planet di sekitar bintang lain telah membawa hukum kembali ke dalam diskusi.

Dirinya terlibat langsung dalam penelitian terkemuka dari penemuan sebuah planet, yaitu Uranus pada tahun 1781. Meskipun Uranus adalah planet pertama yang ditemukan oleh teleskop, hal itu hanya karena terlihat dengan mata telanjang. Bode melihat peta bintang yang lebih tua dan menemukan banyak contoh posisi planet yang diberikan sementara salah persepsi sebagai bintang, misalnya John Flamsteed, astronom Royal di Inggris, telah mendaftar objek dalam katalog tahun 1690 sebagai bintang dengan nama 34 Tauri. Hal ini merupakan penampakan sebelumnya yang memperbolehkan perhitungan yang tepat dari orbit planet baru.

Bode juga bertanggung jawab untuk memberikan nama pada planet baru tersebut. Penemu William Herschel mengusulkan untuk memberikan nama untuk menghormati George III yang tidak diterima begitu mudah di negara lain. Bode memilih Uranus, dengan logika jelas bahwa seperti Saturnus yang merupakan ayah dari Jupiter, planet baru harus dinamai sebagai ayah Saturnus.[4][5] Terdapat alternatif lanjut yang diusulkan, namun akhirnya saran Bode menjadi yang paling banyak digunakan, namun harus menunggu hingga tahun 1850 sebelum mendapatkan penerimaan resmi di Inggris ketika Almanac Office Nautical beralih dari menggunakan nama Georgium Sidus menjadi Uranus. Pada tahun 1789, rekan Royal Academy Bode, Martin Klaproth, terinspirasi nama planet yang diberikan Bode sebagai nama unsur baru yang ditemukannya "uranium".[6]

Dari tahun 1787-1825 Bode adalah direktur Astronomisches Rechen-Institut. Pada tahun 1794, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences. Pada bulan April, 1789 ia dipilih menjadi anggota Royal Society.[7]

Bode meninggal di Berlin pada 23 November 1826, usia 79 tahun.

Tulisan pilihan[sunting | sunting sumber]

Bagian lempengan dari Uranographia yang menampilkan rasi bintang Orion.
  • 1768 (edisi ke-10 tahun 1844) Anleitung zur Kentniss des Gestirnten Himmels (Karya Bode yang paling terkenal. Dalam karya ini, ia pertama kali mengumumkan hukum Bode.)
  • 1774-1957 Berliner Astronomisches Jahrbuch für 1776-1959 (Almanak astronomi yang diterbitkan oleh Observatorium Berlin.)
  • 1776 Sammlung astronomischer Tafeln (3 vol.)
  • 1776 (edisi ke-3 tahun 1808) Erläuterung der Sternkunde, buk perkenalan rasi bintang dan ceritanya, di mana dicetak lebih dari sepuluh kali.
  • 1782 Vorstellung der Gestirne ... des Flamsteadschen Himmelsatlas (Revisi Bode dan edisi diperbesar dari atlas bintang kecil Fortin oleh Flamsteed.)
Verzeichniss (Terdiri atas atlas bintang, dan termasuk 5.058 bintang yang diamati Flamsteed, Hevelius, T. Mayer, de la Caille, Messier, le Monnier, Darquier dan Bode sendiri.)
  • 1801 Uranographia sive Astrorum Descriptio (Atlas bintang besar yang diilustrasi dengan dua puluh lempengan tembaga.)
Allgemeine Beschreibung und Nachweisung der Gestirne (Katalog bintang yang mendaftar 17.240 bintang.)

Karya-karyanya yang sangat efektif dalam menyebarkan astronomi ke seluruh Jerman.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Johann Elert Bode (19 January 1747 - 23 November 1826)". Diakses tanggal 2008-05-20. 
  2. ^ Hockey, Thomas (2009). The Biographical Encyclopedia of Astronomers. Springer Publishing. ISBN 978-0-387-31022-0. Diakses tanggal August 22, 2012. 
  3. ^ a b c  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Bode, Johann Elert". Encyclopædia Britannica (11th ed.). Cambridge University Press. 
  4. ^ Littmann, Mark (2004). Planets Beyond: Discovering the Outer Solar System. Courier Dover Publications. pp. 10–11. ISBN 0-486-43602-0. 
  5. ^ Daugherty, Brian. "Astronomy in Berlin". Brian Daugherty. Diakses tanggal May 24, 2007. 
  6. ^ James Finch (2006). "The Straight Scoop on Uranium". allchemicals.info: The online chemical resource. Diakses tanggal March 30, 2009. 
  7. ^ "Library and Archive Catalogue". Royal Society. Diakses tanggal 17 December 2010. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Schwemin, Friedhelm (2006). Der Berliner Astronom. Leben und Werk von Johann Elert Bode (1747–1826). Frankfurt am Main: Verlag Harri Deutsch. - Acta Historica Astronomiae, Vol. 30 - A new, comprehensive biography and the source for some of the material on this page.
  • Sticker, Berhard (1970). "Bode, Johann Elert". Di Gillispie, Charles Coulston. Dictionary of Scientific Biography II. New York: Scribner. pp. 220–221. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]